Kok Plat Motor Putih? Ini Alasan dan Maksudnya

Plat Putih Motor ~ Pada awalnya plat nomor kendaraan yang dicetak oleh Samsat berwarna hitam. Namun, sekarang banyak kendaraan di jalanan telah menggunakan plat nomor berwarna putih. Penggantian warna plat motor menjadi putih dilaksanakan oleh Kepolisian dengan maksud tertentu.

Kenapa plat motor putih? Alasan plat motor diganti putih adalah bertujuan untuk memaksimalkan program e-Tilang (ETLE) yang dilaksanakan oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan, pembacaan data plat putih lebih jelas terekam kamera ETLE.

Apabila ingin mengetahui informasi data motor sesuai nomor plat putih yang digunakan, silahkan cek melalui Aplikasi Cek Plat di bawah ini.

Untuk mengetahui alasan penggantian warna plat motor menjadi putih, silahkan baca artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Arti Plat Motor Putih
  • Alasan Plat Motor Ganti Warna Putih
  • Aturan Perubahan Plat Motor Putih
  • Kapan Waktu Ganti Plat Motor Putih?
  • Cara Ganti Plat Motor Menjadi Putih
  • Biaya Ganti Plat Motor Putih

Arti Plat Motor Putih

Plat nomor merupakan salah satu identitas kendaraan yang wajib dimiliki setiap kendaraan. Plat nomor yang digunakan kendaraan di Indonesia memiliki beberapa warna, salah satunya berwarna putih.

Plat nomor putih itu sendiri digunakan untuk kendaraan perorangan, badan hukum, PNA, dan Badan Internasional. Hal tersebut tercantum dalam Peraturan Kepolisian No. 7 Tahun 2021 Pasal 45 tentang Registrasi Kendaraan Bermotor.

Dari peraturan tersebut, plat nomor putih memiliki arti yang berbeda tergantung siapa pemilik kendaraannya.

Berikut arti plat motor putih berdasarkan penggunanya.

  • Plat putih kode CD (Corps Diplomatique), digunakan untuk kendaraan dinas dari perwakilan negara asing yang ada di Indonesia.
  • Plat putih kode CC (Corps Consulat), digunakan untuk perwakilan diplomat asing yang berada di Indonesia.
  • Plat putih kode CH, digunakan untuk Pejabat Konsul Kehormatan.
  • Plat putih kode daerah, digunakan untuk kendaraan perorangan atau masyarakat pada umumnya.

Plat putih CD dan CC dikeluarkan oleh Kepolisian Indonesia dengan rekomendasi dari Kedutaan dan Departemen Luar Negeri.

Berikut contoh plat putih kode CD milik diplomat.

Plat putih mobil diplomat Nega Vietnam

Sedangkan, untuk plat putih yang digunakan masyarakat di Indonesia dapat diperoleh setelah melakukan pendaftaran di Kantor Samsat. Kode plat kendaran tersebut diawali kode daerah, seperti W = Gresik, L = Surabaya, AB = Yogyakarta, dan sebagainya.

Berikut ini contoh plat putih untuk masyarakat umum.

Plat putih mobil milik perorangan

Alasan Plat Motor Ganti Warna Putih

Awalnya, plat motor yang digunakan masyarakat umum Indonesia berwarna hitam. Namun, kepolisian telah mengganti warna plat motor menjadi putih.

Alasan penggantian plat motor warna putih adalah untuk meningkatkan penerapan program e Tilang (ETLE). Penggunaan plat putih pada motor bertujuan untukmengurangi tingkat kesalahan baca data kendaraan yang terekam pada kamera ETLE.

ETLE atau (Electronic Traffic Law Enforcement) merupakan penilangan pelanggaran lalu lintas yang dicatat secara elektronik menggunakan kamera. Oleh karena itu, penggunaan plat putih sangat diperlukan agar nomor plat terekam jelas oleh kamera ETLE.

Apabila tulisan plat nomor berwarna hitam, maka kamera ETLE tidak dapat membaca secara jelas nomor plat kendaraan dan membuat terjadinya kesalahan pembacaan kamera ETLE. Dikarenakan hal tersebut, maka pihak kepolisian mengganti warna plat motor menjadi putih.

Aturan Perubahan Plat Motor Putih

Penggantian plat motor putih tercantum dalam Peraturan Kepolisian No. 7 Tahun 2021 tentang Registrasi Kendaraan Bermotor.

Dalam peraturan tersebut tertulis bahwa plat nomor putih digunakan untuk kendaraan bermotor milik perorangan, Badan Hukum, PNA, dan Badan Internasional.

Kapan Waktu Ganti Plat Motor Putih?

Penerapan penggantian plat motor dari hitam ke plat putih sudah dilakukan sejak tahun 2022. Penggantian plat putih tersebut dilakukan secara bertahap.

Meskipun sekarang penggunaan plat putih telah berlaku, tetapi tidak semua kendaraan diwajibkan untuk segera melakukan perubahan. Hal ini dikarenakan, penggantian plat putih diprioritaskan untuk kendaraan yang plat nomornya sudah tidak berlaku lagi.

Berikut ini waktu motor atau mobil harus ganti plat nomor putih

  • Saat kendaraan ganti plat atau bayar pajak 5 tahunan
  • Pendaftaran kendaraan baru
  • Proses balik nama kendaraan

Dikarenakan waktu penggantian plat nomor putih yang berbeda, maka hal tersebut membuat penggantian plat nomor putih di Indonesia menjadi tidak serempak.

Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah, karena kendaraan dengan plat hitam atau plat putih keduanya sudah resmi untuk digunakan di jalan raya dengan fungsi yang sama.

Apabila motor atau mobil Anda masih menggunakan plat hitam, Anda tidak perlu ke Samsat untuk mengajukan penggantian plat nomor jadi putih. Silahkan tunggu hingga masa pembayaran pajak 5 tahunan, maka plat motor akan diganti menjadi putih.

Cara Ganti Plat Motor Menjadi Putih

Ketika sudah memasuki waktu ganti plat, silahkan lakukan pembayaran pajak 5 tahunan dan ganti plat. Jika proses pembayaran pajak 5 tahunan telah selesai, maka secara otomatis pihak Kantor Samsat akan memberikan plat nomor berwarna putih.

Berikut ini syarat dan cara mengganti plat motor menjadi warna putih.

Untuk melakukan pengganti warna plat jadi putih, saat pembayaran pajak 5 tahunan, ada beberapa berkas persyaratan yang perlu dipersiapkan, antara lain :

  • KTP pemilik kendaraan
  • STNK asli
  • BPKB asli
  • Bukti cek fisik kendaraan
  • Surat Kuasa bermaterai Rp. 10.000, jika proses dilakukan oleh orang lain

Jika persyaratan sudah lengkap, silahkan ikuti langkah berikut untuk ganti plat nomor putih.

  1. Datang ke Samsat Induk kendaraan Anda terdaftar
  2. Menuju ke bagian cek fisik Samsat untuk cek fisik
  3. Minta formulir pendaftaran cek fisik di Loket Cek Fisik
  4. Bawa kendaraan Anda dan formulir cek fisik ke petugas cek fisik kendaraan
  5. Setelah itu, serahkan berkas Anda ke Loket Pajak 5 Tahunan
  6. Tunggu petugas selesai memasukkan data
  7. Jika sudah, menuju ke Kasir untuk bayar biaya plat nomor dan pajak 5 tahunan
  8. Kemudian, tunggu STNK Anda selesai dicetak
  9. Jika STNK sudah jadi, ambil plat nomor putih yang baru di Loket TNKB

Biaya Ganti Plat Motor Putih

Menurut Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 2020 tentang Tarif dan Jenis PNBP Polri, biaya ganti plat motor putih adalah Rp. 60.000. Untuk ganti plat putih mobil biayanya sudah berbeda.

Penggantian plat nomor hitam ke plat nomor putih tidak dikenakan biaya tambahan. Untuk ukuran, ketebalan, dan bahan yang digunakan plat hitam dan putih juga sama saja.