Advertisements
banner iklan

Biaya SIM Banjarbaru Serta Syarat dan Tes Nya

SIM Banjarbaru – SIM merupakan bukti kecakapan pengendara yang harus dimiliki. Kepemilikian SIM membuktikan pengendara sudah memiliki pengatahuan berkendara sesuai dengan Undang Undang.

Bagi Anda yang ingin melakukan proses pembuatan SIM di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Silahkan simak informasi terkait lokasi, syarat dan biaya pembuatan SIM Banjarbaru.

Berapa biaya pembuatan SIM A dan SIM C di Banjarbaru?

Biaya pembuatan SIM A (Mobil) di Banjarbaru adalah Rp. 120.000 sedangkan biaya pembuatan SIM C (Motor) sebesar Rp. 100.000. Biaya ini belum termasuk biaya tambahan lainnya.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Pembuatan SIM Banjarbaru

Bagi Anda yang ingin melakukan pembuatan SIM di Banjarbaru silahkan datang ke Satpas Polres Banjarbaru di alamat Jalan A. Yani, Loktabat Selatan, Kecamatan Banjar Baru Selatan, Kota Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan. Kode Pos 70714 nomor telp. (0511) 4772023.

Silahkan datang ke Satpas Polres Banjarbaru di hari kerja, dengan patuh terhadap protokol kesehatan.

Simulasi Tes SIM Online Banjarbaru

Dalam melakukan proses pembuatan SIM di Satpas Polres Banjarbaru, terdapat beberapa tahapan tes yang harus Anda lakukan. Salah satunya adalah tes ujian teori, yang terdiri dari 30 soal.

Oleh karena itu disini kami menyediakan layanan “Simulasi Tes SIM Online”, guna memudahkan Anda dalam belajar ujian teori di rumah. “Simulasi Tes SIM Online” memiliki model soal yang sama dengan ujian teori SIM sebenarnya.

Silahkan untuk menggunakan layanan “Simulasi Tes SIM Online” secara gratis dengan menekan tombol di bawah ini:

Advertisements

Biaya Pembuatan dan Perpanjangan SIM Banjarbaru

Dalam pengurusan SIM di Satpas Polres Banjarbaru sesuai dengan PP No. 60 Tahun 2016, berikut ini informasi biaya terkait pembuatan dan perpanjangan SIM.

Biaya Pembuatan SIM Baru Banjarbaru

Jenis LayananBiaya
Pembuatan SIM A (Mobil)Rp. 120.000
Pembuatan SIM C (Motor)Rp. 100.000

*Biaya ini belum termasuk biaya pembuatan Surat Keterangan Sehat dan Tes Psikologi

Biaya Perpanjangan SIM Banjarbaru

Biaya perpanjangan SIM A (Mobil) di Banjarbaru adalah Rp. 80.000 dan  biaya perpanjangan SIM C (Motor) sebesar Rp. 75.000

Jenis LayananBiaya
Perpanjangan SIM A (Mobil)Rp. 80.000
Perpanjangan SIM C (Motor)Rp. 75.000

*Biaya ini belum termasuk biaya pembuatan Surat Keterangan Sehat dan Tes Psikologi

Dokumen Persyaratan Pembuatan dan Perpanjangan SIM Banjarbaru

Dokumen Persyaratan Pembuatan SIM Baru Banjarbaru

Sebelum melakukan pembuatan SIM di Satpas Polres Banjarbaru, silahkan untuk melengkapi dokumen administrasi di bawah ini:

  • KTP (asli dan fotocopy)
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Surat hasil tes psikologi dari dokter
  • Bukti pembayaran dari bank
  • Stop map

Dokumen Perpanjangan SIM Banjarbaru

Sebelum melakukan perpanjangan SIM di Satpas Polres Banjarbaru, silahkan untuk melengkapi dokumen administrasi di bawah ini:

  • KTP (asli dan fotocopy)
  • SIM (asli dan fotocopy)
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Surat hasil tes psikologi dari dokter
  • Bukti pembayaran dari bank
  • Stop map

Tata Cara Pembuatan SIM Banjarbaru

Silahkan simak informasi terkait langkah-langkah pembuatan SIM Banjarbaru di bawah ini:

  1. Silahkan datang ke Polres Banjarbaru dengan membawa berkas persyaratan.

    Pastikan untuk datang ke Satpas Polres Banjarbaru dengan membawa seluruh berkas persyaratan Anda. Jangan sampai ada yang tertinggal. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

  2. Lakukan pengecekan kesehatan dan tes psikologi.

    Berikutnya Anda akan diarahkan untuk melakukan tes kesehatan, guna mendapatkan surat keterangan sehat dokter. Biaya untuk tes kesehatan sebesar Rp. 30.000.
    Lalu Anda dapat melakukan tes psikologi untuk mendapatkan hasil tes psikologi di tempat yang sama.

  3. Silakan menuju loket pendaftaran untuk menyelesaikan registrasi data.

    Setelah pengecekan kesehatan selesai, silahkan untuk menuju ke loket pendaftaran. Disini Anda akan melakukan proses registrasi bersama petugas.

  4. Isilah formulir yang diberikan petugas.

    Selanjutnya Anda akan diberikan formulir pendaftaran untuk diisi. Pastikan untuk membawa alat tulis agar pengisian tidak perlu antri.

  5. Lampirkan seluruh berkas persyaratan Anda.

    Setelah formulir selesai Anda dapat menyerahkannya pada petugas di loket pendaftaran, dengan melampirkan seluruh berkas persyaratan Anda. Disini Anda akan diberikan nomor antrian, untuk tahapan berikutnya.

  6. Lakukan verifikasi data bersama petugas.

    Setelah nomor antrian Anda dipanggil, silahkan untuk melakukan verifikasi data bersama petugas. Proses verifikasi data diri Anda meliputi pengambilan foto SIM, rekam 10 sidik jari dan juga tanda tangan.

  7. Berikutnya lakukan ujian teori.

    Setelah itu Anda dapat melakukan ujian teori, di ruang ujian teori yang telah disediakan. Pastikan untuk mendengarkan arahan petugas sebelum melakukan pengisian.

  8. Lakukan ujian praktik di lapangan ujian praktik.

    Ketika sudah dinyatakan lulus tes ujian teori, Anda dapat melakukan ujian praktik di lapangan ujian praktik secara bergantian. Disini Anda akan langsung mendaptkan hasil lulus atau tidak lulus dari petugas.

  9. Lanjutkan dengan melakukan pembayaran di loket “Bank BRI”.

    Baru ketika Anda sudah dinyatakan lulus, silahkan menuju loket “Bank BRI” dengan membawa seluruh berkas persyaratan Anda. Disini Anda dapat melakukan pembayaran pembuatan SIM sesuai dengan golongan SIM yang ingin dibuat.

  10. Ambil SIM baru Anda di loket “Produksi SIM”.

    Berikutnya Anda dapat mengambil SIM baru Anda dengan membawa bukti pembayaran ke loket “Produksi SIM”. Proses produksi SIM memiliki kisaran waktu kurang lebih 10 menit, tergantung ketersediaan blangko SIM.
    Jika blangko habis, Anda akan diberi tahu oleh petugas untuk melakukan pengambilan keesokan harinya di hari kerja.

Aplikasi Perpanjangan SIM Online Banjarbaru

Saat ini proses perpanjangan SIM di Banjarbaru, sudah dapat dilakukan dengan cara online hanya dengan salah satu aplikasi android. Jadi Anda tidak perlu lagi datang ke Satpas Polres Banjarbaru, dan cukup melakukan perpanjangan dari smartphone Anda.

Silahkan untuk mengunduh “Aplikasi SIM Online” secara gratis dengan menekan tombol di bawah ini.

Melalui “Aplikasi SIM Online” metode pembayaran dapat dipilih sesuai dengan keinginan Anda. Proses pembayaran perpanjangan SIM dapat dilakukan dengan metode transfer bank atau internet banking. Sedangkan untuk proses pengambilan SIM pepanjangan dapat diambil mandiri atau menggunakan jasa pengiriman.