Advertisements
banner iklan

Plat F : Bogor, Sukabumi Dan Cianjur

Kode Plat F berasal dari daerah mana? Plat F adalah kode plat nomor kendaraan yang berasal dari daerah Bogor, Sukabumi dan Cianjur.

Untuk mengetahui kota asal kendaraan, anda dapat melihat kode terakhir plat nomor kendaraan.

Penting: Apabila anda ingin mengetahui nama pemilik serta informasi terkait plat nomor kendaraan, anda bisa menggunakan Aplikasi Cek Plat Nomor yang bisa didownload di bawah ini.

Cara Cek Plat Bogor via SMS, kirim SMS dengan format Info<spasi>huruf depan plat/angka plat/huruf ahir plat<spasi>warna plat, Contoh : INFO F/3068/ABK Hitam, kirim ke 08112119211

Daftar Isi :

  1. Cek Pajak dan Pemilik Plat Nomor
  2. Mengetahui Asal Kota Berdasarkan Huruf Belakang Plat Nomor
  3. Plat F Bogor
  4. Plat F Sukabumi
  5. Plat F Cianjur
  6. Tanya Jawab Seputar Plat F
  7. Sekilas Tentang Wilayah Bogor

1. Cek Pajak Data Kendaraan Plat Nomor F

Apabila anda ingin mengetahui pajak kendaraan untuk wilayah Bandung, anda dapat menggunakan Aplikasi Cek Nomor.

Aplikasi ini terubung dengan data e-samsat di 33 provinsi seluruh Indonesia. Aplikasi ini dapat anda gunakan untuk mengecek biaya pajak serta data kendaraan. Berikut contoh pengecekan menggunakan Aplikasi Cek Nomor.

        Untuk mendapatkan aplikasi ini, silahkan download dan install pada tombol berikut.

2. Mengetahui Asal Kota Berdasarkan Huruf Belakang Plat Nomor

Plat F adalah kode plat yang dimiliki oleh kendaraan berasal dari wilayah Bogor dan sekitarnya. Untuk mengetahui asal kota/kabupaten kendaraan secara pasti dengan cara melihat kode huruf terakhir dari plat nomor.

Berikut kode huruf belakang wilayah Bogor. Jika anda sedang santai anda bisa download aplikasi Cek Data Kendaraan juga.

Kota/KabupatenHuruf BelakangContoh
Kota BogorA/B/C/D/EF 1234 AL
Kota SukabumiS/TF 1234 S
Kab. BogorF/G/H/I/J/K/L/M/N/O/P/RF 1234 GA
Kab. CianjurW/X/Y/ZF 1234 WU
Kab. SukabumiQ/U/VF 1234 VI
Advertisements

Untuk mempermudah anda kami juga menyertakan contoh di bawah ini berdasarkan kendaraan asli mobil dan motor.

3. Plat F Bogor

Plat wilayah Bogor ada 2, yaitu Kota Bogor, dan Kab. Bogor, dimana keduanya memiliki kode awal yang sama, tetapi memiliki perbedaan pada huruf belakangnya.

Plat Kota Bogor memiliki ciri – ciri diawali huruf “F”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf “A/B/C/D/E”. Berikut contoh plat kendaraan berasal dari Kota Bogor.

Kode Plat Kota Bogor
Kode Plat Mobil Kota Bogor

Sedangkan, Plat Kab. Bogor memiliki ciri – ciri diawali huruf “F”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf “F/G/H/I/J/K/L/M/N/O/P/R”. Berikut contoh plat kendaraan asal Kab. Bogor.

Kode Plat Kab Bogor
Kode Plat Motor Kab Bogor

4. Plat F Sukabumi

Wilayah Sukabumi memiliki 2 plat, yaitu Kota Sukabumi, dan Kab. Sukabumi. Dimana keduanya memiliki huruf depan yang sama, tetapi memiliki huruf belakang yang berbeda.

Plat Kota Sukabumi memiliki ciri – ciri diawali huruf “F”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf “S/T”. Di bawah ini contoh plat kendaraan Kota Sukabumi.

Kode Plat Kota Sukabumi
Kode Plat Mobil Kota Sukabumi

Sedangkan, Plat Kab. Sukabumi memiliki ciri – ciri diawali huruf “F”, diikuti huruf, dan diakhiri salah satu huruf “Q/U/V”. Di bawah ini contoh plat kendaraan Kab. Sukabumi.

Kode Plat Kab Sukabumi
Kode Plat Kab Sukabumi

5. Plat F Cianjur

Plat Kab. Cianjur memiliki ciri- ciri diawali huruf “F”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf “W/X/Y/Z”.  Berikut contoh plat kendaraan  asal daerah Kab. Cianjur.

Kode Plat Kab Cianjur
Kode Plat Mobil Kab Cianjur

6. Tanya Jawab Seputar Plat F

Bagaimana Cara Cek Pajak Plat F?

Jika anda ingin mengecek biaya pajak kendaraan kode plat “F”, atau wilayah Bogor anda bisa menggunakan Aplikasi Cek Plat kendaraan yang ada di bawah layar anda.

Aplikasi ini terhubung dengan e-samsat seluruh Indonesia, sehingga tidak terbatas wilayah Bogor.

Bagaimana Cara Cek Informasi Plat F?

Apabila anda ingin mengecek informmasi jumlah bayar pajak, siapa pemilik kendaraan, dan alamat pemilik kendaraan anda bisa mencoba Aplikasi Cek Plat kendaraan.

Apakah plat nomor kendaraan harus dilakukan secara berkala?

Ya. Seluruh plat endaraan harus dilakukan pergantian secara berkala setiap 5 tahun sekali. Untuk mengurus pergantian plat F, Anda dapat langsung mengunjungi Samsat Bogor, Samsat Sukabumi, dan Samsat Cianjur Pusat (sesuai dengan domisili kendaraan).

7. Sekilas Tentang Wilayah Bogor

Sebelumnya Kabupaten Sukabumi termasuk dalam eks karesidenan Priangan Barat, kemudian pindah masuk ke dalam eks karesidenan Bogor. Hal tersebutlah yang membuat Kota dan Kabupaten Sukabumi memiliki plat nomor kendaraan F sebagai huruf pertama.

Lokasi Kota Bogor berada dikelilingi oleh Kabupaten Bogor. Sedangkan, Kabupaten Bogor terletak berbatasan dengan wilayah – wilayah berikut.

  • Barat    : Kab. Lebak
  • Timur   : Kab. Cianjur, Kab. Purwakarta, dan Kab. Karawang
  • Utara    : Kab. Tangerang, Kota/ Kab. Bekasi, Kota Depok, dan Kota Tangerang Selatan
  • Selatan                : Kab Cianjur, dan Kab. Sukabumi.

Menurut data Pemerintah Prov. Jawa Barat tahun 2021, jumlah kendaraan bermotor di Kota Bogor 462.030 unit, Kab. Bogor (Cibinong) 1.641.604 unit, Kota Sukabumi 118.932 unit, Kab. Sukabumi I (Cibadak) 365.780 unit, Kab. Sukabumi II (Pelabuhan Ratu) 162.101 unit, dan Kab. Cianjur 465.238 unit.

Tinggalkan komentar