Info Kode Plat A : Banten, Tangerang, Serang, Cilegon, Pandeglang, Lebak

Plat A – Plat A berasal dari daerah mana? Plat A adalah kode plat untuk Provinsi Banten yang mencakup wilayah Cilegon, Serang, Pandeglang, Lebak, dan Tangerang.

Penting: Jika ingin mengetahui data kendaraan atau informasi terkait plat nomor kode A, Anda bisa menggunakan Aplikasi Cek Plat Banten. Untuk download aplikasinya, silahkan klik tombol di bawah ini.

Kode plat A digunakan untuk kendaraan di sebagian wilayah Provinsi Banten. Untuk wilayah Banten yang masuk ke dalam cakupan Polda Metro Jaya seperti Depok, Bekasi, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan menggunakan kode plat B.

Kendaraan plat A paling banyak ada di Kab. Tangerang, yaitu mencapai 784.505 unit. Jumlah kendaraan ini hampir dua kali lipat dari jumlah kendaraan plat A di Kota Serang, yaitu 310.978 unit.

Banyaknya jumlah kendaraan plat A di Banten dipengaruhi oleh jumlah penduduknya.

Jumlah kendaraan plat A di Kab. Tangerang paling banyak dibandingkan daerah Banten lainnya disebabkan karena banyaknya penduduk di sana.

Apalagi banyak pabrik industri besar di Tangerang, sehingga banyak orang pendatang dari luar daerah yang bekerja di sana. Dengan begitu, banyak juga masyarakat yang melakukan mutasi ke Tangerang.

Perbedaan kendaraan plat A dari setiap wilayah di Provinsi Banten bisa dilihat dari kode huruf belakangnya. Untuk mengetahui informasi lengkap plat A dan kode huruf belakangnya, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar isi : 

  • Cek Informasi Plat Nomor A Online
  • Mengetahui Asal Kota Berdasarkan Huruf belakang Plat A
  • Contoh Plat Nomor A Serang
  • Contoh Plat Nomor A Tangerang
  • Contoh Plat Nomor A Cilegon
  • Contoh Plat Nomor A Pandeglang 
  • Contoh Plat Nomor A Lebak
  • Ketentuan Warna Plat A
  • Aturan Nomor Registrasi Kendaraan Plat A
  • Tanya Jawab Seputar Plat A

Cek Informasi Plat Nomor A Online

Anda bisa melakukan cek informasi plat nomor A secara online menggunakan Aplikasi Cek Plat Banten.

Aplikasi Cek Plat Kendaraan ini menampilkan informasi kendaraan plat A, meliputi : merek kendaraan, model, tahun pembuatan, biaya pajak, denda pajak, SWDKLLJ, denda SWDKLLJ, tanggal pembayaran pajak, serta urutan kepemilikan kendaraan.

Berikut ini adalah contoh hasil cek data kendaraan dari Aplikasi Cek Plat Kendaraan.

cek plat a via aplikasi sambat

Cara cek plat nomor A via Aplikasi Cek Plat Kendaraan cukup mudah. Anda tinggal pilih menu Info PKB yang ada pada halaman utama. Kemudian masukkan plat nomor kendaraan kode A. Nanti akan muncul informasi plat A serta biaya pajaknya.

Untuk melakukan cek plat nomor A seperti gambar di atas, silahkan download aplikasinya di bawah ini.

Mengetahui Asal Kota Berdasarkan Huruf Belakang Plat A

Plat A adalah penanda bahwa sebuah mobil atau motor tersebut berasal dari wilayah Banten.

Lingkup wilayah plat A telah diatur dalam Peraturan Kepolisian No. 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Huruf depan plat kendaraan Provinsi Banten dibagi menjadi dua, yaitu Plat A dan Plat B dengan pembagian wilayah yang berbeda. Namun pada artikel ini akan dibahas plat nomor Banten khusus plat A.

Pada plat nomor A terdapat kode huruf belakang yang menunjukkan asal kota atau kabupaten kendaraan.

Berikut kode huruf belakang Plat A di Banten sesuai wilayahnya.

KotaHuruf BelakangContoh
Tangerang KabupatenV/W/X/Y/ZA 1234 WT
LebakP/R/S/TA 1234 PU
PandeglangJ/K/L/M/NA 1234 JL
Serang KabupatenE/F/G/H/IA 1234 F
Serang KotaA/B/C/DA 1234 AL
CilegonO/UA 1234 OE

Nb : Wilayah Provinsi Banten di luar daerah di atas menggunakan kode plat B karena masuk wilayah hukum Provinsi DKI Jakarta. Untuk mengeceknya, silahkan gunakan Aplikasi Cek Pajak Online.

Plat A Serang

Plat A Serang ada 2 yaitu plat Kota Serang dan Kabupaten Serang, di mana keduanya memiliki kode plat belakang yang berbeda. Namun keduanya memiliki kode huruf plat depan yang sama, yaitu kode plat A. 

Plat kendaraan Kota Serang diawali huruf A dan diakhiri dengan salah satu huruf A/B/C/D. Sedangkan plat Kabupaten Serang diawali huruf A dan diakhiri dengan salah satu huruf E/F/G/H/I.

Berikut ini contoh mobil plat A Kota Serang.

C:\Users\AQIL\Downloads\plat serang kota.jpg
Kode Plat Mobil Kota Serang

Contoh di atas adalah mobil Innova dengan plat nomor A 1132 BK. Pada plat nomor tersebut berawalan A yang berarti berasal dari provinsi Banten dan huruf akhir BK di mana B berarti dari “Kota Serang”.

Untuk penggantian plat nomor A Serang dilakukan di Samsat Serang Kota atau Kabupaten. Silahkan sesuaikan dengan domisili kendaraan Anda.

Plat A Tangerang

Ciri-ciri plat A Tangerang Kabupaten adalah plat yang dimulai dengan huruf A, kemudian diikuti angka registrasi di tengah, dan berakhiran salah satu huruf V/W/X/Y/Z.

Untuk Kota Tangerang tidak menggunakan plat A, melainkan menggunakan plat B. Aturan plat ini sesuai dengan Peraturan Kepolisian No. 7 Tahun 2021.

Berikut adalah contoh plat mobil A yang berasal dari Tangerang. 

C:\Users\AQIL\Downloads\plat tangerang.jpg
Kode Plat Mobil Tangerang

Contoh di atas adalah plat nomor mobil Ertiga A 1492 YN, di mana huruf A = Banten, dan Y berarti dari Kab. Tangerang.

Untuk pengurusan plat nomor A Tangerang Kabupaten dilakukan di Samsat Tangerang. Bagi Anda yang ingin melakukan ganti plat nomor Tangerang, balik nama, ataupun mutasi Tangerang, silahkan langsung menuju ke Samsat Tangerang.

Plat A Cilegon

Plat A wilayah Cilegon memiliki ciri – ciri dimulai dengan huruf A, diikuti angka registrasi kendaraan, dan berakhiran dengan salah satu huruf O atau U.

Untuk pendaftaran plat nomor A Cilegon atau proses penggantian plat dilakukan di Kantor Samsat Cilegon. Untuk proses ganti plat A dilakukan setiap 5 tahun sekali.

Berikut adalah contoh plat nomor A yang berasal dari Cilegon

Kode Plat Cilegon
Kode Plat Mobil Cilegon

Plat A Pandeglang

Plat A wilayah Pandeglang memiliki ciri dimulai dengan huruf A, diikuti angka di tengah, dan diakhiri salah satu huruf J/K/L/M/N

Apabila Anda ingin pindah domisili ke Pandeglang, silahkan urus proses mutasi masuk dan ganti plat A Pandeglang di Samsat Pandeglang. Tujuan mutasi ke Pandeglang dilakukan agar proses pembayaran pajak kendaraan mudah.

Di bawah ini adalah contoh plat A dari wilayah Pandeglang.

Kode Plat Padeglang
Kode Plat Mobil Pandeglang

Plat A Lebak

Plat nomor kendaraan Lebak berawal huruf A, kemudian nomor registrasi kendaraan, dan kode belakang salah satu huruf P/R/S/T.

Berikut contoh gambar plat nomor A yang berasal dari lebak Banten. 

Kode Plat Lebak Banten
Kode Plat Lebak Banten

Ketentuan Warna Plat A

Aturan warna plat A terdapat dalam Peraturan Kepolisian No. 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident Ranmor).

Pada peraturan tersebut tertulis bahwa pemberian warna plat A sesuai dengan jenis kendaraannya. Sehingga, akan ada perbedaan warna plat A untuk kendaraan perorangan, umum, atau instansi pemerintah.

Berikut aturan warna plat nomor A sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Warna Plat KendaraanJenis Kendaraan
Plat putih tulisan hitamKendaraan milik perorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan kendaraan Badan Internasional
Plat kuning tulisan hitamKendaraan umum (angkutan umum)
Plat merah tulisan putihKendaraan instansi pemerintah
Plat hitam garis biruKendaraan listrik milik pribadi yang ditentukan oleh kepolisian

Aturan Nomor Registrasi Kendaraan Plat A

Selain warna plat, pemberian nomor registrasi kendaraan pada plat A juga disesuaikan dengan jenis kendaraannya. Nomor registrasi ini terletak di tengah, setelah kode huruf plat A.

Berikut ini pemberian nomor urut registrasi kendaraan pada plat A sesuai jenisnya.

Nomor Urut RegistrasiJenis Kendaraan
1 s.d 1999Mobil Penumpang
2000 s.d 6999Sepeda Motor
7000 s.d. 7999Mobil Bus
8000 s.d. 8999Mobil Barang
9000 s.d. 9999Kendaraan Khusus

Tanya Jawab Seputar Plat Nomor A

Bagaimana cara cek pajak plat A?

Cara cek pajak plat A dapat dilakukan menggunakan Aplikasi Cek Plat Kendaraan. Anda tinggal masukkan plat nomor, maka biaya pajak mobil atau motor plat A akan muncul.

Bisakah plat A digunakan di daerah luar Banten?

Kendaraan plat A bisa digunakan untuk berkendara di luar daerah Banten. Namun untuk pengurusan pajak kendaraan (terutama pajak 5 tahunan) wajib dilakukan di Samsat Banten sesuai domisili kendaraan.