Plat Nomor Variasi : Macam-macam, Harga, dan Resiko Tilang

Plat nomor variasi – Plat nomor merupakan salah satu identitas kendaraan bermotor. Mulai dari panjang, lebar, hingga ukuran tulisan sudah ditetapkan di dalam peraturan kepolisian. Meski begitu, ada beberapa orang yang memodifikasi plat nomor dengan tujuan untuk mempercantik plat.

Bolehkah modifikasi plat nomor? Modifikasi plat nomor boleh dilakukan asalkan tidak merubah ukuran plat, warna, bentuk tulisan, serta spesifikasi plat lainnya yang telah diatur di dalam peraturan kepolisian.

Hal tersebut dikarenakan plat berfungsi untuk identitas kendaraan dan mengandung informasi penting. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi kendaraan serta biaya pajak melalui plat nomor, silahkan gunakan Aplikasi Cek Pajak di bawah ini.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi tentang jenis modifikasi plat, biaya, serta resikonya, silahkan baca pembahasan berikut.

Daftar Isi : 

  • Macam – Macam Plat Nomor Variasi yang Dilarang Kepolisian
  • Harga Plat Nomor Variasi
  • Resiko Tilang Penggunaan Plat Nomor Variasi
  • Modifikasi Plat Nomor yang Diperbolehkan Kepolisian
  • Biaya Modifikasi Angka Plat Nomor Variasi Resmi
  • Cara Membuat Angka Plat Nomor Variasi Resmi

Macam – Macam Plat Nomor Variasi yang Dilarang Kepolisian

Ada beberapa macam plat nomor variasi yang tidak diperbolehkan oleh polisi. Jika ditemukan di jalan, maka pengendara bisa terkena tilang.

Berikut beberapa macam plat nomor variasi yang dilarang kepolisian.

Modifikasi huruf atau angka yang digeser sehingga membentuk nama atau kata

Plat nomor memiliki susunan kode wilayah (spasi) nomor registrasi (spasi) kode huruf belakang. Apabila modifikasi dilakukan dengan menggeser huruf atau angka plat, maka modifikasi tersebut tidak diperbolehkan.

Contoh plat modifikasi salah = B 4 6US

Contoh plat modifikasi benar = B 46 US 

Huruf diubah menjadi huruf digital

Plat nomor dari Samsat memiliki font khusus tersendiri. Font tersebut tidak bisa dirubah menjadi font yang tidak bisa terbaca dengan jelas, salah satunya font dengan huruf digital seperti jam digital.

Selain itu, perubahan huruf plat dengan huruf lainnya juga tidak diperbolehkan. Karena dapat menyebabkan plat nomor sulit terbaca.

Angka atau huruf plat nomor dicetak miring

Sama halnya dengan font digital, merubah huruf plat nomor menjadi miring juga tidak diperbolehkan. Karena bisa menyebabkan plat nomor sulit terbaca.

Plat nomor ditempeli stiker, logo, atau lambang instansi tidak resmi

Plat nomor kendaraan tidak boleh ditempeli stiker, logo, ataupun lambang instansi tidak resmi yang terbuat dari plastik, logam, atau kuningan. Karena bentuk plat yang dicetak dengan logo instansi pemerintah biasanya hanya boleh digunakan untuk kendaraan pejabat tertentu.

Modifikasi ukuran plat nomor yang tidak sesuai standar

Ukuran plat nomor kendaraan sudah disesuaikan dengan ukuran yang pas agar terlihat dari jauh serta mudah terdeteksi kamera ETLE. Sehingga, ukuran plat tidak boleh terlalu besar atau kecil.

Menyamarkan warna huruf dan angka sehingga sulit dibaca

Warna plat nomor harus tampak dengan jelas. Jika warna atau angka plat tidak jelas, maka akan sulit terbaca. Sehingga identifikasi kendaraan bermotor menjadi sulit.

Plat nomor itu sendiri harus memiliki angka yang jelas dan bisa dibaca kurang lebih 50 meter dari belakang.

Penggunaan penutup plastik mika yang membuat warna plat berubah

Pemasangan plat nomor tidak boleh dilapisi mika yang berwarna. Karena bisa membuat warna plat menjadi berubah atau tidak terlihat.

Harga Plat Nomor Variasi

Harga plat nomor variasi berkisar antara Rp. 50.000 – Rp. 275.000, tergantung jenis variasinya.

Plat nomor variasi biasa dijual dengan harga Rp. 50.000 – Rp. 150.000. Untuk plat nomor variasi yang dilengkapi lampu harganya sekitar Rp. 275.000. Sedangkan plat nomor variasi dilengkapi plastik dan frame biasanya dijual dengan harga Rp. 150.000 – Rp. 200.000.

Sekarang ini sudah banyak modifikasi plat nomor yang dilakukan masyarakat. Yang paling penting, jangan sampai modifikasi plat tersebut dilakukan hingga merubah spesifikasi plat yang sudah ditentukan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan plat nomor bawaan dari Samsat.

Berikut contoh plat variasi.

plat variasi yang dilarang

Sumber : Tokopedia

Resiko Tilang Penggunaan Plat Nomor Variasi

Berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009 pasal 280, pemasangan plat variasi yang tidak sesuai dengan ketetapan dari Kepolisian dikenakan denda paling banyak Rp. 500.000 atau pidana kurungan paling lama 2 bulan.

Untuk ketentuan plat nomor yang disarankan telah diatur dalam UU No. 2 Tahun 2009. Pada pasal 68 dijelaskan bahwa plat nomor yang dipasang di kendaraan harus memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan yang telah ditetapkan oleh kepolisian.

Plat nomor sesuai ketentuan berbentuk persegi panjang dan terbuat dari bahan alumunium. Ukuran standar plat itu sendiri adalah 45 mm untuk motor dan 70 mm untuk mobil.

Plat nomor tersebut dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan bermotor sesuai dengan tempat yang telah disediakan.

Modifikasi Plat Nomor yang Diperbolehkan Kepolisian

Kepolisian telah memiliki ketentuan sendiri tentang plat nomor. Menurut Peraturan Polri No. 7 Tahun 2021 pasal 45, plat nomor untuk kendaraan perseorangan dan badan hukum berwarna putih tulisan hitam.

Meskipun ketentuan warna plat nomor tidak bisa dirubah, namun masih ada beberapa jenis modifikasi plat nomor yang diperbolehkan. Karena modifikasi yang dilakukan ini tidak akan merubah bentuk huruf, model, ataupun ukuran plat.

Berikut beberapa modifikasi plat nomor agar tampilannya lebih menarik namun diperbolehkan oleh kepolisian.

Modifikasi dengan lampu LED di sekeliling plat

Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 tahun 2012 pasal 23, plat nomor boleh diberi lampu penerangan berwarna putih.

Lebih lanjut pada pasal 30 disebutkan bahwa pemberian lampu penerangan dipasang di plat bagian belakang agar dapat terbaca pada malam hari.

Modifikasi plat nomor dengan memasang plastik pelindung

Agar plat terlihat bagus dan tidak mudah bengkok, Anda bisa memasang plastik pelindung pada plat nomor tersebut. Namun, pemasangan plastik pelindung tidak boleh membuat angka hingga warna plat menjadi tidak terlihat.

Modifikasi cat ulang plat agar terlihat jelas

Untuk kendaraan perorangan milik pribadi, plat nomor tersebut berwarna hitam dengan tulisan putih. Anda bisa modifikasi warna plat tersebut dengan cara mengecat ulang dengan warna yang sama.

Anda bisa menggunakan warna hitam matte pada bagian platnya dan warna putih untuk bagian angkanya agar plat terlihat lebih bagus dan tulisannya lebih jelas.

Biaya Modifikasi Angka Plat Nomor Variasi Resmi dari Kepolisian

Bagi masyarakat yang ingin mengubah angka plat nomor, Anda bisa mengajukan plat nomor variasi di Samsat. Modifikasi angka plat nomor ini biasa disebut dengan pembuatan plat nomor cantik. Cara ini dilakukan secara resmi dan biayanya diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 2020.

Berikut ini biaya modifikasi angka plat nomor menurut Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 2020.

NRKB Pilihan untuk Kombinasi 1 Angka

Jenis PNBPSatuanBiaya
Tidak ada huruf di belakang angka (blank)Per penerbitanRp. 20.000.000
Ada huruf di belakang angkaPer penerbitanRp. 15.000.000

NRKB Pilihan untuk Kombinasi 2 Angka

Jenis PNBPSatuanBiaya
Tidak ada huruf di belakang angka (blank)Per penerbitanRp. 15.000.000
Ada huruf di belakang angkaPer penerbitanRp. 10.000.000

NRKB Pilihan untuk Kombinasi 3 Angka

Jenis PNBPSatuanBiaya
Tidak ada huruf di belakang angka (blank)Per penerbitanRp. 10.000.000
Ada huruf di belakang angkaPer penerbitanRp. 7.500.000

NRKB Pilihan untuk Kombinasi 4 Angka

Jenis PNBPSatuanBiaya
Tidak ada huruf di belakang angka (blank)Per penerbitanRp. 7.500.000
Ada huruf di belakang angkaPer penerbitanRp. 5.000.000

Cara Membuat Angka Plat Nomor Variasi Resmi

Untuk membuat plat nomor variasi atau plat nomor cantik, Anda perlu menyiapkan beberapa berkas persyaratannya terlebih dahulu.

Berikut syarat yang dibutuhkan untuk membuat plat nomor cantik.

  • KTP pemilik kendaraan
  • STNK asli
  • BPKB asli
  • Bukti cek fisik kendaraan dari Samsat

Setelah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, silahkan ikuti langkah – langkah berikut untuk membuat plat nomor cantik.

  1. Datang ke Samsat kendaraan Anda terdaftar.
  2. Lakukan cek fisik kendaraan di Lokasi Cek Fisik Kantor Samsat.
  3. Menuju ke bagian administrasi Samsat untuk penyerahan berkas.
  4. Isi formulir pengajuan plat nomor cantik.
  5. Tunggu petugas Samsat memeriksa ketersediaan plat nomor cantik.
  6. Setelah itu, lakukan pembayaran biaya NBP plat cantik di Kasir.
  7. Ambil STNK baru di bagian TNKB.
  8. Menuju ke bagian TNKB untuk cetak plat nomor baru.
  9. Ambil BPKB di Kantor Samsat pada tanggal yang ditentukan.