Biaya SIM Banyumas Serta Syarat & Tes Nya

SIM Banyumas – Surat Izin Mengemudi adalah salah satu dokumen penting yang harus dimiliki setiap pengendara. SIM digunakan sebagai tanda bahwa pengendara telah memiliki kemampuan berkendara yang baik sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku.

Advertisements

Untuk membuat SIM A ataupun SIM C di Banyumas tentu akan memerlukan biaya. Biaya pembuatan SIM motor Banyumas adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Banyumas adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain, seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Polresta Banyumas

Lokasi untuk membuat SIM di Banyumas bisa dilakukan di Polresta Banyumas, yang beralamatkan di Jalan Letjend. Pol. R. Sumarto No.100, Karangjambu, Purwanegara, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sebelum menuju Polres, Sebaiknya Anda mengurus Surat Keterangan Kesehatan di Layanan Cek Kesehatan yang ada di dekat Polresta Banyumas.

Tes SIM Online Banyumas

Syarat penerbitan SIM adalah Anda harus bisa melewati beberapa tes yang dilaksanakan sebagai syarat untuk penerbitan SIM, dan salah satu tes tersebut adalah tes teori. Tes teori pada pembuatan SIM ini terdiri dari 30 soal tentang tata cara berkendara dan berlalu lintas di jalan.

Anda bisa dengan mudah lulus tes ini jika mempersiapkannyqa dengan baik. Persiapan yang bisa dilakukan adalah dengan mengerjakan contoh soal ujian teori dan mengikuti simulasi tes SIM yang sudah kami siapkan ini.

Tes simulasi online ini berisi soal-soal yang kurang lebih sama dengan soal ujian teori SIM. Silahkan klik tombol ini untuk memulai simulasi tes SIM online.

Advertisements

Biaya SIM Banyumas

Biaya yang dikeluarkan pada pembuatan SIM di Kabupaten Banyumas adalah biaya penerbitan SIM yang tarifnya bisa Anda lihat pada tabel berikut ini:

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya surat keterangan kesehatan dari dokter

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Banyumas adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Banyumas adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya surat keterangan kesehatan dari dokter

Advertisements

Syarat Pembuatan SIM Banyumas

Beberapa berkas yang harus Anda bawa untuk membuat SIM di Banyumas, antara lain:

  • KTP asli dan fotocopy
  • Surat Sehat Jasmani

Cara Pembuatan SIM Banyumas

Langkah-langkah yang harus Anda lalui untuk membuat SIM di Banyumas, antara lain:

  1. Datang ke Layanan Cek Kesehatan untuk membuat SKS.

    Bawa fotocopy KTP ke Layanan Cek Kesehatan sebagai persyaratan untuk membuat Surat Keterangan Sehat.

  2. Pergi ke Polresta Banyumas.

    Bawa Surat Keterangan Sehat dan persyaratan untuk pembuatan SIM lainnya ke Polresta Banyumas.

  3. Minta Formulir Pendaftaran di Bagian Formulir.

    Setelah itu, masuk ke gedung Polresta Banyumas dan minta formulir ke petugas Bagian Formulir. Bagian formulir ini terletak lurus dari pintu masuk. Pada bagian tersebut, berkas-berkas Anda juga akan dicek kelengkapannya.

  4. Isi Formulir dan lakukan pembayaran SIM di Loket BRI.

    Kemudian, isi formulir pendaftaran tersebut di meja pengisian formulir yang sudah disediakan. Setelah itu, lakukan pembayaran di Loket BRI yang sudah disediakan.

  5. Lakukan registrasi SIM di Ruang Registrasi SIM.

    Setelah itu, silahkan menuju ke Ruang Registrasi SIM yang berada di belakang Loket BRI. Berikan berkas Anda ke petugas untuk dilakukan penginputan data ke komputer.

  6. Pergi ke Lapangan Ujian Praktik untuk mengikuti ujian praktik pembuatan SIM.

    Kemudian, menuju ke Lapangan Ujian praktik di belakang Gedung Polresta Banyumas. Untuk ujian praktik ini, Anda bisa menggunakan motor atau mobil Anda sendiri.

  7. Masuk ke Ruang Ujian Teori untuk melaksanakan ujian teori pembuatan SIM.

    Setelah itu, ikuti ujian teori pembuatan SIM DI Ruang Ujian Teori. Di ruang tersebut, Anda akan mengerjakan soal ujian teori di komputer yang sudah disediakan.

  8. Kemudian, AmbilFoto SIM di Ruang Foto SIM

    Setelah itu, silahkan ke Ruang Foto SIM. DI ruang tersebut, petugas akan meminta Anda untuk melakukan rekam sidik jari, tanda tangan, dan juga

  9. Lalu, ambil SIM di Ruang Produksi SIM.

    Setelah itu, tunggu hingga produksi SIM Anda jadi dan bisa diambil di Ruang Produksi SIM.

Aplikasi SIM Online Banyumas

Dengan adanya aplikasi SIM online, masyarakat bisa lebih mudah dalam melakukan perpanjangan SIM di Banyumas. Aplikasi SIM online buatan Korlantas Polri ini memeiliki berbagai fitur layanan SIM online yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Banyumas.

Dengan adanya perpanjangan SIM online tersebut, masyarakat tidak perlu datang ke Polres, karena semua proses bisa dilaksanakan di rumah.

Untuk melakukan perpanjangan SIM melalui aplikasi tersebut, download dulu aplikasinya melalui tombol di bawah ini.