Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Bojonegoro Serta Syarat & Tes Nya

SIM Bojonegoro – SIM adalah surat kelengkapan berkendara yang diberikan kepolisian untuk seseorang yang telah memenuhi syarat. SIM tersebut harus dibawa pada saat seseorang mengendarai kendaraannya di jalanan. Untuk pembuatan SIM tersebut tentu akan ada biayanya sendiri.

Lalu berapa biaya pembuatan SIM Bojonegoro?

Biaya pembuatan SIM motor Bojonegoro adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Bojonegoro adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dokter.

Untuk informasi lebih lanjut seputar cara, syarat, & biaya SIM Bojonegoro, simak artikel berikut.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Satlantas Polres Bojonegoro

Jika ingin membuat SIM di Bojonegoro, Anda harus datang dulu ke Satlantas Polres Bojonegoro yang terletak di utara alun-alun Bojonegoro. Untuk alamat Satlantas Polres Bojonegoro berada di Jl. Imam Bonjol No. 08, Ledok Kulon Tiga, Ledok Wetan, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Usahakan pengurusan SIM Anda lakukan di pagi hari, karena Anda harus mengurus Surat Keterangan Sehat terlebih dahulu yang antriannya lumayan panjang. Untuk jam pelayanan Satlantas Polres Bojonegoro adalah Senin – Sabtu jam 07.30 – 14.00, namun untuk Sabtu tutup jam 12.00.

Tes SIM Online Bojonegoro

Penerbitan SIM di Bojonegoro bisa dilakukan jika Anda berhasil melengkapi semua persyaratan dan lulus dari ujian pembuatan SIM. Salah satu tes yang akan Anda ikuti untuk pembuatan SIM adalah tes teori.

Agar lulus tes teori, Anda bisa melakukan persiapan diri dengan cara mengikuti simulasi tes SIM yang sudah kami siapkan ini. Tes simulasi ini berisi 30 soal pilihan ganda. Untuk lulus dari simulasi ini, Anda harus menjawab dengan benar sebanyak 21 soal.

Jika Anda ingin mencoba simulasi tes SIM tersebut, silahkan Anda tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Biaya SIM Bojonegoro

Untuk membuat SIM Bojonegoro, akan ada beberapa biaya yang harus Anda keluarkan. Biaya tersebut merupakan biaya untuk penerbitan SIM yang tarifnya telah ditetapkan oleh pemerintah.

Berikut ini adalah rincian biaya untuk membuat SIM dan perpanjangan SIM di Bojonegoro.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya cek kesehatan oleh dokter.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Bojonegoro adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Bojonegoro adalah Rp. 80.000. Berikut rincian biaya perpanjangan SIM motor dan mobil di Bojonegoro.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya cek kesehatan oleh dokter.

Syarat Pembuatan SIM Bojonegoro

Persyaratan perpanjang SIM C dan SIM A di Bojonegoro adalah sebagai berikut:

  • Umur minimal 17 tahun.
  • Membawa KTP asli dan 1 lembar fotocopynya.
  • Hasil tes kesehatan jasmani dan rohani.
Advertisements

Pembayaran SIM di Satlantas Polres Bojonegoro menggunakan cash, sehingga Anda harus membawa uang tunai. Anda bisa melakukan tarik tunai dulu di ATM BRI terdekat Satlantas Polres Bojonegoro.

lokasi ATM terdekat dari polres bojonegoro

Cara Pembuatan SIM Bojonegoro

  1. Silahkan mengurus Surat Keterangan Sehat Dokter.

    Pertama, Anda pergi ke dokter yang direkomendasikan oleh Polres untuk mengurus Surat Keterangan Sehat. Akan ada petugas yang mengarahkan Anda di mana lokasi cek kesehatan tersebut. Syarat melakukan tes kesehatan tersebut adalah menunjukkan KTP asli.

  2. Menuju ke Satlantas Polres Bojonegoro.

    Kemudian, bawa semua berkas ke Satlantas Polres Bojonegoro. Jangan lupa untuk memasukkan semua berkas Anda ke dalam map.

  3. Lakukan pendaftaran di Loket Pendaftaran.

    Bawa berkas Anda ke Loket 1 Pendaftaran untuk dicek kelengkapannya. Loket pendaftaran berada di ruangan sebelah kanan pintu masuk. Setelah berkas lengkap, Anda akan diberi formulir yang harus Anda isi di meja pengisian formulir.

  4. Menuju ke Loket 2 untuk penyerahan berkas dan melakukan pembayaran.

    Setelah mengisi formulir, kumpulkan formulir tersebut ke Loket 2 yang berada di sebelah kiri Loket Pendaftaran. Petugas akan melakukan registrasi dan entry data Anda. Kemudian, Anda akan diminta untuk membayar biaya untuk PNBP SIM.

  5. Laksanakan ujian teori di Ruang Ujian Teori.

    Setelah itu, petugas akan memanggil nama Anda untuk mengikuti ujian teori SIM di Ruang Uji Teori. Kemudian, petugas akan menjelaskan tata cara untuk mengerjakan ujian tersebut.

  6. Laksanakan ujian praktik I di Lapangan Satlantas.

    Jika lulus dari ujian teori, Anda bisa mengikuti ujian praktik di Lapangan belakang Satlantas Polres Bojonegoro. Anda harus menunggu dulu di Ruang Tunggu yang sudah disediakan sebelum petugas memanggil nama Anda untuk melakukan ujian praktik.

  7. Ikuti ujian praktik II.

    Setelah mengikuti ujian praktik I, Anda akan diminta untuk melakukan ujian praktik II. Petugas akan mengawal Anda berkeliling Kota Bojonegoro untuk pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan.

  8. Menuju ke Ruang Foto untuk melaksanakan foto.

    Setelah dinyatakan lulus, Anda akan diarahkan petugas untuk pengambilan foto SIM, tanda tangan, dan juga rekam sidik jari.

  9. Ambil SIM.

    Setelah foto, petugas akan langsung menyerahkan SIM yang sudah dicetak kepada Anda.

Aplikasi SIM Online Bojonegoro

Sekarang di Kabupaten Bojonegoro sudah bisa melakukan perpanjangan SIM dengan cara online. Caranya dengan download aplikasi SIM online yang dibuat oleh Korlantas Polri.

Melalui aplikasi ini, masyarakat tidak perlu datang ke Satlantas. Cukup menggunakan aplikasi SIM online tersebut, seluruh proses perpanjangan SIM sudah bisa dilakukan di rumah. Selain itu, SIM yang sudah jadi juga bisa Anda kirim ke rumah Anda.

Untuk menggunakan layanan aplikasi SIM online tersebut, silahkan Anda download aplikasinya melalui link di bawah ini.