Ukuran Rasio Gear Vespa : Primer, Sekunder, dan Ring Nya

Rasio Gear Vespa
Advertisements

Rasio Gear Vespa – Motor Vespa terdiri dari berbagai jenis dan tipe. Oleh sebab itu, ada beberapa part Vespa yang memiliki ukuran yang berbeda, salah satunya gear Vespa. Ukuran gear Vespa yang digunakan harus sesuai agar laju motor Vespa bisa berjalan dengan lancar.

Lalu berapa rasio gear Vespa? Rasio gear Primer Vespa adalah 21 – 23, sedangkan rasio gear Sekunder Vespa adalah 65 – 68. Rasio gear Vespa tersebut tergantung pada jenis Vespa.

Untuk mendapatkan informasi secara lengkap tentang rasio gear Vespa, silahkan Anda baca pembahasan di bawah ini.

Advertisements

Apa Itu Gear Vespa dan Fungsi Nya

Gear merupakan salah satu komponen penting dalam sistem penggerak roda pada motor Vespa.

Pada satu set gear Vespa terdapat beberapa bagian, yaitu gear primer dan gear sekunder. Ukuran gear sekunder lebih besar dibandingkan dengan gear primer.

Gear Vespa itu sendiri memiliki beberapa fungsi penting dalam sistem pergerakan roda motor Vespa. Berikut beberapa fungsi gear Vespa:

  • Penghubung antara putaran mesin dengan gerak roda
  • Untuk menggerakkan roda motor Vespa
  • Menyeimbangkan roda belakang agar berjalan dengan baik
perbedaan gear primer dan gear sekunder
Gambar : Gear Vespa

Ukuran Rasio Gear Vespa Berdasarkan Model

Rasio gear Vespa memiliki ukuran yang berbeda – beda pada setiap modelnya. Berikut tabel ukuran rasio gear Vespa berdasarkan modelnya:

Model VespaRasio Gear PrimerRasio Gear SekunderRing
Vespa Excel/Exclusive216810
Vespa PX 200/Excel 200236510
Vespa Sprint226710
Vespa Strada23668
Vespa Super/PS22678
Advertisements

Rasio Gear Vespa Untuk Meningkatkan Akselerasi

Akselerasi merupakan kecepatan motor yang didapat setelah tarikan gas dibuka. Untuk meningkatkan akselerasi motor Vespa, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti ukuran gear Vespa.

Lalu berapa rasio gear Vespa yang tepat untuk meningkatkan akselerasi?

Untuk meningkatkan akselerasi gear Vespa, Anda bisa mengecilkan rasio gear primer Vespa atau meningkatkan rasio gear sekunder Vespa dari standarnya.

Sebagai contoh, Anda ingin meningkatkan akselerasi Vespa PX200. Anda bisa menurunkan ukuran gear primer Vespa PX200 menjadi 21 dan meningkatkan ukuran gear sekunder Vespa PX200 menjadi 68. Dengan begitu akselerasi motor Vespa PX200 akan meningkat.

Tabel Harga Gear Vespa

Selain harga dan pajak motor Vespa yang sedikit mahal, harga spare part Vespa pun juga ada yang tergolong mahal (tergantung kualitasnya).

Salah satu komponen pada motor Vespa yang paling banyak dicari adalah Gear. Gear Vespa bisa Anda beli baik di toko online ataupun toko spare part dengan harga yang bervariasi.

Berikut ini harga gear Vespa:

Jenis GearHarga
Gear Vespa Iget LHK Racing ProductRp. 800.000
Gear box set 4 speed Vespa PTS ET 3Rp. 3.500.000
Gear set Vespa Strada AOM OriginalRp. 1.000.000
Gear box Vespa ExcelRp. 535.000
Gear set Vespa Super OriRp. 464.000
Advertisements

Biaya Ganti Gear Vespa

Penggantian gear Vespa bisa dilakukan sendiri ataupun di bengkel umum. Total biaya yang Anda butuhkan untuk ganti gear Vespa di bengkel berbeda – beda tergantung pada jenis gear Vespa yang digunakan.

Biaya jasa ganti gear Vespa di bengkel kurang lebih Rp. 40.000 – Rp. 70.000. Biaya tersebut hanya untuk jasanya saja, belum termasuk harga gear Vespa.

Sedangkan biaya ganti gear sendiri gratis, Anda tinggal membeli gear Vespanya saja. Namun diperlukan keahlian khusus untuk mengganti gear Vespa.

Berikut ini video cara pasang gear motor Vespa jika Anda ingin mencoba ganti gear Vespa sendiri.

Alasan Ganti Rasio Gear Vespa

Setiap jenis motor Vespa telah dilengkapi gear dengan ukuran yang bervariasi. Tentunya ukuran gear tersebut disesuaikan dengan kapasitas mesin serta spesifikasi motor Vespa itu sendiri.

Namun seringkali spesifikasi Vespa yang dibeli tidak cocok untuk medan yang sering dilalui. Misalnya saja daerah dengan kondisi jalan yang lurus membutuhkan motor Vespa dengan nafas panjang, begitupun dengan medan yang tidak rata lebih cocok menggunakan motor Vespa dengan nafas pendek.

Oleh sebab itu, ganti rasio gear Vespa penting dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan pengendara. Anda bisa mengganti rasio gear original Vespa dengan gear Vespa jenis lainnya yang sesuai dengan medan yang dilalui.

Resiko Ganti Gear Vespa

Ganti gear Vespa sebenarnya tidak memiliki resiko buruk jika prosesnya dilakukan dengan benar. Hanya saja mungkin di beberapa kasus penggantian gear Vespa memerlukan sedikit modivikasi di beberapa bagian motor lainnya.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya untuk mengetahui jenis gear Vespa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.