Advertisements

Biaya SIM Bandung Serta Syarat & Tes Nya

Advertisements

SIM Bandung – Bagi masyarakat yang mengendarai kendaraan bermotor, harus memiliki SIM terlebih dahulu. Untuk pembuatan SIM di Bandung dan Bandung Barat adalah di Polresta Bandung dengan syarat harus lulus tes ujian teori dan ujian praktik.

Lalu berapakah biaya pembuatan SIM di Bandung dan Bandung Barat?

Biaya pembuatan SIM motor Bandung adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Bandung adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti cek kesehatan dan juga biaya asuransi.

Advertisements

Lokasi Polresta Bandung

Pembuatan SIM di wilayah Bandung dan Bandung Barat bisa Anda lakukan di Polresta Bandung yang beralamatkan di Jl. Bhayangkara No.1, Soreang, Kec. Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk lebih tepatnya Anda bisa lihat peta di bawah ini                                                                                                                                                                             

Sebelum masuk ke Polres, lengkapi dulu semua berkas yang disyaratkan. Jangan lupa bawa uang yang cukup untuk melakukan pembayaran. Jika Anda ingin melakukan tarik tunai terlebih dahulu, Anda bisa melakukannya di ATM BRI terdekat Polres.

Tes SIM Online Bandung & Bandung Barat

Persyaratan untuk bisa mendapatkan SIM adalah dengan lulus ujian teori dan juga ujian praktik. Pada saat ujian teori, terdapat 30 soal yang harus Anda jawab dengan benar dan memperoleh skor minimal yaitu 70.

Oleh sebab itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan skor yang Anda peroleh, yaitu dengan cara melakukan simulai tes online. Pada tes simulasi online ini, akan ada 30 soal yang sering keluar pada saat ujian tes teori pembuatan SIM

Untuk memulai tes simulasi online tersebut, silahkan tekan tombol di bawah ini

Advertisements

Biaya SIM Bandung & Bandung Barat

Untuk membuat SIM di daerah Bandung dan Bandung Barat, biaya yang Anda keluarkan adalah tarif pembuatan SIM resmi yang sudah diatur oleh pemerintah, sehingga tarif tersebut akan berlaku bagi seluruh masyarakat Bandung.

Untuk rincian biaya pembuatan dan juga perpanjangan SIM Bandung, Anda bisa melihat pada tabel di bawah ini. Namun biaya tersebut belum termasuk asuransi dan juga surat keterangan sehat.

Biaya Pembuatan SIM Baru

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM motor Bandung adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Bandung adalah Rp. 80.000. Berikut tabel biaya untuk perpanjangan SIM motor dan mobil di Bandung:           

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000
Advertisements

Syarat Pembuatan SIM Bandung & Bandung Barat

  • Minimal usia 17 tahun
  • Mengisi formulir pengajuan SIM
  • Melampirkan KTP asli dan fotocopy sebanyak 2 lembar
  • Surat keterangan dokter
  • Lulus ujian teori, simulator, dan ujian praktiK

Untuk syarat perpanjangan SIM, Anda harus membawa dokumen tambahan berupa SIM asli.

Cara Pembuatan SIM Bandung & Bandung Barat

Langkah pembuatan SIM di Bandung dan Bandung Barat melalui Polresta Bandung adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke Polresta Bandung.

    Bawa semua berkas persyaratan ke Polresta Bandung. Sebelum masuk ke area Polresta, petugas di pintu masuk akan meminta Anda untuk memperlihatkan KTP.

  2. Lakukan tes kesehatan di Pelayanan Kesehatan Polresta Bandung.

    Setelah masuk, Anda akan langsung diarahkan menuju ke layanan kesehatan untuk cek kesehatan. Di sana akan ada dokter yang bertugas memeriksa dan memberikan surat keterangan kesehatan.

  3. Identifikasi sidik jari.

    Setelah mendapatkan surat keterangan sehat, Anda akan diarahkan menuju ke Bagian Identifikasi Sidik Jari sebelum melakukan pendaftaran SIM.

  4. Lakukan pendaftaran di Loket Pendaftaran.

    Setelah itu, bawa berkas Anda ke Loket Pendaftaran untuk pengecekan. Jika semua berkas sudah lengkap, Anda akan diarahkan ke loket berikutnya.

  5. Lakukan pembayaran PNBP SIM di Bank BRI.

    Setelah itu, silahkan ke Loket BRI yang sudah disediakan untuk melakukan pembayaran penerbitan SIM.

  6. Cek berkas dan entry data di Loket 2.

    Selanjutnya, menuju ke Loket 2 untuk pemeriksaan berkas dan input data oleh petugas. Setelah itu, tunggu beberapa menit lagi hingga nama Anda dipanggil di Loket 1 untuk pengambilan nomor antrian foto. Di loket tersebut, petugas juga memberikan formulir yang harus Anda isi.

  7. Lakukan pengisian dan pengecekan data di Loket 3.

    Isi formulir terlebih dahulu di meja yang sudah disediakan. Setelah itu berikan formulir tersebut ke Loket 3 untuk pengecekan data.

  8. Lakukan foto SIM di Ruang Foto.

    Setelah pengecekan data selesai, silahkan tunggu beberapa saat hingga nomor antrian Anda dipanggil di Ruang Foto. Di ruang tersebut, Anda melakukan identifikasi sidik jari dan juga foto untuk data di SIM Anda nanti.

  9. Lakukan ujian teori komputerisasi di Ruang Uji Teori.

    Setelah itu, ikuti ujian teori komputerisasi di Ruang Uji Teori. Di ruang tersebut, Anda akan diminta untuk mengerjakan soal yang ada di komputer Anda. Sebelum mengerjakan soal, petugas juga akan memberikan arahan kepada peserta ujian SIM.

  10. Lakukan ujian simulator untuk SIM A.

    Setelah lulus ujian teori, Anda akan diarah untuk mengikuti ujian simulator bagi para peserta ujian SIM A. Sedangkan untuk SIM C tidak ada ujian simulator.

  11. Lakukan ujian praktik lapangan

    Setelah lulus dari tahapan tes sebelumnya, Anda bisa menuju ke lapangan untuk melakukan ujian praktik. Ujian praktik ini berupa rintangan-rintangan yang harus Anda lewati menggunakan kendaraan Anda. Agar lulus ujian praktik, Anda tidak boleh melakukan kesalahan sedikitpun.

  12. Ambil SIM

    Setelah lulus dari semua tes SIM, Anda bisa menuju ke Ruang Pencetakan SIM untuk mengambil SIM baru Anda.

Aplikasi SIM Online Bandung & Bandung Barat

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk melakukan perpanjangan SIM di Polres, Anda sekarang bisa melakukan perpanjangan SIM secara online menggunakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh Korlantas Polri. Aplikasi ini bisa digunakan untuk warga Bandung dan Bandung Barat.

Pada aplikasi ini, banyak layanan SIM yang tersedia, salah satunya adalah layanan perpanjangan SIM A dan SIM C. Aplikasi tersebut bisa Anda download dengan mudah melalui smartphone Anda. Atau lebih mudahnya Anda bisa download dengan tekan tombol di bawah ini.