Samsat Maguwo : Jam Buka, Alamat, Layanan, No Telepon, Dsb

Samsat Maguwo ~ Samsat Maguwoharjo (Samsat Maguwo) termasuk layanan samsat pembantu Kab. Sleman. Adanya layanan Samsat Maguwo, wajib pajak dapat melakukan pembayaran PKB tahunan dan 5 tahunan, sesuai alamat STNK terdaftar.

Jam berapa Samsat Maguwo buka? Jam buka dan tutup Samsat Maguwo adalah pukul 08.00 – 13.00 setiap hari 

Sebelum melakukan pembayaran pajak kendaraan dengan kode plat jogja di Kantor Samsat, silahkan cek tarif pajak kendaraan secara online via Aplikasi Cek Pajak berikut.

Pada artikel ini kami akan membahas info alamat, jam buka, dan pelayanan Samsat Maguwo lebih lengkap.

Daftar Isi :

  • Jam Buka Samsat Pembantu Maguwo Sleman
  • Alamat Kantor Samsat Maguwo
  • Cek Pajak Kendaraan Samsat Maguwo Online
  • Info Layanan Samsat Maguwo
  • Layanan Samsat Tebar Salam di Samsat Maguwo
  • Layanan Samsat Online Maguwoharjo
  • Cara Bayar Pajak Kendaraan Maguwo Secara Online

Jam Buka Samsat Pembantu Maguwo Sleman

Untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan di Samsat Maguwo, silahkan datang pada jam buka pelayanan, sebagai berikut.

HariJam Kerja
Senin s/d Kamis08.00 – 13.00
Jum’at s/d Sabtu08.00 – 11.00

Apabila Anda melakukan pembayaran secara online dan terdaftar di luar Samsat Sleman akan dilayani pada jadwal pelayanan, berikut.

HariJam Kerja
Senin s/d Kamis08.00 – 12.00
Jum’at s/d Sabtu08.00 – 10.00

Keterangan : Sebaiknya datang beberapa jam sebelumnya jam tutup pelayanan.

Alamat Kantor Samsat Maguwo

Kantor Samsat Pembantu Maguwo, berada di Jl. Ring Road Utara No. 10, Kembang, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman. Lokasi Samsat Maguwo berada 2,8 Km di sebelah timur Plaza Ambarrukmo, tepat di sebelah Hyarta Ecovillage. 

Jika terdapat hal yang perlu ditanyakan ke Samsat Maguwo, silahkan hubungi No. Telp : 0800 1503 999 (Bebas Pulsa). Untuk mengetahui lokasi Samsat Maguwo, Anda dapat menggunakan layanan Google Maps.

Sebagai tambahan informasi, di Samsat Maguwo juga terdapat layanan fotokopi. Namun, untuk mempercepat proses pembayaran, disarankan untuk melakukan fotokopi di rumah, karena antrian fotokopi Samsat Maguwo cukup lama.

Cek Pajak Kendaraan Samsat Maguwo Online

Cek kendaraan Jogja online bisa dilakukan dengan melalui e-samsat dan aplikasi cek pajak.

Selain bisa digunakan untuk cek pajak, Aplikasi Cek Pajak juga menyediakan layanan penghitung bea balik nama kendaraan dan jadwal pemutihan pajak kendaraan.

Untuk cek pajak kendaraan via Aplikasi Cek Pajak, Anda diharuskan untuk memilih wilayah asal kendaraan terlebih dahulu. Selanjutnya, isikan data kendaraan yang diperlukan.

Bagi wajib pajak yang ingin mencoba layanan cek pajak / Aplikasi Cek Pajak Kendaraan, silahkan tekan tombol download di bawah ini.

Jika Anda terkena denda pajak, untuk meringankan biayanya Anda bisa mengikuti pemutihan pajak kendaraan Jogja.

Info Layanan Samsat Maguwo

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Samsat Maguwoharjo melayani pembayaran pajak kendaraan tahunan dan 5 tahunan. Oleh karena itu, di sebelah utara Gedung Samsat Maguwo terdapat layanan cek fisik kendaraan.

Jika Anda tidak ingin mengantri terlalu lama, Anda dapat melakukan pembayaran pajak tahunan pada sore hari melalui layanan Tebar Salam atau bayar pajak via Aplikasi Signal.

Layanan Samsat Tebar Salam di Samsat Maguwo

Layanan Tebar Salam (Terima Bayar Sampai Malam) yang berada di Kantor Samsat Maguwoharjo termasuk layanan yang disediakan oleh Samsat Sleman untuk pembayaran PKB tahunan pada sore hari. Berikut ini jam pelayanan Tebar Salam di Samsat Maguwo.

HariJam Operasional
Senin – Jum’at16.00 – 19.30

Bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran PKB tahunan melalui layanan Tebar Salam, silahkan membawa berkas persyaratan, STNK dan kartu identitas asli (KTP/KK/SIM/ dll). 

Layanan Samsat Online Maguwoharjo

Pengecekan pajak kendaraan plat AB dapat dilakukan secara online via layanan e-samsat Sleman. Untuk mengakses layanan e-samsat tersebut, Anda dapat mengunjungi laman website Samsat Sleman (https://samsatsleman.jogjaprov.go.id).

Melalui laman Cek Pajak < Website Samsat Sleman, Anda dapat mengetahui total pajak kendaraan, model kendaraan, dan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Selain itu, juga terdapat layanan Infosaku (Info Masa Berlaku) yang dapat diakses melalui laman Infosaku < Website Samsat Sleman. Layanan Infosaku merupakan layanan pengingat tanggal jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Maguwo Secara Online

Pembayaran PKB kendaraan Jogja secara online dapat dilakukan via Aplikasi Signal, Bank BPD DIY Mobile, dan Gojek.

Berikut ini syarat dan cara bayar pajak kendaraan Samsat Maguwo secara online via Aplikasi Signal.

Syarat Bayar Pajak Motor dan Mobil Maguwo Via Aplikasi Signal

  • Buat akun Aplikasi Signal
  • Data diri pemilik kendaraan (NIK KTP, e-mail, dan nomor handphone aktif)
  • Data kendaraan (NRKB/ nomor plat dan 5 digit terakhir nomor rangka)
  • Upload swafoto dan foto KTP

Keterangan : Layanan Aplikasi Signal hanya dapat digunakan untuk pendaftaran bayar PKB tahunan dan mendapatkan kode bayar.

Sebagai informasi tambahan, Aplikasi Signal juga dapat digunakan untuk pendaftaran bayar pajak kendaraan milik keluarga yang tercatat dalam 1 KK.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Maguwo Via Aplikasi Signal

  1. Download dan install Aplikasi Signal
  2. Lakukan pendaftaran akun Signal
  3. Tambahkan data kendaraan
  4. Pilih Pendaftaran dan Pengesahan STNK
  5. Pilih kendaraan plat AB yang akan dibayar pajak
  6. Lihat jumlah tagihan PKB yang ditampilkan
  7. Jika ingin pengiriman dokumen TBPKP ke rumah, silahkan pilih Ya
  8. Klik Lanjut
  9. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode bayar
  10. Lakukan pembayaran sesuai metode yang diinginkan.

Keterangan : Pendaftaran bayar pajak kendaraan via Aplikasi Signal dikenakan biaya admin sebesar Rp. 10.000. Belum termasuk biaya pengiriman TBPKP (jika diperlukan).

Bagi Anda yang memiliki rekening tabungan di Bank BPD DIY, Anda dapat melakukan pembayaran melalui mesin ATM Bank BPD DIY melalui menu Pajak > Samsat > Samsat Nasional.

Apabila pembayaran telah berhasil, Anda dapat melakukan pengajuan e-Pengesahan via Aplikasi Signal, sehingga Anda tidak perlu lagi datang ke Samsat Maguwo untuk pengesahan STNK.