Biaya SIM Blitar Serta Syarat dan Tes Nya

SIM Blitar – SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah kartu yang berisi tentang hasil registrasi dan identifikasi individu yang sudah memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan oleh peraturan POLRI.

Advertisements

Bagi Anda yang ingin mengurus SIM Blitar, mari simak penjelasan informasi lengkap mengenai lokasi, syarat dan biaya pembuatan SIM wilayah Blitar.

Berapa biaya pembuatan SIM Blitar?

Biaya pembuatan SIM C (Motor) Blitar senilai Rp. 100,000 dan SIM A (Mobil) sebesar Rp. 120,000. Biaya tersebut belum termasuk penambahan biaya berupa biaya asuransi, tes kesehatan fisik, dan psikotes.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Polres Kota dan Kabupaten Blitar

Bagi masyarakat kota Blitar dan sekitarnya dapat mengurus SIM baru secara mandiri di Polisi Resort Blitar Kota. Untuk wilayah kabupaten dapat dilakukan di Unit SIM Polres Blitar.

Berikut alamat lengkap Polres Blitar Kota dan Unit SIM Polres Blitar :

UnitAlamat
Polisi Resort BlitarJl. Jenderal Sudirman No.17, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66112.
Unit SIM Polres BlitarW76C+JX3, Sumberejo, Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Anda dapat mengunjungi salah satu unit pelayanan pembuatan SIM Blitar pada jam kerja.

Simulasi Tes Online SIM Blitar        

Dalam proses pembuatan SIM tidak terlepas dari adanya ujian teori dan ujian praktek dimana penyelenggaraanya sudah diatur dalam PP No. 44/1993 Pasal 217 ayat (1).

Ujian teori meliputi pemahaman akan rambu lalu lintas, pelayanan angkutan umum, denah penting di wilayah domisili, pengujian kendaraan bermotor, tata cara mengangkut barang, dan jaringan jalan.

Pada halaman ini kami sajikan simulasi tes online ujian teori yang dapat Anda gunakan sebagai persiapan diri agar semakin mantap ketika menghadapi ujian teori yang sesungguhnya.

Untuk menguji pengetahuan Anda, silahkan mencoba Simulasi Tes Online SIM ujian teori di bawah ini.

Advertisements

“Simulasi Tes Online Blitar” terdiri dari 30 soal dengan 4 opsi jawaban. Bila Anda mampu menjawab soal dengan presentase 70% (sekitar 21 soal terjawab dengan BENAR) maka Anda akan lulus ujian dengan nilai minimal 70.

Biaya  Pembuatan dan Perpanjangan SIM Blitar  

Mengadaptasi dari SK Kapolri No.Pol.:Skep/1008/XII/2004 tentang Petunjuk Administrasi Pengelolaan PNBP dilingkungan Polri, besaran biaya pembuatan SIM C (motor) adalah Rp 100.000 dan SIM A (mobil) Rp 120.000.

Biaya Pembuatan SIM Baru   

Jenis PembayaranBiaya
Pembuatan SIM ARp 120.000
Pembuatan SIM CRp 100.000

Biaya tersebut belum termasuk biaya tambahan untuk asuransi, tes kesehatan fisik, psikotes dsb.

Biaya Perpanjangan SIM Blitar

Sedangkan besarnya biaya perpanjangan SIM C (motor) Blitar senilai Rp 75.000 dan SIM A (mobil) Rp 80.000.

Untuk biaya perpanjangan SIM C maupun SIM A Online dapat Anda lakukan lewat transfer bank.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjangan SIM ARp 80.000
Perpanjangan SIM CRp 75.000
Advertisements

Biaya tersebut belum termasuk biaya tambahan untuk asuransi, tes kesehatan fisik, psikotes dsb.

Persyaratan Pembuatan dan Perpanjangan SIM Blitar

  • Memiliki E-KTP dan Lembar Fotocopy
  • Surat Keterangan Sehat (dari Dokter/Puskesmas)
  • Surat Hasil Tes Psikologi
  • Surat Permohonan (bermaterai)
  • Membawa SIM lama (untuk perpanjangan SIM)
  • Menyiapkan Biaya Secukupya

Tata Cara Memperoleh SIM Baru Blitar

Berikut tata cara untuk memperoleh SIM Blitar bagi Anda tertentu yang berminat mengurus SIM di Polres Blitar Kota :

  1. Siapkan Dokumen Persyaratan Utama.

    Dokumen yang wajib dipersiapkan adalah KTP asli. Kemudian buatlah surat permohonan dan di print ke lembar A4. Simpan dokumen Anda tersebut ke dalam paper map. Bawalah bolpoin untuk mengisi formulir setibanya di Polres.

  2. Kunjungi Polres Blitar Kota Pada Jam Kerja Kantor.

    Sebelum berangkat ke Polres Anda harus dalam kondisi sudah di vaksin. Install aplikasi Peduli Lindungi dan verifikasi data diri Anda terlebih dahulu agar Anda diperbolehkan masuk Polres.

  3. Ambil Formulir Pendaftaran di Loket Utama.

    Langsung saja masuk ke loket pendaftaran (yang terletak di Balai Timur pos penjagaan) untuk meminta nomor panggil dan isilah formulir yang sudah tersedia. Berikan berkas persyaratan Anda kepada petugas registrasi data.
    Setelah petugas menyelesaikan registrasi data Anda, nantinya berkas yang diserahkan kembali kepada Anda tersebut di fotocopy untuk dipergunakan pada proses selanjutnya. Fotocopy data bisa Anda lakukan di Bayu Foto.

  4. Ikuti Proses Periksa Kesehatan dan Tes Psikologi.

    Jika berkas fotocopy sudah lengkap, langsung saja berjalan menuju ke barat atau masuk gang sebelah selatan Bayu Foto untuk melaksanakan tes kesehatan fisik. Tes Kesehatan Fisik mengonsumsi biaya senilai Rp 25.000.
    Setelah itu Anda mengerjakan Psikotes yang berisi 30 soal dengan durasi pengerjaan soal selama kurang lebih 90 menit.. Isi identitas pada lembar jawaban dan centang Ya atau Tidak dari soal yang diberikan. Proses ini memerlukan biaya sejumlah Rp 75.000

  5. Laksanakan Ujian Teori di Ruang Ujian Teori.

    Sesudahnya persyaratan utama terpenuhi, barulah Anda akan diarahkan untuk mengerjakan ujian teori di Ruang Ujian Teori. Ujian teori berisi 30 soal dengan pilihan ganda yang harus anda kerjakan selama tidak lebih dari 60 menit.
    Jika dalam tahap ini Anda lulus, maka Anda akan dipersilahkan untuk mengikuti Ujian Praktik.

  6. Lakukan Ujian Praktik Langsung di Lapangan Polres.

    Anda dapat langsung mengikuti ujian praktik dengan melewati berbagai tantangan yang sudah disiapkan. Kegiatan ini berada di bawah pengawasan langsung oleh petugas kepolisian.
    *Bagi Anda yang belum lulus pada ujian praktik, dapat mengulangi ujian hingga lebih dari 3x di waktu lain dengan kemungkinan durasi dan bahan uji yang berbeda-beda (atau biasanya sama).

  7. Silahkan Mengikuti Tahap Record dan Verifikasi Data

    Finish untuk semua proses inti, saatnya Anda mengumpulkan berkas tersebut di loket Antrean Foto (letaknya berada di belakang, dekatnya Ujian Praktik SIM). Anda akan dimintai untuk tanda tangan, rekam sidik jari dan difoto sebagai tahap akhir dari operasi recording.

  8. Selanjutnya Lakukanlah Transaksi Pembayaran PNBP

    Pada bagian yang sangat Anda nantikan, sesudah mengikuti tahap record dan verifikasi data, segeralah melakukan pembayaran di loket BRI (sekitar Rp 75.000 s/d 120.000).

  9. Lakukan pengambilan SIM di Ruang Produksi SIM.

    Pembuatan SIM bisa langsung jadi dalam sehari atau selambat-lambatnya 3 hari setelah proses selesai.

Aplikasi Perpanjangan SIM Online Blitar

Dengan hadirnya aplikasi SIM Online semakin mempermudah masyakarat untuk mengakses layanan perpanjangan SIM sejak pandemi COVID-19. Sehingga masyarakat tidak perlu mengunjungi kantor Polres Blitar Kota (atau Unit SIM Blitar).

Aplikasi Perpanjangan SIM Online sudah dilengkapi dengan fitur metode pembayaran online, sehingga sangat praktis dan fleksibel untuk digunakan. Untuk SIM yang sudah jadi, dapat diambil langsung ke Polres atau diantarkan ke tempat Anda melalui jasa pengiriman terdekat.