Kode Plat Nomor Kota Semarang

Info Kode Plat H : Semarang, Salatiga, Kendal, dan Demak

Plat H Daerah Mana?

Plat H adalah kode plat nomor kendaraan yang digunakan di wilayah Semarang, Salatiga, Kendal, dan Demak.

Advertisements

Plat nomor tersusun dari 3 kode bagian yang berisi informasi kendaraan, yaitu : kode huruf depan untuk menunjukkan wilayah, kode angka, dan kode huruf belakang untuk menunjukkan kota/kab asal kendaraan.

Penting: Apabila anda ingin mengetahui nama pemilik serta informasi kendaraan melalui plat nomor, anda dapat melakukannya dengan Aplikasi Cek Nomor yang bisa didownload melalui tombol berikut.

Advertisements

Untuk saat ini hanya 2-3 daerah saja yang menyediakan nama pemilik kendaraan, namun jika anda bisa memiliki nomor KTP pemilik kendaraan, anda bisa mengeceknya via tokped.

Daftar Isi :

  1. Cek Pajak dan Pemilik Plat Nomor
  2. Mengetahui Asal Kota Plat H Berdasarkan Huruf Belakang Plat Nomor.
  3. Plat H Semarang
  4. Plat H Salatiga
  5. Plat H Kendal
  6. Plat H Demak
  7. Tanya Jawab Seputar Plat H
  8. Sekilas Tentang Semarang

1. Cek Pajak dan Pemilik Plat Nomor H

Pengecekan biaya pajak, dan informasi kendaraan wilayah Semarang dan sekitarnya, bahkan seluruh wilayah Indonesia dapat menggunakan Aplikasi Cek Nomor.

Aplikasi ini akan memberikan informasi kendaraan secara akurat dan langsung, dikarenakan aplikasi ini terhubung dengan data Samsat 33 Provinsi di Indonesia.

Cek Plat Nomor

Aplikasi Cek Nomor bisa anda dapatkan melalui tombol “Download dan Install” berikut.

Advertisements

Tidak semua daerah membuka data pemilik kendaraan ya, namun jika anda memiliki nomor KTP pemilik anda bisa mengeceknya dengan aplikasi marketplace

2. Mengetahui Asal Kota Plat H Berdasarkan Huruf Belakang Plat Nomor

Pada plat nomor terdapat kode huruf depan dan kode huruf belakang. Kode huruf depan menunjukkan asal wilayah kendaraan, sedangkan kode huruf belakang menunjukkan kota/kab asal kendaraan.

Plat Nomor

Berikut kode huruf belakang wilayah Semarang. Jika anda sedang santai, silahkan anda bisa mencoba aplikasi cek data kendaraan ya.

Kota/KabHuruf BelakangContoh
Kota Semarang*A/*F/*G/*H/*P/*Q/*R/*S/*W/*X/*Y/*ZH 1234 BA
Kota Salatiga*B/*K/*O/*TH 1234 IK
Kab. Semarang*C/*I/*L/*VH 1234 PV
Kab. Kendal*D/*M/*UH 1234 AD
Kab. Demak*E/*J/*NH 1234 KN
Advertisements

3. Plat H Semarang

Plat nomor Semarang memiliki 2 kode, yaitu kode plat nomor Kota Semarang dan kode plat nomor Kab. Semarang. Perbedaan tersebut terletak pada huruf belakang plat nomor yang digunakan untuk menunjukkan Kota/Kab asal kendaraan.

Plat nomor Kota Semarang adalah plat nomor dengan ciri – ciri diawali huruf H, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf *A/*F/*G/*H/*P/*Q/*R/*S/*W/*X/*Y/*Z.

Berikut contoh kendaraan dengan plat nomor Kota Semarang.

Plat Kota Semarang
Kode Plat Nomor Kota Semarang

Plat nomor Kab. Semarang adalah plat nomor dengan ciri-ciri diawali huruf H, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf *B/*K/*O/*T.

Berikut contoh kendaraan dengan plat nomor Kab. Semarang.

Plat Kab Semarang
Kode Plat Kab Semarang

4. Plat H Salatiga

Plat nomor Kota Salatiga adalah plat nomor dengan ciri – ciri diawali huruf H, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf *C/*I/*L/*V.

Di bawah ini contoh kendaraan dengan plat nomor Kota Salatiga.

Plat Kota Salatiga
Kode Plat Kota Salatiga

5. Plat H Kendal

Plat nomor Kab. Kendal adalah plat nomor dengan ciri – ciri diawali huruf H, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf *D/*M/*U.

Di bawah ini contoh kendaraan dengan plat nomor Kab. Kendal.

Plat Kab. Kendal
Kode Plat H Kab. Kendal

6. Plat H Demak 

Plat nomor Kab. Demak adalah plat nomor dengan ciri – ciri diawali huruf H, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf *E/*J/*N.

Berikut contoh kendaraan dengan plat nomor Kab. Demak.

Plat Kab. Demak
Kode Plat H Kab Demak

7. Tanya Jawab Seputar Plat H

Bagaimana Cara Cek Plat “H”?

Cara pengecekan biaya pajak kedaraan plat “H” dapat dilakukan menggunakan Aplikasi Cek Nomor di bawah layar anda.

Aplikasi ini terhubung dengan e-samsat Indonesia, sehingga bukan hanya kendaraan plat “H” saja yang dapat melakukan pengecekkan tetapi semua kendaraan dengan plat nomor Indonesia.

Bagaimana Cara Cek Informasi Plat “H”?

Jika anda ingin mengecek informasi siapa pemilik kendaraan, serta total biaya pajak anda bisa menggunakan Aplikasi Cek Nomor.

Apakah perlu melakukan pergantian plat setiap 5 tahun sekali dilakukan secara rutin?

ya. sangat perlu. Hal ini dilakukan agar pajak kendaraan Anda dapat dinyatakan masih hidup. Pergantian plat H setiap 5 tahun itu dapat Anda urus di Samsat Semarang, Samsat Salatiga, Samsat Kendal, ataupun Samsat Demak (sesuai domisili kendaraan).

8. Sekilas Tentang Semarang

Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan pembagian wilayah. Kota Semarang dibagi menjadi 5 wilayah kota, yaitu Semarang Pusat/ Tengah, Semarang Utara, Semarang Timur, Semarang Selatan, dan Semarang Barat.

Pembagian wilayah di Semarang tersebut sama dengan sistem pembagian wilayah kota besar lainnya. Namun, adanya pembagian wilayah ini tidak digunakan untuk menetapkan batas administratif.

Sesuai dengan penjelasan di atas, maka penggunaan plat nomor H digunakan oleh kendaraan bermotor yang berasal dari 5 daerah di Jawa Tengah.

Selain mengetahui wilayah asal kendaraan plat nomor H, Anda juga dapat mengetahui jumlah kendaraan bermotor di daerah pengguna plat nomor H.

Beradsarkan informasi dari BPS Prov. Jawa Tengah, jumlah kendaraan bermotor tahun 2021 di Kota Semarang sebanyak 1.875.781 unit, Kab. Semarang 559.805 unit, Kota Salatiga 91.971 unit, Kab. Kendal 539.376, dan Kab. Demak 581.045 unit.

Jumlah kendaraan bermotor tersebut berjenis mobil penumpang, bus, truk, dan sepeda motor.

Tinggalkan komentar