Biaya Servis Shock Depan Motor: Matic, Sport, Trail, Bebek

Servis Shock Depan Motor – Shock depan motor memiliki fungsi untuk meredam kejutan saat melewati jalan yang tidak rata. Biasanya, masalah umum yang sering terjadi adalah adanya kebocoran oli akibat seal yang sudah aus ataupun beret pada shockbreaker karena kotoran yang menumpuk.

Advertisements

Lalu berapa biaya servis shock depan motor? Biaya sevis shock depan motor matic dan motor bebek adalah Rp. 60.000, biaya sevis shock depan motor Sport 150 cc adalah Rp. 100.000, biaya sevis shock depan motor trail 150 cc adalah Rp. 200.000, dan biaya sevis shock depan motor Trail 250 cc adalah Rp. 250.000.

Untuk informasi yang lebih lengkap tentang shock depan motor, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Biaya Servis Shock Depan Motor
  • Harga Shock Depan Motor
  • Penyebab Shock Depan Motor Rusak
  • Ciri – Ciri Shock Depan Motor Rusak
  • Waktu yang Tepat untuk Servis Shock Depan Motor

Pembelian shock depan dengan harga yang murah bisa Anda beli di Shopee. Akan ada gratis ongkir untuk setiap pembelian produknya. Klik tombol di bawah ini untuk menuju ke tokonya.

Advertisements

Biaya Servis Shock Depan Motor

Perbaikan shock depan motor yang rusak membutuhkan biaya yang berbeda – beda tergantung pada jenis motor serta bengkel nya.

Berikut ini daftar biaya servis shock depan sepeda motor sesuai dengan jenis motornya:

Tipe MotorBiaya Servis
Motor matic (Beat, Vario, mio, dll)Rp. 60.000
Motor bebekRp. 60.000
Motor Sport 150 ccRp. 100.000
Motor Trail 150 ccRp. 200.000
Motor Trail 250 ccRp. 250.000

Nb : Biaya tersebut belum termasuk biaya komponen shock yang rusak

Harga Shock Depan Motor

Terdapat banyak pilihan shock depan motor yang dijual di toko – toko sparepart. Harga shock depan tersebut tergantung pada jenis motornya. Untuk pemilihan shock itu sendiri, sebaiknya Anda gunakan produk original yang berkualitas agar lebih awet.

Berikut adalah harga shock depan motor:

Advertisements
Tipe MotorHarga
Motor matic (Beat, Vario, mio, dll)Rp. 150.000 – Rp. 330.000
Motor bebekRp. 150.000 – Rp. 300.000
Motor SportRp. 200.000 – Rp. 1.700.000
Motor TrailRp. 180.000 – Rp. 1.500.000

Penyebab Shock Depan Motor Rusak

Shock depan motor harus diperhatikan kondisinya mulai dari penggantian oli hingga pemeriksaan seal shockbreaker. Biasanya ciri utama shock breaker bermasalah adalah adanya kebocoran oli.

Kerusakan shock depan motor itu sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Berikut adalah beberapa penyebab shock depan motor rusak.

Seal motor mulai aus

Setiap komponen motor memiliki masa pakai tertentu, begitupun dengan seal shock motor. Pemakaian shock depan yang sudah lama membuat komponen tersebut mulai aus. Jika seal shock aus, akibatnya oli shock motor akan mengalami kebocoran.

Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengganti seal shock motor dengan yang baru.

Gaya berkendara yang buruk

Motor yang sering digunakan untuk melewati jalan dengan kondisi yang tidak rata atau penuh batu akan membuat kondisi shock depan cepat rusak. Hal tersebut bisa mengakibatkan motor menjadi tidak stabil dan terasa limbung.

Adanya kotoran yang menumpuk pada shock

Kondisi jalanan yang becek dan penuh genangan air terutama saat musim hujan membuat banyak kotoran menumpuk di area shock depan motor. Kondisi tersebut juga bisa menjadi pemicu shock lebih cepat rusak. Karena air yang bercampur kotoran bisa masuk ke shock dan membuat shock depan menjadi beret.

Ciri – Ciri Shock Depan Motor Rusak

Beberapa ciri – ciri yang menunjukkan bahwa shock depan motor sedang mengalami kerusakan antara lain:

Advertisements
  • Adanya oli shock depan yang bocor
  • Motor terasa tidak stabil atau limbung saat dikendarai kecepatan tinggi
  • Permukaan ban terkikis secara tidak rata
  • Posisi stang kurang pas

Jika  menemukan permasalahan tersebut, Anda perlu segera memperbaiki shock depan motor Anda dengan membawanya ke tempat servis terdekat dan terpercaya.

Waktu yang Tepat untuk Servis Shock Depan Motor

Shock breaker yang komponennya sudah mulai aus membuat kenyamanan dalam berkendara menjadi terganggu. Oleh sebab itu, kondisi shock depan harus dilakukan pengecekan secara berkala.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk servis shock depan motor?

Waktu yang ideal untuk servis shock depan dilakukan setiap 10.000 – 12.000 km atau 1 tahun sekali. Pada waktu itu biasanya oli shock depan sudah waktunya untuk diganti. Jika saat pengecekan kondisi seal sudah rusak, maka harus segera diganti.