Biaya SIM Banjar Jawa Barat Serta Syarat & Tes Nya

SIM Banjar – SIM (Surat Izin Mengemudi) merupakan bukti registrasi beserta identifikasi yang menerangkan seseorang telah memenuhi syarat administrasi dan sehat jasmani rohani yang diberikan oleh POLRI.

Advertisements

Bagi Anda warga Banjar atau yang berdomisili di Jawa Barat, silahkan simak informasi seputar lokasi, persyaratan serta biaya pembuatan SIM wilayah Banjar Jawa Barat.

Berapakah biaya pembuatan SIM Banjar Jawa Barat?

Biaya bikin  SIM C (Motor) Banjar sebesar Rp. 100.000, biaya pembuatan SIM A (Mobil) sebesar Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya tes kesehatan dan tes psikologi

Daftar Isi

Advertisements

Lokasi Pembuatan SIM Banjar

Bagi Anda masyarakat Banjar atau yang sedang berdomisili di wilayah Banjar, anda dapat melakukan pengurusan SIM baru secara mandiri di Polres Banjar dengan alamat Jl. Siliwangi No.145, Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat 46332.

Sebagai informasi tambahan, selain di Polres Banjar, saat ini Anda bias memperpanjang SIM melalui SIM keliling yang diadakan oleh Polres Banjar.

SIM Keliling Polres Banjar dibagi menjadi 2 yaitu Simling 1 dan juga Simling 2 dari hari Senin sampai dengan Sabtu dilokasi yang telah ditentukan. Untuk waktunya sendiri dimulai pada pukul 08.30 sampai dengan selesai

Simulasi Tes Pembuatan SIM Online Banjar

Untuk proses pembuatan dan penerbitan SIM baru Banjar Jawa Barat, Anda diwajibkan mengikuti beberapa jenis ujian yang telah ditentukan. Salah satunya adalah ujian teori. Dalam ujian teori pembuatan SIM biasanya terdiri dari 30 soal yang harus Anda jawab.

Nilai minimum yang harus dipenuhi dalam ujian teori adalah 70. Jika nilai Anda berada dibawah nilai minimus, maka otomatis Anda dinyatakan gagal.

Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan diri terlebih dahulu sebelum menghadapi ujian teori tes pembuatan SIM, dengan memanfaatka layanan Simulasi SIM Online yang telah kami sediakan.

Untuk dapat mengakses layanan tersebut, Anda dapat menekan tombol berikut.

Persyaratan Pembuatan dan Perpanjangan SIM Banjar

Syarat Administratif Pembuatan SIM Banjar

Dalam membuat permohonan pembuatan SIM baru Banjar, terdapat beberapa dokumen yang harus Anda siapkan terlebih dahulu, diantaranya:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan juga fotocopy
  • KIR (Surat keterangan) dokter yang menerangkan kesehatan jasmani dan rohani pemohon, buta warna, dan juga bebas dari NAPZA
  • Stop map warna biru
  • Foto setengah badan (foto akan diambil oleh oleh petugas polres Banjar)
  • Hasil tes sidik jari
Advertisements

Untuk KIR dokter atau surat keterangan dokter, Anda nanti akan diarahkan pada petugas yang telah disediakan oleh pihak Polres Banjar.

Syarat Administratif Perpanjangan SIM Banjar

Bagi Anda yang hendak melakukan perpanjangan SIM di Polres Banjar, berikut beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi yaitu:

  • KTP asli beserta fotocopynya 2 lembar
  • SIM asli dan fotocopynya 2 lembar
  • Surat keterangan kesehatan dari dokter di Polres Banjar
  • Hasil tes psikologi
  • Semua dokumen tersebut dijadikan satu dalam stop map warna kuning

Lalu untuk persyaratan perpanjangan SIM pada SIMLING Polres Banjar diantaranya:

  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter atau Puskesmas
  • Membawa KTP asli dan juga fotocopynya
  • Bagi pemohon perpanjangan SIM diwajibkan untuk membawa SIM asli

Biaya Pembuatan dan Perpanjangan SIM Banjar

Biaya Pembuatan SIM Baru Banjar

Jenis PembayaranBiaya
Penerbitan SIM C, C1, C2 (Motor)Rp. 100.000
Penerbitan SIM A (Mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk untuk tambahan biaya pembuatan Surat Keterangan Sehat dari Dokter dan untuk keperluan tes psikologi

Advertisements

Biaya Perpanjangan SIM Banjar

Jenis PembayaranBiaya
Perpanjangan SIM C, C1, C2 (Motor)Rp. 75.000
Perpanjangan SIM A (Mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk untuk tambahan biaya pembuatan Surat Keterangan Sehat dari Dokter dan untuk keperluan tes psikologi

Tata Cara Pembuatan SIM Baru Banjar

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam proses pembuatan SIM di Polrea Banjar.

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan.

    Untuk tes kesehatan pembuatan SIM dilakukan oleh dokter yang disediakan Polres Banjar. Untuk lokasinya terdapat di dalam lingkungan Polres Banjas. Tes Kesehatan yang akan dilakukan berupa tes psikologi, tes buta warna, dan tes yang menerangkan pemohon terbebas dari NAPZA.

  2. Silahkan masukkan berkas persyaratan di loket “Penyerahan Berkas”.

    Setelah menyerahkan berkas persyaratan, selanjutnya Anda akan diberikan blangko formulir oleh petugas Polres Banjar.

  3. Lakukan pengisian blangko formulir untuk pengajuan SIM baru.

    Setelah anda menyerahkan berkas pemohonan pembuatan SIM baru, anda akan diberikan blangko formulir. Silahkan untuk mengisi formulis tersebut berdasakan data diri yang anda miliki.

  4. Silahkan melakukan pembayaran pembuatan SIM baru di loket BRI.

    Setelah langkah pengisian formulis anda lakukan. Berikutnya anda akan diminta  untuk melakukan pembayaran PNBP SIM di loket BRI yang berada di dekat loket pengurusan BPKB dan lapangan ujian praktek.

  5. Lakukan proses registrasi untuk proses identifikasi.

    Setelah biaya pendaftaran sudah anda lunasi. Selanjutnya anda akan diarahkan oleh petugas registrasi untuk melakukan proses identifikasi.

  6. Silahkan masuk dalam ruang identifikasi untuk melakukan proses foto dan scan sidik jari.

    Disin anda akan diarahkan oleh petugas untuk melakuan proses identifikasi diri berupa pengambilan foto diri, tanda tangan, dan pengambilan sidik jari

  7. Silahkan melanjutkan ujian teori pada ruangan yang telah disediakan.

    Setelah proses identifikasi selesai dilakukan, berikutnya anda dapat melanjutkan untuk melakukan ujian teori. Ujian teori berjumlah 30 soal dengan model soal yang sama dengan pelatihan pada Simulasi Tes SIM Online yang telah anda lakukan sebelumnya.

  8. Ikuti ujian praktik SIM di Lapangan yang bersebelahan dengan loket BPKB.

    Berikutnya anda akan dapat melanjutkan untuk melakukan ujian pratik sesuai dengan golongan SIM yang ingin anda buat. Untuk lokasi ujian praktik sendiri berada pada lapangan disebelah loket pengurusan BPKB

  9. Silahkan untuk mengambil SIM Baru anda pada loket “Pengambilan SIM”.

    Apabila Anda dinyatakan lolos ujian praktik pembuatan SIM. Silahkan untuk mengambil SIM baru anda pada loket pengambilan SIM. SIM baru biasanya dapat selesai minimal 30 menit apabila blangko masih tersedia.
    Namun jika blangko SIM habis anda akan diberitahu untuk mengambil SIM Anda maksimal 3 hari di hari kerja.

Aplikasi Perpanjangan SIM Online Banjar

Saat ini bagi, Anda yang hendak memperpanjang SIM, tidak perlu repot-repot datang ke Polres Banjar. Seiring dengan perkembangan teknologi anda dapat melakukan proses perpanjangan SIM banjar secara online melalui “Aplikasi SIM Online”

Di era pandemi Covid-19 seperti sekarang, menggunakan “Aplikasi SIM Online”  dirasa merupakan pilihan yang sangat tepat. Pasalnya Anda dapat mengurus SIM dari mana saja, sehingga dapat terhindar dari kerumunan.

Aplikasi SIM Online tersebut, dapat Anda download pada smartphone Anda, melalui tombol berikut.

Nb. Untuk proses pembayaran perpanjangan SIM melalui aplikasi dapat menggunakan metode tranfer bank, internet banking, atau dengan menggunakan COD jasa pengiriman.