Perbedaan Lexi dengan Lexi S : Performa dan Mesin

Perbedaan Lexi dan Lexi S – Motor Lexi merupakan produk skuter matic Yamaha yang cukup diminati. Yamaha Lexi memiliki beberapa varian untuk dipasarkan,  yaitu Lexi, Lexi S, dan Lexi S ABS. Untuk mengetahui perbedaan Lexi dan Lexi S, silahkan simak artikel di bawah ini.

Advertisements

Apa bedanya Lexi standar dan Lexi s? Perbedaan Lexi dan Lexi S adalah terletak di beberapa bagian, antara lain bobot, kunci, pilihan warna, desain jok, warna velg, dan harga.

Daftar Isi :

  • Perbedaan Lexi dan Lexi S
  • Mesin Lexi dan Lexi S
  • Kelebihan Motor Yamaha Lexi
  • Kekurangan Motor Yamaha Lexi
Advertisements

Perbedaan Lexi dan Lexi S

Yamaha Lexi tanpa “S” merupakan varian standar, sedangkan Lexi S memiliki fitur yang lebih lengkap, sehingga terdapat beberapa perbedaan antara keduanya.

Di bawah ini merupakan perbedaan antara Lexi dan Lexi S.

PerbedaanLexiLexi S
Suspensi BelakangDilengkapi shock tabung
Bobot112 Kg113 Kg
Desain JokBiasaLuxury
Kunci KontakAdvance Key System (AKS) dengan anak kunciSmart Keyless System (SKS) tanpa anak kunci
WarnaMatte Red, Matte Grey, dan WhiteMatte Blue, Bronze, dan Matte Grey
Warna VelgHitamEmas
Harga± Rp. 21.360.000± Rp. 24.340.000 – Rp. 26.960.000

Perlu diketahui bahwa Lexi S memiliki varian lain yang bernama Lexi S ABS. Yamaha Lexi S ABS merupakan varian tertinggi dari motor Lexi yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 26.960.000.

Namun, beda antara Lexi S dan Lexi S ABS hanya terletak pada sistem pengeremannya, dimana rem depan Lexi S ABS telah dilengkapi ABS (Anti-Lock Bracking System). Dengan adanya sistem ABS pada rem depan membuat sistem pengereman menjadi lebih pakem, dan tetap stabil saat terjadi rem mendadak.

Mesin Lexi dan Lexi S

Advertisements

Jika dilihat dari tabel di atas, tidak ada perbedaan pada bagian mesin Lexi dan Lexi S. Kedua tipe motor tersebut menggunakan tipe mesin yang sama, yaitu 4-stroke, SOHC kapasitas 124,7 cc, dan dilengkapi teknologi VVA (Variable Valve Actuation).

Dengan adanya teknologi VVA pada Lexi dapat membuat tarikan motor lebih bertenaga dan suara starter motor menjadi halus.

Kelebihan Motor Yamaha Lexi

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki motor Lexi.

Ukuran dimensi besar

Yamaha Lexi standar dan Lexi S memiliki dimensi yang sama, yaitu 1.970 x 720 x 1.135 mm (panjang x lebar x tinggi). Dengan ukuran dimensi yang cukup besar membuat motor Lexi lebih mantap saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Dilengkapi teknologi VVA

Seperti yang telah disebutkan di atas, mesin Lexi telah dilengkapi teknologi VVA yang akan aktif setelah 6000 RPM. Dengan adanya teknologi tersebut akan memberikan dampak positif, seperti tenaga yang dihasilkan motor lebih besar, dan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Dilengkapi beberapa fitur lengkap lampu LED, panel digital, lampu hazard dan Stop Start System (SSS)

Tidak hanya memiliki keunggulan pada bagian mesin, Yamaha Lexi dibekali beberapa fitur yang cukup lengkap, antara lain lampu LED, lampu hazard, electric power socket dan Stop Start System (SSS).

Stop Start System merupakan teknologi untuk menghemat BBM sengaja disematkan pada motor yang berfungsi secara otomatis menyalakan dan mematikan mesin saat kondisi tidak bergerak / idling.

Kekurangan Motor Yamaha Lexi

Advertisements

Di samping kelebihan, Yamaha Lexi juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain :

Rem belakang motor Lexi masih berupa tromol

Meskipun pada bagian rem depan tipe Lexi tertentu terlalu dilengkapi ABS, tetapi rem belakang masih menggunakan tromol. Perlu diketahui bahwa, akibat dari penggunaan rem tromol saat permukaan kampas kotor dapat menimbulkan decitan suara yang dapat menggangu kenyamanan berkendara.

Ukuran jok tinggi

Berdasarkan informasi yang telah diperoleh, tinggi jok Lexi mencapai 785 mm, dan ukuran tersebut lebih tinggi, jika dibandingkan dengan produk Yamaha lainnya, seperti Nmax, dan Mio S. Dengan ukuran jok yang tinggi tersebut,

Kapasitas tangki bensin kecil

Yamaa Lexi memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 4,2 liter. Ukuran tersebut tergolong kecil, jika dibandingkan dengan rivalnya yaitu Vario 125 (5,5 liter).