Biaya SIM Banda Aceh Serta Syarat & Tes Nya

SIM Banda Aceh – SIM adalah salah satu surat yang diberikan oleh kepolisian kepada seseorang yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkan SIM. Untuk mendapatkan SIM, Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya.

Advertisements

Lalu berapa biaya pembuatan SIM Banda Aceh?

Biaya pembuatan SIM motor Banda Aceh adalah Rp. 100.000, dan biaya pembuatan SIM mobil Banda Aceh adalah Rp. 120.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya lain seperti biaya asuransi, cek kesehatan, dan juga tes psikotes.

Daftar Isi:

Advertisements

Lokasi Polresta Banda Aceh

Jika Anda ingin membuat SIM, Anda harus datang dulu ke Polres Banda Aceh yang letaknya ada di Kampung Baru, Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh. Lokasi pembuatan SIM tersebut berada di Gedung Satpas Polres Banda Aceh.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda lihat maps berikut.

Sebaiknya Anda datang pada pagi hari untuk menghindari antrian yang panjang. Jangan lupa siapkan uang yang cukup agar mempermudah Anda dalam proses pembayaran nantinya.

Tes SIM Online Banda Aceh

Untuk bisa mendapatkan SIM, ada beberapa prosedur yang harus Anda lewati, salah satunya adalah ujian teori. Ujian teori di Satpas ini berisi soal-soal mengenai etika dan tata cara berlalu lintas serta ketrampilan mengemudi.

Oleh sebab itu, persiapan yang matang perlu Anda lakukan agar bisa lulus ujian teori ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan persiapan mengikuti ujian teori tersebut, salah satunya dengan mengerjakan simulasi tes SIM yang sudah kami siapkan ini.

Dengan mengerjakan simulasi tes ini, Anda bisa memiliki gambaran soal seperti apa yang akan Anda kerjakan nanti saat ujian teori di Satpas.

Untuk itu, silahkan ikuti simulasi tes SIM online tersebut melalui tombol di bawah ini.

Biaya SIM Banda Aceh

Berikut adalah biaya pembuatan SIM baru dan perpanjangan di Banda Aceh:

Biaya Pembuatan SIM Baru Banda Aceh

Jenis PembayaranBiaya
Biaya pembuatan SIM C (motor)Rp. 100.000
Biaya pembuatan SIM A (mobil)Rp. 120.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Advertisements

Biaya Perpanjangan SIM Banda Aceh

Biaya perpanjangan SIM motor Banda Aceh adalah Rp. 75.000 dan biaya perpanjangan SIM mobil Banda Aceh adalah Rp. 80.000.

Jenis PembayaranBiaya
Biaya Perpanjangan SIM C (motor)Rp. 75.000
Biaya Perpanjangan SIM A (mobil)Rp. 80.000

*Biaya tersebut belum termasuk biaya asuransi, tes kesehatan, dan tes psikotes.

Syarat Pembuatan SIM Banda Aceh

Beberapa dokumen persyaratan dalam pembuatan SIM di Polresta Banda Aceh, antara lain:

  • Fotocopy KTP 2 LEMBAR
  • Suratk Keterangan Psikologi
  • Surat Keterangan Sehat
  • SIM Asli (pemohon perpanjangan SIM)

Untuk surat keterangan sehat dan tes psikologi bisa Anda lakukan di layanan kesehatan terdekat Polres.

Sedangkan untuk fotocopy berkas, Anda bisa lakukan di fotocopyan yang ada di dalam Satpas Polresta Banda Aceh.

Cara Pembuatan SIM Banda Aceh

Berikut adalah cara untuk membuat SIM di Polresta Banda Aceh adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke Polresta Banda Aceh.

    Silahkan Anda membawa berkas persyaratan yang sudah lengkap menuju ke Polresta Banda Aceh. Kemudian silahkan Anda menuju ke Satpas Polresta Banda Aceh untuk pembuatan SIM. Kemudian petugas di depan pintu masuk akan memeriksan kelengkapan berkas Anda.

  2. Lakukan pembayaran PNBP SIM di Loket BRI.

    Setelah itu, Anda akan diarahkan oleh petugas untuk melakukan pembayaran ke Loket BRI yang berada di ruang sebelah kanan Loket Pendaftaran.

  3. Menuju ke Loket Pendaftaran untuk pengisian formulir.

    Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda akan diarahkan menuju ke Loket Pendaftaran untuk menyerahkan berkas dan mengisi formulir pendaftaran. Setelah formulir diisi, kumpulkan lagi berkas Anda ke Loket Pendaftaran untuk diinput data.

  4. Lakukan registrasi di Loket 2 Ruang Registrasi dan Identifikasi.

    Setelah itu, silahkan lakukan pengambilan foto di dan sidik jari di Ruang Registrasi dan Identifikasi.

  5. Ikuti ujian teori di Ruang Ujian Teori.

    Setelah itu, Anda bisa mengikuti ujian teori di Ruang Ujian Teori. Ujian teori tersebut bertujuan untuk menguji pemahaman Anda tentang peraturan dan undang-undang lalu lintas. Jumlah soal teori tersebut adalah 30 soal dan waktu pengerjaannya adalah 15 menit.

  6. Menuju ke Lapangan Ujian Praktik untuk melaksanakan ujian praktik I.

    Setelah lulus dari ujian teori, silahkan Anda mengikuti Ujian Praktik di Lapangan Ujian Praktik. Untuk pelaksanaan ujian praktik bisa menggunakan kendaraan Anda sendiri. Sedangkan untuk prosedurnya akan dijelaskan oleh petugas sebelum ujian dimulai.

  7. Ikuti ujian prakti II sesuai arahan petugas.

    Setelah lulus ujian praktik I, Anda akan diarahkan untuk melaksanakan ujian praktik II. Prosedur ujian praktik II ini adalah Anda bersama petugas mengendarai kendaraan di jalan raya. Kemudian petugas akan menilai cara berkendara dan pemahaman rambu-rambu lintas.

  8. Ambil SIM di Loket Penyerahan.

    Setelah lulus ujian praktik, silahkan Anda kembali ke Satpas Polresta Banda Aceh dan menuju ke Loket Pengambilan SIM untuk mengambil SIM Anda.

Advertisements

Aplikasi SIM Online Banda Aceh

Sekarang Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa datang ke Satpas untuk perpanjangan SIM, karena Anda bisa melakukannya secara online. Perpanjangan SIM online tersebut dilakukan melalui aplikasi yang hanya dapat diakses melalui android.

Selain itu, kemudahan dari aplikasi ini adalah pembayaran bisa dilakukan secara non tunai. Anda juga bisa meminta untuk mengirim SIM Anda yang sudah jadi langsung ke alamat Anda.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, download dulu aplikasi SIM online tersebut melalui link di bawah ini.