Info Kode Plat A : Banten, Tangerang, Serang, Cilegon, Pandeglang, Lebak

Plat A berasal dari daerah mana? Plat A adalah kode plat untuk wilayah Provinsi Banten yang mencakup : Cilegon, Serang, Pandeglang, Lebak dan Tangerang.

Advertisements

Sedangkan untuk mengetahui kota kendaraan, apakah kendaraan tersebut berasal dari Tangerang atau Serang atau kota lain, anda bisa melihatnya dari kode huruf di ahir plat nomornya. Daftarnya ada dibawah. 

Penting: Jika anda ingin mengetahui nama pemilik kendaraan, atau informasi terkait plat nomor kendaraan anda bisa menggunakan aplikasi cek plat nomor yang bisa anda download dibawah ini.

Daftar isi : 

  • Cek Pajak dan Pemilik Plat Nomor
  • Mengetahui Kota Berdasarkan Huruf belakang Plat Nomor
  • Contoh Plat Nomor A Serang
  • Contoh Plat Nomor A Tangerang
  • Contoh Plat Nomor A Cilegon
  • Contoh Plat Nomor A Pandeglang 
  • Contoh Plat Nomor A Lebak
  • Sekilas Tentang Wilayah Banten

1. Cek Pajak Dan Pemilik Plat Nomor

Jika anda ingin mengetahui pajak kendaraan anda untuk wilayah Banten, anda bisa menggunakan aplikasi cek Plat nomor kendaraan. 

Aplikasi ini terhubung dengan Samsat di 33 provinsi di seluruh indonesia, anda bisa mengecek pajak anda dan pemilik kendaraan bermotor menggunakan aplikasi ini. Berikut ini adalah contoh Pengecekan menggunakan aplikasi cek plat nomor

Cek Plat

Untuk menggunakan aplikasi ini silahkan download dan instal berikut ini

2. Mengetahui Kota Berdasarkan Huruf Belakang Plat Nomor

Plat A adalah penanda bahwa sebuah mobil atau motor adalah berasal dari wilayah Banten, namun karena Banten itu luas, anda bisa mengetahui kota kendaraan tersebu berasal dengan melihat huruf belakangnya. Berikut ini adalah daftar huruf belakang Plat A Banten

KotaHuruf BelakangContoh
TangerangW/X/Y/ZA 1234 WT
LebakP/R/S/TA 1234 PU
PadeglangJ/K/L/M/NA 1234 JL
Serang Kab.E/F/G/H/IA 1234 F
Serang KotaA/B/C/DA 1234 AL
CilegonO/U/VA 1234 OE

Untuk memudahkan anda, kami juga menyertakan Contoh-contohnya dibawah ini, berdasarkan kendaraan asli, mobil dan motor. 

3. Plat Serang

Plat Serang ada 2, yaitu kota Serang dan kabupaten Serang, dimana keduanya memiliki kode plat belakang yang berbeda, namun keduanya memiliki kode huruf plat depan yang sama, yaitu kode plat A. 

Plat kendaraan “kota Serang” diawali dengan huruf A dan diahiri dengan salah satu huruf A/B/C/D. Sedangkan plat “Kabupaten Serang” diawali dengan huruf A dan diahiri dengan salah satu huruf E/F/G/H/I.

Kota Serang adalah ibukota Banten, dengan populasi 687.881 jiwa. Serang sendiri adalah sebuah kotamadya yang memiliki kota dan kabupaten yang pemerintahanya terpisah. Lokasinya sendiri ada di bagian paling utara banten, mepet dengan laut jawa.

Berikut ini adalah contoh plat mobil dan plat motor Serang. 

C:\Users\AQIL\Downloads\plat serang kota.jpg
Kode Plat Mobil Kota Serang

Contoh diatas adalah mobil innova dengan plat nomor A 1132 BK, awalan A berarti berasal dari provinsi banten, dan Huruf ahir BK dimana B berarti dari “Kota Serang”

4. Plat Tangerang

Ciri-ciri plat Tangerang adalah dimulai dengan huruf A kemudian di ikuti angka dan diahiri dengan Salah satu huruf W/X/Y/Z.

Tangerang adalah kota yang memiliki poulasi penduduk yang cukup padat, yaitu diatas 2.200.000 jiwa, yang mana kendaraan nya juga sangat banyak, jumlah mobil pribadi ada lebih dari 109.000 dan motor ada lebih dari 630.000 (data 2019)

Berikut ini adalah contoh plat motor dan mobil yang berasal dari Tangerang. 

C:\Users\AQIL\Downloads\plat tangerang.jpg
Kode Plat Mobil Tangerang

Contoh diatas adalah plat nomor mobil ertiga A 1492 YN, A = banten, dan Y berarti dari tangerang

Jika anda ingin mengecek pajak kendaraan Tangerang, silahkan menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan online ya, anda bisa menggunakan ini untuk mengecek pajak kendaraan di 33 provinsi di seluruh indonesia. 

5. Plat Cilegon

Plat Wilayah cilegon memiliki ciri dimulai denga huruf A, diikuti dengan angka dan diahiri dengan salah satu huruf O/U/V.

Berikut adalah contoh plat kendaraan yang berasal dariCilegon

Kode Plat Cilegon
Kode Plat Mobil Cilegon

6. Plat Padeglang

Plat wilayah Padeglang memiliki ciri dimulai dengan huruf A diikuti angka dan diahiri dengan salah satu huruf J/K/L/M/N

Dibawah ini adalah contoh plat dari wilayah Padeglang

Kode Plat Padeglang
Kode Plat Mobil Padeglang

7. Plat Lebak

Plat nomor kendaraan lebak memiliki ciri dimulai dengan huruf awal A, diikuti dengan angka dan diahiri dengan salah satu huruf P/R/S/T.

Berikut contoh gambar plat nomor yang berasal dari lebak Banten. 

Kode Plat Lebak Banten
Kode Plat Lebak Banten

Itulah Penjelasan tentang plat nomor kendaraan dengan kode plat A yang berasal dari wilayah Banten meliputi Cilegon, Serang, padeglang, lebak dan Tangerang. 

Tanya Jawab Seputar Plat Nomor A

1. Bagaimana Cara Cek Pajak Plat A?

Jika anda ingin mengecek pajak kendaraan dengan kode plat A, atau wilayah Banten, anda bisa menggunakan aplikasi cek plat kendaraan yang ada dibawah layar anda. 

Aplikasi ini terhubung dengan e-samsat seluruh indonesia, jadi tidak terbatas hanya di wilayah Banten saja. 

2. Bagaimana Cara Cek Informasi Plat A?

Jika anda ingin mengecek informasi baik pajaknya berapa, siapa pemilik kendaraan, dan juga alamat pemilik kendaraan, anda bisa mencoba aplikasi cek plat kendaraan. 

Sekilas Tentang Wilayah Banten

Banten merupakan sebuah provinsi yang memiliki ibukota Serang. Wilayah Banten terdiri dari 4 Kota dan 4 Kabupaten. Wilayah Kota Banten meliputi Cilegon, Serang, Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Sedangkan, Kabupaten Banten meliputi Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Tangerang.

Berdasarkan data yang kami peroleh dari Korlantas Polri diketahui jumlah mobil penumpang tahun 2020 adalah 789.232 unit, truk 177.563 unit, bus 2.451 unit, dan sepeda motor 4.145.180 unit. Sedangkan, data 2022 saat ini belum diupdate.

Kendaraan bermotor tersebut berasal dari wilayah kota atau kabupaten di Banten. Untuk itu, adanya kode huruf belakang pada plat nomor dapat mempermudah mengetahui asal kendaraan secara detail.

Tinggalkan komentar