Advertisements

Biaya SIM Banyuwangi Serta Syarat dan Tes Nya

Advertisements

SIM Banyuwangi – Dalam pembuatan SIM Banyuwangi ada beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain biaya, dokumen persyaratan, serta langkah – langkah pembuatanya yang dapat Anda temukan pada artikel berikut.

Berapa biaya penerbitan SIM Banyuwangi?

Biaya penerbitan SIM A Banyuwangi adalah Rp. 120.000, sedangkan SIM C Rp. 100.000 per penerbitan. Namun, biaya ini tidak termasuk pelayanan cek kesehatan, tes psikologi, dsb.

Daftar Isi :

Advertisements

Alamat Pembuatan SIM Satpas Banyuwangi        

SIM Banyuwangi dapat Anda buat cukup mudah melalui pelayanan SIM di Satpas Banyuwangi yang beralamat di Sumberrejo, Kec. Banyuwangi, Kab, Banyuwangi, Jawa Timur, 68419.

Apabila Anda ingin mendapatkan antrian lebih awal dalam proses pembuatan SIM, silahkan untuk datang di waktu lebih pagi.

Simulasi Tes SIM Online Banyuwangi

Dalam ujian teori, Anda tidak hanya sekedar menjawab soal secara asal – asalan, tetapi Anda juga harus berusaha untuk mendapatkan nilai ujian teori melebihi batas minimal yang telah ditentukan.

Salah satu cara untuk mendapatkan nilai yang cukup untuk “Lulus” pada ujain teori, Anda dapat berlatih mengerjakan soal ujian teori melalui layanan “Simulasi Tes SIM Online” berikut.

Simulasi Tes SIM Online tersebut dapat menjadi sarana bagi Anda untuk berlatih menjawab soal ujian teori. Di dalam layanan tersebut tersedia beberapa contoh ujian teori yang dapat dikerjakan secara langsung.

Tarif Pembuatan dan Perpanjangan SIM Banyuwangi

Berikut daftar tarif pembuatan dan perpanjang SIM Banyuwangi.

Biaya Penerbitan SIM A dan C Baru    

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Penerbitan SIM C (Motor)Rp. 100.000

*Biaya ini tidak termasuk cek kesehatan, dan lain sebagainya.                    

Advertisements

Biaya Perpanjang SIM A dan C

Sama halnya dengan tarif pembuatan SIM C dan A, biaya perpanjangannya kedua jenis SIM tersebut juga berbeda. Biaya perpanjang SIM A (mobil) adalah Rp. 80.000, sedangkan biaya perpanjang SIM C (motor) senilai Rp. 75.000.

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjang SIM ARp. 80.000
Perpanjang SIM CRp. 75.000

*Biaya ini tidak termasuk cek kesehatan, dan lain sebagainya.                    

Syarat Dokumen Pembuatan SIM Banyuwangi     

Saat melakukan pendaftaran pembuatan SIM, Anda harus melengkapi beberapa dokumen persyaratan, antara lain :

  • KTP asli dan fotokopi
  • Surat keterangan hasil cek kesehatan
  • Keterangan hasil tes psikologi

Untuk proses fotokopi dan pembelian map, dapat Anda lakukan di tempat fotokopi di dekat Satpas (bagian selatan gedung utama).

Pada saat melakukan fotokopi, silahkan Anda sampaikan kepada penjualnya kegunaan berkas Anda (penerbitan SIM baru/ perpanjangan). Setelah fotokopi, silahkan Anda ke ruang asuransi yang berada di sebelah tempat fotokopi.

Langkah – Langkah Pembuatan SIM Banyuwangi

Advertisements

  1. Silahkan melakukan cek kesehatan.

    Lokasi tes kesehatan dan psikologi berada di sebelah timur Satpas. Pada saat cek kesehatan, Anda akan dikenakan biaya Rp. 30.000.

  2. Silahkan mengikuti tes psikologi.

    Pada ujian psikologi terdapat 30 soal dengan pilihan jawaban ya atau tidak yang harus dikerjakan sesuai kepribadian.
    Berdasarkan informasi tes psikologi hanya diperuntukkan bagi pemohon perpanjang SIM. Namun, untuk memastikannya, silahkan bertanya kepada petugas.

  3. Kemudian, silahkan masuk ke dalam gedung utama Satpas.

    Gabungkan menjadi satu seluruh dokumen persyaratan dalam satu map, kemudian berikan kepada petugas. Setelah itu, Anda akan diberikan formulir pendaftaran untuk diisi.

  4. Lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket Pembayaran.

    Setelah formulir terisi, tunggu sampai Anda dipanggil untuk melakukan pembayaran PNBP SIM di loket pembayaran.

  5. Silahkan menuju ke ruang registrasi untuk input data.

    Selanjutnya, berikan map yang berisi dokumen persyaratan ke petugas registrasi untuk proses input data.

  6. Tunggu antrian, kemudian masuk ke ruang foto untuk rekam foto, tanda tangan, & rekam sidik jari.

    Jika proses pembayaran telah selesai, silahkan tunggu giliran masuk ke ruang foto. Di dalam ruang foto akan dilakukan proses pengambilan foto, tanda tangan, dan rekam sidik jari.

  7. Silahkan masuk ke dalam ruang ujian teori AVIS.

    Setelah proses identifikasi selesai, Anda diarahkan untuk mengikuti ujian teori . Usahakan untuk menjawab soal ujian teori secara sungguh – sungguh, dan mendapat nilai yang cukup untuk dinyatakan “Lulus”.

  8. Selanjutnya, ikuti ujian praktik berkendara.

    Apabila telah dinyatakan “Lulus” pada ujian teori, Anda akan diarahkan oleh petugas untuk mengikuti ujian praktik berkendara sesuai jenis golongan SIM.

  9. Silahkan ambil SIM baru di ruang pengambilan.

    Apabila pada ujian praktik Anda dinyatakan “Lulus”, silahkan tunggu proses pencetakan SIM baru, dan ambil di ruang pengambilan SIM.

Perpanjangan SIM Online Banyuwangi

Proses perpanjangan SIM dilakukan 5 tahun sekali oleh pemiliknya. Namun, kini proses perpanjangan SIM dapat dilakukan secara mudah dan online via Aplikasi SIM Online.

Dengan adanya aplikasi ini, Anda tidak perlu repot – repot mengantri secara langsung, karena mulai dari proses pendaftaran perpanjangan SIM dapat dilakukan menggunakan smartphone.

Sedangkan, untuk proses pembayarannya dapat Andalakukan melalui transfer bank, dan kartu SIM yang telah jadi akan dikirimkan ke alamat Anda melalui jasa pengiriman yang telah dipilih.

Aplikasi SIM Online bisa Anda dapatkan secara gratis dengan cara menekan tombol “Download” berikut.