7 Perbedaan Beat CBS dan Beat CBS ISS

Perbedaan Beat CBS dan CBS ISS – Honda Beat merupakan jenis motor skuter matik (skutik) dengan kapasitas mesin 110 cc yang lincah dan banyak digemari masyarakat indonesia. skutik ini hadir dalam dua tipe yaitu CBS dan CBS-ISS.

Advertisements

Lantas apa perbedaan Beat CBS dan Beat CBS-ISS? Perbedaan Beat CBS dan Beat CBS-ISS adalah terletak pada teknologi sistem ISS (idling stop sistem) yang dimiliki oleh Beat CBS-ISS. Sistem ini akan memperirit bensin Beat CBS ISS dibandingkan dengan Beat CBS.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan Honda Beat CBS dan CBS-ISS, anda bisa mengikuti artikel berikut ini.

Daftar isi :

  • Perbedaan Beat CBS dan Beat CBS-ISS
  • Pengertian sistem CBS dan CBS-ISS pada Honda Beat
  • Spesifikasi Honda Beat CBS dan CBS-ISS
Advertisements

Perbedaan Beat CBS dan Beat CBS-ISS

Secara garis besar perbedaan Beat CBS dan CBS ISS terletak pada sistem ISS yang hanya dimiliki Beat CBS-ISS dan desain eksteriornya, sedangkan dari segi performa tipe, daya, dan kapasitas mesin semuanya sama.

berikut ini adalah ulasan perbedaan antara Honda Beat CBS dan Honda Beat CBS-ISS yang disajikan dalam bentuk tabel :

PerbedaanBeat CBSBeat CBS-ISS
Idling stop systemAda
Power chargerAda
Tipe Baterai (Aki)Beat MF 12V – 3AhBeat MF 12V – 5Ah
Kompartemen bagian kananKompartemen terbuka di sisi kiri dan kananKompartemen kanan tertutup seperti laci, dan berisi power charger.
Desain stripingDesain strip lebih berwarna serta desain penulisan Beat yang lebih mencolokDesain strip lebih sederhana dengan tonjolan garis warna motor.
Deluxe series tidak memiliki desain stripe dan hanya menonjolkan tulisan beat yang timbul
Pilihan WarnaFunk red black
Techno blue black
Dance white black
Hard rock black
Elektro matte blue
Garage matte black
Deluxe silver
Deluxe blue
Deluxe brown
Deluxe balck
HargaRp. 17.620.000CBS-ISS Rp. 18.326.000
CBS-ISS (Deluxe Series) Rp. 18.472.000
Advertisements

Pengertian CBS dan ISS pada Honda Beat

CBS adalah singkatan dari Combi Brake System atau kombinasi sistem pengereman yaitu menggabung pengereman bagian depan dan belakang. pada sitem CBS saat pengendara menekan tuas rem bagian kiri tidak hanya rem belakang yang bekerja namun rem depan juga mengerem.

Sedangkan ISS adalah Idling Stop System yang merupakan sistem yang akan menghentikan mesin motor jika berhenti lebih dari 3 detik, dan mesin akan otomatis hidup kembali ketika menarik gas tanpa harus menekan tombol starter. Sistem ini diklain dapat menghemat konsumsi bensin.

Pada motor Honda CBS-ISS dilengkapi dengan tombol on/off untuk mengaktifan atau menonaktifkan fitur ISS. Letak tombol ISS berada pada tuas kanan tepat disamping tarikan gas dengan tulisan Idling pada tombol

Spesifikasi Honda Beat CBS dan CBS-ISS

Berikut ini adalah ulasan mengenai spesifikasi Honda Beat CBS dan CBS-ISS :

Advertisements

Mesin

Honda beat CBS dan CBS-ISS dibekali dengan kapasitas mesin 100 cc, 4-langkah SHOC dengan pendinginan udara. Sehingga memiliki laju yang lincah serta cocok digunakan dijalanan yang ramai seperti perkotaan.

Dimensi

Honda Beat CBS dan CBS-ISS memiliki panjang 1.877 mm lebar 669 mm dan tinggi 1.074 mm dengan tinggi tempat duduk 740 mm dan jarak terendah ke tanah (ground clearance) sebesar 147 mm. Serta bobot kendaraan 89 kg untuk Beat CBS dan 90 kg untuk Beat CBS-ISS

Konsumsi Bahan Bakar

Dari segi bahan bakar Honda Beat CBS dan CBS-ISS dibekali teknologi ESP (enhanced smart power) yang berfungsi menambah efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi bahan bakar, dengan sistem suplai bahan bakar PGF-Fi (fuel injection) dan kapasitas tangki 4,2 liter.

Untuk konsumsi bahan bakar, Honda mengklaim bahwa Honda Beat merupakan motor yang irit dengan konsumsi bahan bakar 60,6 km/liter.

Desain dan Warna

Dari segi desain Honda beat CBS dan CBS-ISS memiliki bentuk desain yang sama, beda Beat CBS dan CBS-ISS hanya pada desain striping pada ekterior motor dan pilihan warna.

Honda Beat CBS memiliki pilihat warna dan desain striping yang lebih mencolok, sedangkan Honda Beat CBS-ISS hadir dalam desain striping dan warna matte yang lebih sederhana. Selain itu Beat CBS-ISS mempunyai Deluxe series dengan tampilan yang elegan dan mewah tanpa adanya desain striping pada bodi motor.