Advertisements

Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan Sulawesi Selatan (Desember 2022)

Pemutihan Sulawesi Selatan ~ Program pemutihan biasanya dilakukan setiap tahun oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Program tersebut bertujuan untuk meringankan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Kapan pemutihan pajak kendaraan Sulawesi Selatan 2022?

Jadwal pemutihan pajak kendaraan 2022 di Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah mulai 13 Juni – 31 Desember 2022. Namun, hanya berlaku untuk kendaraan umum angkutan orang atas nama pribadi.

Daftar Isi :

Advertisements

Program Pemutihan Pajak Motor & Mobil Sulawesi Selatan 2022

Pada program pemutihan pajak kendaraan Sulawesi Selatan 2022, Bapenda Sulsel memberikan keringanan berupa pembebasan denda pajak untuk pemilik kendaraan umum atau angkot atas nama pribadi.

Sedangkan, untuk kendaraan plat hitam tidak berhak mendapatkan insetif tersebut.

Jadwal Pemutihan Sulawesi Selatan 2022

Saat ini masyarakat dapat dengan mudah mengetahui jadwal pemutihan di Sulawesi Selatan dengan mengakses secara online menggunakan Aplikasi Cek Pajak.

Kapan pelaksanaan program pemutihan pajak kendaraan Sulawesi Selatan 2022?

Jadwal pelaksanaan program pemutihan pajak kendaraan Sulawesi Selatan 2022 adalah 13 Juni – 31 Desember 2022.

Namun, perlu diingat bahwa insentif pembebasan denda pajak pada program pemutihan Sulawesi Selatan 2022, hanya berlaku untuk kendaraan umum angkutan orang yang terdaftar atas nama pribadi.

Advertisements

Lokasi Pemutihan Kendaraan Sulawesi Selatan

Lokasi pemabayaran pada pemutihan pajak kendaraan setiap tahunnya terdapat di kantor Samsat Sulawesi Selatan. Anda juga bisa membayarkan melalui Samsat Keliling dan Samsat Coner di daerah anda.

Namun, untuk pembayaran pajak 5 tahunan melalui program pemutihan, Anda hanya dapat melakukannya di samsat sesuai dengan domisili kendaraan tersebut terdaftar.

Syarat Program Pemutihan Sulawesi Selatan

Tentu ada syarat pemutihan motor maupun mobil yang harus Anda siapka untuk ikut pemutihan. Syarat-syarat yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • KTP asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi

Jika anda hendak mengikuti pemutihan pajak tahunan maka anda cukup membawa BPKB asli saja, tetapi jika anda hendak melakukan pemutihan 5 tahunan maka anda wajib membawa BPKB asli dan fotokopi.

Cara Membayar Pajak Saat Pemutihan Sulawesi Selatan

Terdapat alur yang perlu anda tempuh jika mengikuti pemutihan pajak kendaraan untuk pembayaran pajak tahunan dan 5 tahunan di Sulawesi Selatan. Berikut langkah-langkahnya:

Prosedur Pembayaran Pajak Tahunan

  1. Anda harus menyiapkan persyaratan wajib untuk mengikuti program pemutihan pajak kendaraan di Sulawesi Selatan, kemudian anda harus mendatangi kantor Samsat. Dapat juga melalui Samsat Keliling dan E-Samsat.
  2. Setelah anda sampai di samsat, anda dapat menuju ke bagain administrasi, untuk melakaukan pendaftaran dan pengisian formulir
  3. Jika sudah selesai mengisi formulir, anda akan diminta untiuk menyerahkan dokumen syarat yang sudah anda persiapakan
  4. Tunggulah hingga nama anda dipanggil, dokumen anda dalam tahap pemrosesan
  5. Jika nama anda sudah dipanggil maka proses sudah selesai, anda akan diberikan sebuah berkas yang berisi total pajak tahunan yang harus anda bayarakan
  6. Kemudian anda harus menuju ke loket kasir untuk melakukan pembayaran sesuai dengan nominal pada berkas yang anda bawa
  7. Jika sudah melakukan pembayaran, anda akan diberikan bukti bayar dari petugas. Kemudian anda akan diarahkan ke bagian penyerahan STNK
  8. Anda menuju ke bagian penyerahan STNK dengan memberikan bukti pembayaran anda. Kemudian tunggulah hingga nama anda dipanggil dan anda akan diberikan STNK anda yang baru
Advertisements

Prosedur Pembayaran Pajak 5 Tahunan

  1. Persiapkan dokumen persyaratan wajib untuk mengikuti program pemutihan pajak di Sulawesi Selatan
  2. Anda harus menuju ke samsat Sulawesi Selatan, sesui dengan nama kendaraan anda terdaftar.
  3. Setelah anda sampai di kantor samsat, lakukan pengecekan fisik kendaraan anda di lokasi cek fisik sudah di sediakan oleh petugas.
  4. Jika anda sudah mendapatkan hasil cek fisik kendaraan dari petugas, maka anda harus melakukan pengesahan ke bagian pengesahan hasil cek fisik kendaraan.
  5. Anda akan diberikan surat pengesahan hasil cek fisik kendaraan anda ole petugas, kemudian anda harus menuju ke bagian administrasi untuk mengisi formulur pendaftaran setra pengecekan kelengkapan berkas untuk di ferivikasi oleh petugas
  6. Tunggulah nama anda dipanggil petugas, berkas anda masih diproses oleh petugas.
  7. Jika nama anda sudah dipanggil, maka anda akan diberikan sebuah berkas yang berisi jumlah pajak yang harus anda bayarkan yaitu meliputi pembayaran PKB, STNK, SWDKLLJ dan BPKB
  8. Anda akan diarahkan petugas ke loket pembayaran, untuk membayarkan pajak 5 tahunan anda sesui jmlah yang ada pada berkas yang anda bawa
  9. Petugas akan memanggil anda dan diberikan bukti bayar pajak dari petugas. Selanjutnya anda menuju ke bagian penyerahan STNK dengan membawa bukti bayar pajak anda
  10. Setelah mendapatkan STNK baru, selannjutnya anda harus menuju kebagian TNBK untuk mengambil plat nomor.

Biaya Pajak Kendaraan Saat Pemutihan Sulawesi Selatan

Berikut merupakan rincian tarif pajak kendaraan mobil maupun motor melalui program pemutihan di Sulawesi Selatan:

Tarif Pajak Motor

DokumenTarif Motor
Penerbitan STNK baruRp. 100.000
Penerbitan TNKBRp. 60.000
SWDKLLJRp. 35.000
PKB1% dari NJKB
Denda terlambat membayar pajak0
Denda SWDKLLJRp. 32.000

Tarif Pajak Mobil

DokumenTarif Mobil
Penerbitan STNK baruRp. 200.000
Penerbitan TNKBRp. 100.000
SWDKLLJRp. 143.000
PKB1% dari NJKB
Denda terlambat membayar pajak0
Denda SWDKLLJRp. 100.000

Keterangan : Insentif berupa pembebasan denda pajak hanya berlaku pada kendaraan umum angkutan orang yang terdaftar atas nama pribadi.