Biaya SIM Bekasi Serta Syarat & Tes Nya

SIM Bekasi – SIM merupakan sebuah dokumen penting yang harus dimiliki bagi pengendara kendaraan bermotor. Karena dengan memiliki SIM, berarti Anda telah dianggap memiliki kemampaun dan kualifikasi yang baik dalam berkendara sesuai peraturan yang berlaku.

Advertisements

Lalu berapa biaya untuk pembuatan SIM di Kota Bekasi?

Biaya pembuatan SIM motor Bekasi adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Bekasi adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Satpas Polresta Bekasi

Bagi masyarakat yang ingin membuat SIM di Kota Bekasi bisa datang ke Polres Metro Bekasi Kota yang alamatnya ada di Jl. Pramuka No.79, RT.01/RW.02, Marga Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Bagi Anda yang ingin tarik tunai bisa di ATM terdekat yang ada di sekitar Polres. Berikut lokasinya.

atm dekat polres bekasi

Tes SIM Online Bekasi

Dalam pembuatan SIM di Bekasi, ada beberapa tes yang harus dilakukan oleh para pemohon, salah satunya adalah tes ujian teori. Ujian teori tersebut berupa soal-soal yang harus Anda kerjakan melalui komputer.

Agar lulus ujian teori, Anda harus memperoleh skor serendah-rendahnya 70. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri Anda dengan cara mengikuti simulasi tes sim online yang sudah kami siapkan ini.

Pada simulasi tes sim online ini, kami telah menyiapkan 30 soal yang paling sering keluar pada saat ujian teori pembuatan SIM. Simulasi tes SIM online bisa dimulai dengan klik tombol di bawah ini.

Advertisements

Biaya SIM Kendaraan Bermotor Bekasi

Biaya pembuatan SIM baik SIM baru atau perpanjang di Kota Bekasi telah diatur dalam peraturan pemerintah, sehingga tarif ini akan berlaku bagi seluruh masyarakat Kota Bekasi.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat tes kesehatan.

Biaya Perpanjangan SIM Bekasi

Biaya perpanjangan SIM motor Bekasi adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Bekasi adalah Rp. 80.000. Berikut tabel biaya untuk perpanjangan SIM motor dan mobil di Bekasi.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk surat tes kesehatan.

Advertisements

Syarat Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor Bekasi

Syarat pembuatan SIM di Kota Bekasi antara lain:

  • Surat Keterangan Sehat
  • KTP
  • Lulus ujian teori dan praktik

Cara Pembuatan SIM Kendaraan Bermotor Bekasi

Beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk membuat SIM di Polres Metro Bekasi Kota, antara lain:

  1. Datang ke Polres Metro Bekasi Kota.

    Pertama, datang ke Polres Metro Bekasi Kota dengan membawa kelengkapan administrasi pembuatan SIM.

  2. Lakukan tes kesehatan di Bagian Pelayanan Kesehatan SIM.

    Selanjutnya, silahkan menuju ke Bagian Pelayanan Kesehatan SIM yang ada di Polres untuk memperoleh surat keterangan sehat dari dokter. Untuk menuju ke sana, Anda cukup ikuti papan penunjuk arah yang ada di polres.

  3. Ambil Formulir dan lakukan pembayaran PNBP di Loket BRI.

    Setelah mendapatkan surat keterangan sehat, silahkan ambil formulir pengajuan SIM baru di Loket BRI. Pada loket tersebut, Anda juga akan diminta untuk membayar biaya PNBP. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan resi Bank.

  4. Pergi ke Loket Pendaftaran untuk pengecekan kelengkapan administrasi.

    Bawa semua berkas yang Anda bawa dan serahkan ke Loket Pendaftaran. Pada loket tersebut, petugas akan memeriksa kelengkapan administrasi.

  5. Lakukan registrasi data diri di Loket Registrasi.

    Setelah itu, silahkan ke Loket Registrasi. Pada loket tersebut, petugas akan menginput data Anda ke dalam komputer data base.

  6. Pergi ke Ruang Identifikasi untuk melengkapi foto, sidik jari, dan pengambilan tanda terima.

    Setelah data Anda terinput ke data base, Anda akan diarahkan menuju ke Ruang Identifikasi untuk pengambilan foto, sidik jari, dan tanda terima.

  7. Ikuti ujian teori di Ruang Ujian Teori.

    Setelah itu, masuk ke ruang ujian teori untuk mengikuti tes teori. Tes teori berbasis komputer ini menguji tentang kecakapan berkendara dan juga tentang pengetahuan berlalu lintas.

  8. Lakukan Ujian Praktik di Lapangan.

    Setelah lulus ujian teori, silahkan ikuti uji praktik di lapangan ujian praktik yang ada di Polres Metro Bekasi Kota. Ujian praktik ini bertujuan untuk menguji kecakapan berkendara Anda dengan praktik lansung menggunakan kendaraan.

  9. Pergi ke Bagian Produksi SIM untuk mengambil SIM.

    Setelah lulus dari ujian praktik, Anda bisa mengambil SIM Anda di Bagian Produksi SIM.

Aplikasi SIM Online Bekasi                 

Pada era digital ini, banyak layanan dari pemerintah untuk masyarakat yang sudah berbasis online, salah satunya adalah layanan SIM online menggunakan aplikasi yang dibuat oleh Korlantas Polri.

Pada aplikasi tersebut, Anda bisa melakukan perpanjangan SIM dengan mudah karena prosesnya bisa Anda lakukan di rumah. Anda juga bisa memilih metode pembayaran dan pengiriman sesuai yang Anda inginkan.

Untuk menggunakan aplikasi SIM online tersebut, Anda harus download aplikasinya terlebih dahulu melalui link di bawah ini.