Rahasia Kode Plat E : Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan

Plat E berasal dari daerah mana? Plat E adalah kode plat yang digunakan oleh kendaraan berasal dari daerah Cirebon yang meliputi Cirebon, Kab. Indramayu, Kab. Kuningan, dan Kab Majalengka.

Advertisements

Untuk mengetahui kota asal kendaraan, anda dapat melihat dari kode huruf terakhir plat nomor.

Penting: Apabila anda ingin mengetahui nama pemilik serta informasi plat nomor kendaran anda bisa menggunakan Aplikasi Cek Plat Nomor yang bisa di download di bawah ini.

Cara Cek plat Cirebon melalui SMS, kirim sms dengan format Info<spasi>huruf depan plat/angka plat/huruf ahir plat<spasi>warna plat, Contoh : INFO E/3068/US Hitam, kirim ke 08112119211

Daftar Isi :

  1. Cek Pajak dan Pemilik Plat Nomor
  2. Mengetahui Asal Kota Berdasarkan Huruf Belakang Plat Nomor
  3. Contoh Plat E Cirebon
  4. Contoh Plat E Kab. Indramayu
  5. Contoh Plat E Kab. Kuningan
  6. Contoh Plat E Kab. Majalengka
  7. Tanya Jawab Seputar Plat Nomor E
  8. Sekilas Tentang Wilayah Cirebon

1. Cek Pajak dan Pemilik Plat Nomor

Jika anda ingin mengetahui pajak kendaraan untuk wilayah Cirebon, anda bisa menggunakan Aplikasi Cek Plat Nomor.

Aplikasi ini terhubung dengan Samsat di 33 provinsi di seluruh Indonesia, anda bisa mengecek pajak kendaraan, dan pemilik kendaraan bermotor menggunakan aplikasi ini. Berikut contoh pengecekan menggunakan Aplikasi Cek Plat Nomor.

cek plat

Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan download dan install berikut ini.

2. Mengetahui Asal Kota Berdasarkan Huruf Belakang Plat Nomor

Plat E adalah penanda kode plat yang dimiliki sebuah kendaraan berasal dari wilayah Cirebon, Tetapi untuk mengetahui secara pasti asal kota kendaraan anda bisa meliat dari huruf terakhir plat nomor.

Berikut daftar huruf belakang Plat E wilayah Cirebon.

Kota/KabupatenHuruf BelakangContoh
Kota CirebonA//B/C/D/E/F/GE 1234 FI
Kab. CirebonH/I/J/K/L/M/N/OE 1234 M
Kab. IndramayuP/Q/R/S/TE 1234 R
Kab. KuninganY/ZE 1234 YI
Kab. MajalengkaU/V/W/XE 1234 US

3. Contoh Plat E Cirebon

Plat kendaraan wilayah Cirebon ada 2, yaitu Kota Cirebon, dan Kab. Cirebon yang memiliki kode huruf pertama sama, tetapi memiliki huruf belakang yang berbeda.

Plat wilayah Kota Cirebon memiliki ciri – ciri diawali dengan huruf “E”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf A/B/C/D/E/F/G. Berikut contoh plat mobil Sienta berasal dari Kota Cirebon.

Kode Plat Kota Cirebon
Kode Plat Mobil Kota Cirebon

Plat wilayah Kab. Cirebon memiliki ciri – ciri diawali huruf “E”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf H/I/J/K/L/M/N/O. Berikut contoh plat mobil Suzuki Swift berasal dari Kab. Cirebon.

Kode Plat Kab Cirebon
Kode Plat Mobil Kab Cirebon

4. Contoh Plat E Kab. Indramayu

Plat wilayah Kab. Indramayu memiliki ciri – ciri dengan diawali huruf “E”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf P/Q/R/S/T. Berikut contoh plat mobil APV Kab. Indramayu.

Kode Plat Kab Indramayu
Kode Plat Kab Indramayu

5. Contoh Plat E Kab. Kuningan

Plat wilayah Kab. Kuningan memiliki ciri – ciri dengan diawali huruf “E”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf “Y/Z”. Berikut contoh plat mobil HR-V berasal dari Kab. Kuningan.

Kode Plat Kab Kuningan
Kode Plat Mobil Kab Kuningan

6. Contoh Plat E Kab. Majalengka

Plat wilayah Kab. Majalengka memiliki ciri – ciri dengan diawali huruf  “E”, diikuti angka, dan diakhiri salah satu huruf U/V/W/X. Berikut contoh plat mobil Xenia Kab. Majalengka.

Kode Plat Kab Majalengka
Kode Plat Mobil Kab Majalengka

7. Tanya Jawab Seputar Plat Nomor E

  1. Bagaimana Cara Cek Pajak Plat E?

Apabila anda ingin mengecek pajak kendaraan kode plat E, atau wilayah Cirebon, anda bisa menggunakan Aplikasi Cek Plat kendaraan yang ada di bawah layar anda.

Aplikasi ini terhubung dengan e-samsat seluruh Indonesia, jadi tidak hanya wilayah Cirebon.

  • Bagaimana Cara Cek Informasi Plat E?

Jika anda ingin mengecek informasi jumlah bayar pajak, siapa pemilik kendaraan, dan alamat pemilik kendaraan, anda bisa mencoba Aplikasi Cek Plat kendaraan.

  • Dimanakah pergantian plat E dilakukan?

Pergantian plat kendaraan berkode E hanya dapat Anda lakukan di samsat utama. Anda dapat pergi ke Samsat Cirebon, Samsat Indramayu, Samsat Majalengka, dan Samsat Kuningan.

8. Sekilas Tentang Wilayah Cirebon

Kota Cirebon merupakan salah satu wilayah yang berada di bagian timur pantai utara Provinsi Jawa Barat.

Lokasi Kabupaten Cirebon berada di utara Kabupaten Indramayu, sebelah selatan Kabupaten Kuningan, sebelah barat laut Kabupaten Majalengka, sebelah timur Kotamadya Cirebon. dan Kabupaten Brebes.

Berdasarkan data dari Pemerintah Kota Cirebon, diketahui bahwa jumlah kendaraan bermotor di Kota Cirebon tahun 2019 terdapat bus 429 unit, mobil penumpang 32.513 unit, truk 14.131 unit, dan sepeda motor 142,362 unit.

Untuk data dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2021 diketahui bahwa kendaraan bermotor di Kota Cirebon sebanyak 173.087 unit, Kabupaten Cirebon I (Sumber) 485.393 unit, dan Kab. Cirebon II (Ciledug) 242.851 unit.

Dengan adanya informasi kode plat nomor Cirebon di atas, Anda dapat mengetahui dengan mudah asal kota atau kabupaten kendaraan bermotor Cirebon.

Tinggalkan komentar