Biaya SIM Batang Serta Syarat & Tes Nya

Advertisements

SIM Batang – Untuk bisa mendapatkan SIM di wilayah Batang, Anda perlu melakukan beberapa tahap tes yang dilaksanakan di Polres. Sedangkan untuk biaya pembuatan SIM di Batang telah ditentukan tarif resminya oleh pemerintah.

Biaya pembuatan SIM C Batang adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM A Batang adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Untuk syarat dan cara pembuatan SIM di Batang, Anda bisa membaca penjelasannya secara lengkap di bawah ini:

Lokasi Satlantas Polres Batang

Lokasi untuk pembuatan SIM Kabupaten Batang adalah di Satlantas Polres Batang, yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Kauman, Batang, Proyonanggan Tengah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Untuk pelayanan Satlantas Polres Batang adalah hari Senin – Sabtu jam 07.30 – 11.30. Namun untuk hari Jum’at, Satlantas tutup jam 11.30 dan Sabtu pukul 11.30.

Sebelum ke Satlantas, sebaiknya Anda cek kesehatan dulu di KIR Dokter Yuni Susilo yang ada di dekat Satlantas dan juga tes psikotes di layanan Tes Psikologi SIM Batang yang ada di ruko dekat Satlantas. Tes kesehatan dan tes psikolog tersebut sebagai salah satu syarat pembuatan SIM.

Tes SIM Online Batang

Tes teori merupakan salah satu tes yang akan Anda ikuti pada saat pembuatan SIM di Batang. Agar lulus tes teori, nilai yang harus dicapai adalah minimal 70. Jika nilai Anda melebihi 70, maka Anda bisa meneruskan untuk mengikuti ujian tes praktik.

Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan diri sebaik mungkin dengan cara berlatih mengerjakan soal-soal ujian teori SIM. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti simulasi tes secara online yang sudah kami sediakan ini.

Simulasi tes SIM ini berupa 30 soal yang biasanya sering muncul pada saat ujian teori. Silahkan Anda tekan tombol berikut untuk memulai simulasi tes SIM online.

Biaya SIM Batang

Berikut ini tarif resmi untuk pembuatan dan perpanjangan SIM yang berlaku di Batang.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi dan surat keterangan kesehatan dari dokter dan psikolog.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Batang adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Batang adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi dan surat keterangan kesehatan dari dokter dan psikolog.

Syarat Pembuatan SIM Batang

Syarat pembuatan SIM C dan SIM A di Batang antara lain:

  • KTP (asli dan fotocopy)
  • Surat Keterangan Kesehatan dari dokter
  • Hasil Tes Psikotes (Psikologi)

Cara Pembuatan SIM Batang

  1. Buat Surat Keterangan Kesehatan Jasmani dan Sehat Rohani.

    Pertama, silahkan menuju ke lokasi cek kesehatan yang berada di dekat Satlantas Polres Batang untuk mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan. Setelah itu, Anda bisa mengikuti tes psikotes di Layanan Tes Kesehatan Rohani di dekat Satlantas Polres Batang.

  2. Lakukan pendaftaran SIM baru di Loket Pendaftaran.

    Setelah itu, silahkan lakukan pendaftaran SIM baru di Loket Pendaftaran. Serahkan semua berkas ke petugas, kemudian isi formulir pendaftaran dari petugas.

  3. Lakukan pembayaran di Loket BRI.

    Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran PNBP SIM di Loket BRI. Pembayaran tersebut dilakukan secara tunai, jadi bawalah uang yang cukup sebelum datang ke Satlantas.

  4. Lakukan foto SIM dan identifikasi data di Ruang Foto.

    Kemudian, masuk ke ruang foto untuk proses identifikasi data Anda berupa rekam sidik jari, foto untuk SIM, serta tanda tangan digital.

  5. Ikuti ujian teori di Ruang Ujian Teori.

    Setelah identifikasi data selesai, silahkan ikuti ujian teori di Ruang Ujian Teori. Sebelumnya petugas akan memberikan penjelasan secara singkat tentang tata cara dan langkah-langkah ujian teori.

  6. Ikuti ujian praktik di Lapangan Uji Praktik.

    Setelah lulus dari ujian teori, Anda langsung menuju ke Lapangan Uji Praktik. Sebelum mengikuti ujian praktik, petugas akan memberikan contoh serta tips agar bisa melewati beberapa rintangan.

  7. Ambil SIM di Loket Penyerahan SIM.

    Setelah lulus dari ujian praktik, Anda langsung ke Loket Penyerahan. Tunggu beberapa saat hingga SIM Anda selesai.

Aplikasi SIM Online Batang

Sekarang, masyarakat Kabupaten Batang bisa melakukan perpanjangan SIM secara online, yaitu menggunakan sebuah aplikasi SIM online yang dibuat oleh Korlantas Polri.

Fitur yang dimiliki aplikasi ini ada banyak, seperti perpanjangan SIM online dan pelaksanaan tes teori online. Jika Anda ingin perpanjang SIM, Anda tidak perlu datang ke Satpas, karena pembayaran bisa dilakukan dengan cara transfer bank, dan SIM Anda pun bisa langsung dikirim ke rumah Anda.

Untuk bisa menggunakanan layanan perpanjangan SIM Online Batang, silahkan Anda download terlebih dulu aplikasinya dengan tekan tombol berikut.