Advertisements

Biaya SIM Bogor Serta Syarat & Tes Nya

Advertisements

SIM Bogor – SIM merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki bagi pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara belum memiliki SIM, maka pengendara tersebut dianggap belum memenuhi persyaratan untuk berkendara di jalan sesuai dengan aturan lalu lintas di Indonesia, sehingga bisa ditilang oleh polisi.

Biaya pembuatan SIM motor Bogor adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Bogor adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Satpas Polres Bogor

Masyarakat Kota Bogor yang ingin perpanjang SIM ataupun membuat SIM baru bisa langsung datang ke Satpas Polres Bogor yang beralamatkan di Tengah, Cibinong, Tengah, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lokasi Satpas Polres Bogor ini berada di sebelah selatan Gedung Polres Bogor. Silahkan lihat peta di bawah ini untuk lokasi detailnya.

Tes SIM Online Bogor

Pada saat pembuatan SIM baru, Anda akan melalui beberapa tes ujian. Salah satu tahapan tes yang Anda lalui adalah tes ujian teori. Pada tahap tes teori ini banyak juga peserta yang masih gagal karena kurangnya persiapan.

Oleh sebab itu, kami telah menyediakan simulasi tes SIM online yang bisa Anda gunakan untuk belajar. Simulasi tes sim online ini berisi 30 soal, Anda tinggal klik pada pilihan jawaban yang tersedia dan jawaban yang benar pun akan langsung muncul.

Untuk menggunakan simulasi tes SIM online tersebut, Anda bisa tekan tombol di bawah ini.

Biaya SIM Kendaraan Bermotor Bogor

Rincian biaya yang Anda keluarkan nanti pada saat perpanjangan ataupun pembuatan SIM di Kota Bogor berbeda. Berikut penjelasannya.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk asuransi dan surat tes kesehatan.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Bogor adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Bogor adalah Rp. 80.000.

Berikut tabel biaya untuk perpanjangan SIM motor dan mobil di Bogor.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk asuransi dan surat tes kesehatan.

Advertisements

Syarat Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor Bogor

Berikut adalah beberapa kelengkapan administrasi yang diperlukan untuk pembuatan SIM baru.

  • KTP asli yang sah
  • Fotocopy KTP
  • Surat keterangan sehat jasmani (dokter) dan rohani (psikolog)

Cara Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor Bogor

  1. Lakukan tes kesehatan jasmani dan rohani di klinik atau faskes.

    Sebelum ke Satpas Polres Bogor, datang dulu ke klinik atau faskes lainnya untuk mengurus surat keterangan sehat jasmani oleh dokter dan surat sehat rohani oleh psikolog.

  2. Datang ke Satpas Polres Bogor.

    Silahkan menuju ke Satpas Polres Bogor dengan membawa persyaratan administrasi yang diperlukan. Kelengkapan administrasi tersebut tentunya agar Anda lebih mudah nantinya.

  3. Pergi ke Bagian Pendaftaran dan Customer Service.

    Pada bagian pendaftaran, petugas akan memeriksa kelengkapan seluruh berkas yang Anda bawa. Setelah itu, Anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran.

  4. Input data dan pemotoan di Ruang Pengisian Formulir.

    Bawa semua berkas Anda ke Ruang Pengisian Formulir Input dan Pemotoan. Sambil menunggu sesi foto, Anda akan diberikan penjelesan tentang ujian yang akan Anda lewati.
    Setelah sampai pada nomor antrian Anda, silahkan masuk ke ruang yang diarahkan petugas untuk identifikasi data dan foto SIM.

  5. Masuk ke Ruang Ujian Teori Avis.

    Setelah itu, ikuti ujian teori berbasis komputer yang sudah disediakan oleh petugas. Sebelum mengerjakan soal, petugas akan mengintruksikan tata cara pengerjaan ujian teori tersebut.

  6. Pergi ke Lapangan Uji Praktik untuk mengikuti ujian praktik.

    Setelah  lulus dari ujian teori, silahkan ikuti ujian praktik di Lapangan Uji Praktik yang ada di area belakang Satpas Polres Bogor.

  7. Lakukan pembayaran PNBP SIM.

    Setelah dinyatakan lulus dari seluruh tahapan tes, silahkan menuju ke Loket BRI yang ada di Satpas Polres Bogor untuk melakukan pembayaran PNBP SIM.

  8. Ambil SIM.

    Setelah itu, tunggu beberapa menit hingga petugas memanggil Anda untuk mengambil SIM baru.

Advertisements

Aplikasi SIM Online Bogor

Layanan SIM online telah resmi di luncurkan oleh Korlantas Polri dengan bentuk sebuah aplikasi yang bisa didownload melalui handphone. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk seluruh masyarakat Kota Bogor.

Salah satu fitur yang paling banyak digunakan pada aplikasi ini adalah layanan perpanjangan SIM online. Jadi bagi Anda yang ingin memperpanjang SIM A ataupun SIM C, kini bisa dilakukan di rumah .

Agar bisa menggunakan layanan SIM Online, download aplikasinya dulu di bawah ini.