Prosedur Perawatan Saluran Akar Gigi Dengan BPJS, Mudah

perawatan saluran akar gigi bpjs
Advertisements

Perawatan Saluran Akar Gigi BPJS – BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan pada layanan kesehatan gigi, jadi bagi anda yang akan melakukan perawatan gigi salah satunya perawatan saluran akar gigi tidak perlu takut akan biayanya yang mahal.

Sebelum Anda perawatan gigi, ada baiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa daftar dokter gigi terdekat. Anda bisa mengeceknya dengan menekan tombol berikut ini.

Dalam aplikasi cek dokter gigi tersebut, terdapat juga layanan cek nomor BPJS online dan bayar BPJS online

Berikut ini kami sajikan informasi seputar prosedur perawatan saluran akar gigi BPJS

Daftar Isi :

  • Daftar Layanan Kesehatan Gigi yang Dicover BPJS
  • Syarat Perawatan Saluran Akar Gigi BPJS
  • Prosedur Perawatan Saluran Akar Gigi BPJS

Daftar Layanan Kesehatan Gigi yang Dicover BPJS

Daftar layanan Kesehatan gigi yang ditanggung BPJS mengacu pada Peraturan BPJS Nomor 1 Tahun 2014 pasal 52 ayat 1 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan, berikut daftarnya :

Advertisements
  • Administrasi perawatan
  • Konsultasi medis, pemeriksaan dan pengobatan gigi
  • Premedikasi
  • Kegawaratdaruratan oro-dental
  • Pencabutan gigi sulung dengan anestesi topikal dan infiltrasi
  • Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit
  • Penambalan gigi
  • Obat setelah tindakan cabut gigi
  • Pembersihan karang (scaling gigi)

Bagi anda yang giginya berlubang dan memerlukan perawatan akar gigi, layanan tersebut juga masuk dalam layanan BPJS. anda bisa mendapatkan layanan perawat di Faskes tingkat pertama yang anda pilih jika status BPJS aktif.

Syarat Perawatan Saluran Akar Gigi BPJS

Sebelum melakukan perawatan saluran akar gigi dengan BPJS, anda perlu menyiapkan dokumen persyaratan berikut ini :

  • KTP atau pengenal lain KK, KIA atau SIM
  • Kartu JKN KIS / BPJS Kesehatan

Jika anda ingin melakukan perawatan akar gigi, anda bisa mendaftarkan antrian faskes BPJS melalui aplikasi Mobile JKN, silahkan klik tombol dibawah ini untuk mendownload aplikasi :

Advertisements

Prosedur Perawatan Saluran Akar Gigi BPJS

Prosedur pelayanan perawatan saluran akar gigi BPJS dilakukan di Faskes tingkat pertama yang tercantum pada kartu BPJS anda. berikut prosedurnya :

  1. Siapkan dokumen persyaratan

    Pertama silahkan siapkan dokumen persyaratan yaitu Kartu BPJS Kesehatan (JKN KIS) dan  kartu identitas KTP atau identitas lainnya, jika pasien masih dibawah umur silahkan bawa KK atau KIA.

  2. Kunjungi Faskes tingkat pertama

    Selanjutnya silahkan kunjungi Puskesmas atau dokter gigi sesuai yang tercantum dalam Faskes tingkat pertama Faskes anda. pastikan anda sudah membawa kartu BPJS dan KTP anda.

  3. Ambil nomor antrian

    Sesampainya di lokasi silahkan ambil nomor antrian dan tunggu sampai giliran nomor antrian anda dipanggil

  4. Lakukan pendaftaran di loket pendaftaran

    Selanjutnya lakukan pendaftaran di loket pendaftaran dengan menyerahkan Kartu BPJS kepada petugas. Petugas akan memeriksa kepesertaan BPJS dan keabsahan data BPJS anda serta melakukan pendaftaran. Selanjutnya petugas akan mengarahkan anda ke poli gigi.

  5. Menuju Poli gigi untuk pemeriksaan dan tindakan

    Selanjutnya silahkan menuju poli gigi, tunggu sampai nama anda dipanggil untuk masuk. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan, dan memberikan tindakan.

  6. Proses perawatan saluran akar

    Perawatan saluran akar dimulai dari membersihkan gigi yang berlubang di saluran akar. Saluran akar dibersihkan dengan alat khusus sampai ujung akar sehingga saraf gigi dan pembuluh non vital dapat terambil beserta bakteri yang menginfeksi di sekitarnya.

  7. Proses penambalan gigi

    Setelah gejala hilang dan saluran akar telah bersih, tahap selanjutnya adalah pengisian bahan pengganti saraf gigi agar bakteri tidak masuk lagi ke dalam akar gigi. Kemudian gigi akan diperbaiki dengan tambalan atau pembuatan mahkota gigi baru.
     Selama proses perawatan akar gigi, pemberian obat di dalam gigi dapat dilakukan berulang sesuai tingkat keparahan penyakit dan gejala gigi

  8. Tanda tangani dan terima bukti pelayanan

    Setelah proses selesai, anda akan diberikan tanda bukti layanan pelayanan, tanda tangani bukti tersebut, kemudian terima dan simpan bukti pelayanan.
    Untuk menjaga agar tambalan dapat menempel dengan baik, hindari mengunyah di daerah gigi yang menjalani perawatan. Sekira 90 persen pasien yang menjalani perawatan saluran akar gigi menglami kesembuhan dan terhindar dari infeksi hingga 8 – 10 tahun.