Cara Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Secara Online

Cara Pindah BPJS Kesehatan  Perusahaan Ke Mandiri Online
Advertisements

Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Online – BPJS menjadi salah satu jaminan kesehatan yang diberikan oleh perusahaan. Untuk pembayaran iuran BPJS karyawan perusahaan dibayar oleh perusahaan. Jika karyawan keluar dari perusahaan, maka BPJS perusahaan harus dipindah menjadi BPJS mandiri.

Bagaimana cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online? Cara pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online adalah menggunakan aplikasi JKN Mobile.

Untuk informasi selengkapnya tentang pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online, silahkan Anda baca pembahasan di bawah ini.

  • Pindah Status BPJS Perusahaan ke Mandiri Online Via Aplikasi
  • Syarat Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Secara Online
  • Cara Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Secara Online
  • Berapa Lama Proses Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri?

Pindah Status BPJS Perusahaan ke Mandiri Online Via Aplikasi

Sekarang ini ada cara mudah yang bisa dilakukan bagi peserta BPJS yang ingin mengubah status BPJS perusahaan menjadi BPJS mandiri. Caranya menggunakan aplikasi BPJS.

Selain pindah status BPJS, aplikasi tersebut juga memiliki beberapa fitur seperti cek status BPJS, cek tagihan BPJS, serta pendaftaran BPJS online.

Advertisements

Untuk pindah status BPJS perusahaan ke mandiri via aplikasi, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Syarat Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Secara Online

Persyaratan yang dibutuhkan untuk pindah BPJS perusahaan ke mandiri secara online adalah sebagai berikut:

  • Kartu BPJS Kesehatan dalam kondisi Nonaktif
  • Nomor rekening yang masih aktif
  • Nomor Kartu BPJS

Cara Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Secara Online

Untuk merubah status BPJS perusahaan ke mandiri, status BPJS tersebut harus dalam kondisi Non Aktif atau Non Aktif di akhir bulan. Jika status BPJS masih aktif, maka perubahan status tidak bisa dilakukan.

Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Melalui JKN Mobile

Advertisements

Berikut ini cara pindah BPJS kesehatan perusahaan ke mandiri online melalui aplikasi JKN.

  1. Download dan buka aplikasi JKN Mobile di HP Anda

    Pertama, silahkan Anda download aplikasi JKN mobile melalui playstore atau appstore. Setelah terdownload silahkan buka aplikasi JKN tersebut.

  2. Login akun JKN

    Setelah itu, silahkan login terlebih dahulu akun JKN yang pernah Anda daftarkan. Jika belum pernah membuat akun, silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan memasukkan NIK, nama, dank ode captcha.

  3. Klik Menu Lainnya > Perubahan Data Peserta

    Setelah berhasil login maka tampilan yang muncul berupa beberapa menu JKN. Silahkan Anda klik Menu Lainnya, kemudian pilih Perubahan Data Peserta.

  4. Klik Segmen Peserta

    Setelah itu, akan muncul data BPJS Anda. Untuk merubah status BPJS perusahaan ke mandiri, silahkan pilih menu Segmen Peserta.
    Kemudian, akan muncul data Segmen peserta Saat ini adalah Pegawai Swasta dan Segmen Peserta Tujuan adalah Pekerja Mandiri. Jika data sudah benar, klik Selanjutnya.

  5. Pilih metode pembayaran auto debit yang diinginkan

    Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk memilih Pembayaran Auto Debit sesuai bank yang Anda inginkan. Untuk pilihan bank yang tersedia adalah Mandiri, BRI, BTN, BCA. Sedangkan pilihan Non Bank yang tersedia adalah Finpay, Kartu debit/kredit, dan i.saku.

  6. Masukkan nomor Kartu BPJS dan nomor rekening

    Jika metode pembayaran Anda pilih bank, silahkan masukkan nomor Kartu BPJS, Nama, nomor rekening, serta nomor handphone Anda.

  7. Masukkan kode verifikasi Auto debit

    Jika sudah, Anda akan menerima kode verifikasi yang dikirim ke HP Anda. Kemudian masukkan kode verifikasi tersebut ke kotak yang tersedia.
    Setelah berhasil, maka BPJS Anda akan dibayar secara auto debet setiap bulannya sesuai dengan nomor rekening yang telah didaftarkan.

Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Via Pandawa

Selain menggunakan aplikasi JKN, Anda juga bisa mengurus perubahan jenis peserta BPJS perusahaan ke mandiri melalui Layanan Pandawa. Layanan Pandawa tersebut merupakan layanan BPJS via whatsapp dengan nomor 08118165165.

Advertisements

Anda cukup kirim pesan ke nomor Layanan Pandawa, nanti pesan Anda akan dibalas yang isinya link untuk pengajuan perubahan data.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk pindah BPJS perusahaan ke Mandiri melalui Pandawa antara lain:

  • Scan Kartu Keluarga
  • Scan rekening tabungan.

Berapa Lama Proses Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri?

Waktu yang dibutuhkan untuk merubah status BPJS Perusahaan ke Mandiri kurang lebih 3 hari kerja. Setelah itu status kepesertaan BPJS akan berubah menjadi Mandiri.