Advertisements

Perbedaan Mio Sporty Dengan Mio Smile dan Kelebihan Nya

Perbedaab Mio Sporty dan Smile – Yamaha Mio pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 dan diberi nama Mio Sporty. Kemudian pada tahun 2008 Yamaha menerbikan New Yamaha Mio (Mio Smile) yang merupakan penerus Mio Sporty, dengan tampilan yang lebih segar.

Lantas apa perbedaan antara Mio Sporty dan Mio Smile? Perbedaan Mio Sporty dan Mio Smile adalah pada bentuk lampu senja (kota) pada Mio Smile yang menyatu pada sein seperti membentuk senyuman (smile) sedangkan mio senja lampu seinnya terpisah.

untuk mengetahui perbedaan Mio Sporty dan Mio Smile lebih lanjut, anda bisa menyimak artikel berikut.

Daftar Isi :

  • Perbedaan Mio Sporty dan Mio Smile
  • Spesifikasi Mio Sporty dan Mio Smilea
  • Kelebihan dan Kekurangan Mio Sporty dan Mio Smile
Advertisements

Perbedaan Mio Sporty Dan Mio Smiles

Yamaha Mio Smile merupakan pembaruan atau facelift dari Mio Sporty generasi pertama (2003-2008). Mio Smile sendiri memiliki spesifikasi mesin dan desain yang sama dengan Mio Sporty. Perbedaan yang paling terlihat adalah pada bentuk lampu senja dan desain striping.

Berikut ini adalah detail perbedaan Mio Sporty dan Mio Smile yang disajikan dalam bentuk tabel :

PerbedaanMio SportyMio Smile
Lampu Senja (Kota)TerpisahLampu senja menyatu dengan sein membentuk seperti senyuman (smile)
Sitem pengapianAC-CDIDC-CDI
Soket CDICDI tipe 5TLCDI tipe 28D
Jenis VelgMio Sporty versi velg jari-jari (spoke)Mio Sporty versi velg cast wheel (CW)Velg cast wheel
BeratMio Sporty (Spoke)  94 kgMio Sporty (CW) 92 kg92 kg

Sedangkan dari segi mesin dan performa Mio Sporty dan Mio Smile memiliki spesifikasi yang sama .

Advertisements

Spesifikasi Mio Sporty dan Mio Smile

Berikut ini adalah ulasan dari spesifikasi Yamaha Mio Sporty dan Mio Smile

Mesin

Sebagai mana penjelasan sebelumnya, bahwa tidak ada perbedaan spesifikasi antara Mio Sporty dan Mio Smile, kedua tipe motor tersebut menggunakan tipe mesin 4 langka SOHC 2-kelp disertai dengan pendingin udara.

Motor ini memiliki mesin dengan volume silinder 115 cc, daya makasimum 8,9 PS pada 8000 rpm dan torsi maksimum 7,84 Nm pada 7000 rpm yang membuat motor Mio bertenaga dan nyaman saat digunakan berkendara.

Dimensi

Mio Sporty dan Mio Smile memiliki dimensi panjang 1.820 mm lebar 675 mm dan tinggi 1.050 mm, dengan jarak antar sumbu roda 1.240 mm, jarak terendah ke tanah 125 mm dan tinggi temoat duduk 745 mm.

Mio Sporty versi velg CW dan Smile memiliki berat yang sama yaitu 92 kg. Sedangkan untuk berat Mio Sporty versi velg spoke wheel adalah 94 kg.

Konsumsi bensin

Dari segi bahan bakar, sistem suplai bahan bakar Mio Sporty dan Smile masih menggunakan sistem karburator Sehingga konsumsi bensin Mio Sporty dan Smile tergolong lebih boros dibandingkan dengan motor matik lain seusianya yang menggunakan sistem injeksi. Kedua motor Mio ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 3,7 liter.

Desain Dan Warna

Sedangkan dari segi desain, secara garis besar desain bentuk Mio Sporty dan Smile tidak jauh beda. Perbedaan terbesar hanya pada bagian lampu senja Mio Smile yang terhubung dengan lampu sein yang membentuk smile serta desain grafis striping body motor yang berbeda.

Kelebihan Dan Kekurangan Mio Sporty Dan Mio Smile

meskipBerikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan motor Motor Mio Sporty dan Mio Smile

Advertisements

Kelebihan Mio Sporty dan Mio Smile

Berdasarkan spesifikasi mesin Mio, dengan kapasitas mesin 115 cc dan performa mesin yang dihasilkan, Mio merupakan motor yang cukup betenaga, bahkan saat digunakan di medan jalan yang cukup berat seperti Medan menajak dan menurun.

Sedangkan dari segi dimensi, Mio Sporty dan Mio Smile tergolong motor yang cukup ringan dan berdimensi cukup kecil, sehingga ideal digunakan pengendara wanita ataupun pengendara yang memiliki postur tubuh kecil. Selain itu mio juga terasa cukup nyaman dan mudah saat digunakan untuk bermanuver di jalanan.

Kekurangan Mio Sporty Dan Mio Smile

Kekurangan motor motor Mio Sporty dan Mio Smile adalah konsumsi bensin yang lebih boros dan belum ramah lingkungan. Hal ini karena Mio Sporty dan Mio Smile belum didukung oleh sistem injeksi bahan bakar. dan standar emisi gas buang masih menggunakan euro 2 belum menggukan euro 3.

Kekurangan selanjutnya adalah kapasitas tangki yang cukup kecil yaitu 3,7 liter, sehingga Mio Sporty dan Mio Smile kurang nyaman untuk digunakan bepergian jarak jauh.