Cara Cek dan Bayar PBB Denpasar Online : Mudah & Aman

PBB Denpasar – Pembayaran PBB (Pajak Bumi Bnagunan) harus dilakukan setiap 1 tahun sekali. Pengecekan dan pembayaran PBB Denpasar dapat dilakukan dengan beberapa cara. Untuk mengetahui cara bayar, serta cek tagihan PBB Denpasar, silahkan simak artikel berikut.

Advertisements

Berapa biaya PBB Denpasar? Biaya PBB Denpasar adalah 0,1% × (NJOP – NJOPTKP), untuk jumlah NJOP kurang dari 1 Milyar. Sedangkan, NJOP lebih dari 1 Milyar, maka tagihan PBB sebesar 0,2% × (NJOP – NJOPTKP).

Daftar Isi :

  • Informasi Seputar PBB Denpasar
  • Cara Cek Tagihan PBB Denpasar Online
  • Cara Cetak E-SPPT PBB Denpasar Online
  • Cara Bayar PBB Denpasar Online Via Mobile Banking
  • Cara Bayar PBB Denpasar Secara Offline
  • Kapan PBB Denpasar Harus Dibayar?
Advertisements

Informasi Seputar PBB Denpasar

Salah satu faktor yang mempengaruhi besar tagihan PBB Denpasar yaitu NJOP (Nilai Jual Objek Pajak). NJOP memiliki sifat yang berubah – ubah yang ditentukan berdasarkan harga rata – rata jual beli secara wajar, serta kawasan.

Kota Denpasar terbagi menjadi 4 kecamatan, yaitu Denpasar Barat, Denpasar Utara, Denpasar Timur, dan Denpasar Selatan yang tentunya memiliki wilayah Kelurahan serta Desa dengan NJOP yang bervariasi.

Berdasarkan perkiraan, properti (tanah dan bangunan) di Kec. Denpasar Barat terutama di kawasan perumahan elit, seperti Royal Aditya Residence dan Grand Marlboro Townhouse memiliki harga yang cukup mahal.

Tidak hanya di kawasan tersebut, beberapa kawasan lain di Denpasar juga memiliki harga yang tinggi, salah satunya di kawasan Sanur, Kec. Denpasar Selatan.

Selain dekat dengan area wisata, wilayah ini memiliki lokasi strategis yang berada dekat dengan akses Jalan By Pas Ngurah Rai, sehingga lebih menuju Bandara Ngurah Rai.

Namun, perlu diketahui bahwa besar tagihan PBB Denpasar juga ditentukan NJOPTKP. Seperti yang tercantum dalam Perda No. 04 Tahun 2012, besar biaya NJOPTKP di Denpasar yaitu Rp. 15.000.000.

Cara Cek Tagihan PBB Denpasar Online

Sebelum melakukan pembayaran tagihan PBB Denpasar, Anda dapat mengecek berapa biaya PBB Denpasar yang harus dibayarkan secara online via Aplikasi I-PBB Denpasar.

Berikut cara cek tagihan pajak PBB Denpasar melalui I-PBB Denpasar.

  1. Download dan install Aplikasi I-PBB Denpasar
  2. Silahkan daftar akun dengan menginputkan NIK, alamat email, dan nomor Hp.
  3. Kemudian, silahkan login kembali I-PBB Denpasar
  4. Kemudian, tekan tombol menu
  5. Pilih menu I-SPPT
  6. Isikan nomor NOP sebanyak 18 karakter
  7. Pilih tahun awal dan tahun akhir
  8. Tekan tombol Lihat Tunggakan
  9. Kemudian, akan tertampil jumlah tagihan PBB Denpasar.

Cara Cetak E-SPPT PBB Denpasar Online

Advertisements

Untuk pencetakan E SPPT PBB Denpasar, saat ini belum dapat dilakukan secara online melalui Aplikasi Pagi Denpasar dan I PBB Denpasar.

Namun, bagi wajib pajak Denpasar yang hendak mencetak SPPT secara online dapat menghubungi call center Bapenda Kota Denpasar.

Berikut langkah – langkah cetak E-SPPT PBB Denpasar.

  1. Hubungi call center Bapenda Denpasar Kota
  2. Sampaikan pesan, jika ingin mencetak SPPT
  3. Kirimkan alamat e-mail, NOP, dan KTP
  4. Petugas akan mengirim E-SPPT PBB Denpasar
  5. Cetak lampiran E-SPPT PBB pada kertas HVS.

Keterangan : Hal hanya berlaku bagi wajib pajak yang telah terdaftar.

Cara Bayar PBB Denpasar Online Via Klik Indomaret

Berikut cara bayar PBB Denpasar secara online via Klik Indomaret.

  1. Silahkan buka website atau download aplikasi Klik Indomaret

    Pembayaran PBB Denpasar melalui klik indomaret, dan wajib pajak harus mengetahui NOP. Untuk mengetahui nomor NOP, Anda dapat melihatnya pada lembar SPPT yang terletak di bagian kiri atas.

  2. Pilih menu Pajak Bumi Bangunan > PBB Denpasar

    Tuliskan nomor NOP dengan benar dan pilih tahun tagihan pembayaran. Setelah itu, silahkan tekan tombol Bayar.

  3. Kemudian, muncul total tagihan PBB yang harus dibayarkan

    Pada laman pembayaran akan muncul nominal PBB yang harus dibayarkan. Untuk memilih metode pembayaran, silahkan tekan tombol Lanjutkan ke Pembayaran.
    Untuk mendapatkan diskon pembayaran PBB, bagi Anda yang memiliki voucher dapat diinputkan sebelum lanjut ke laman selanjutnya.

  4. Pilih metode pembayaran untuk membayar tagihan PBB Denpasar

    Dengan melakukan pembayaran PBB melalui aplikasi klik indomaret, tersedia beberapa pilihan metode pembayaran, antara lain i-Saku, BCA, CIMB Niaga, atau transfer bank lainnya.
    Setelah memilih metode pembayaran yang diinginkan, akan muncul kode pembayaran PBB yang dapat langsung disalin.

  5. Silahkan buka aplikasi internet banking BCA untuk melakukan pembayaran PBB Denpasar

    Bagi wajib pajak yang memilih metode pembayaran via internet banking BCA, silahkan buka aplikasi BCA yang telah terinstal di handphone Anda. Kemudian, silahkan pilih menu m-BCA > m-Transfer.

  6. Pilih menu BCA virtual account pada kolom yang telah disediakan

    Kode pembayaran yang telah disalin, silahkan tempel / paste pada kolom kode pembayaran. Kemudian, silahkan tekan tombol OK.

  7. Setelah itu, tekan tombol OK untuk melakukan pelunasan tagihan PBB Denpasar

    Sebelum proses pelunasan PBB, akan muncul rincian jumlah tagihan PBB yang harus dibayarkan. Kemudian, silahkan tekan tombol OK.

  8. Masukkan nomor pin m-BCA

    Masukkan nomor pin m-BCA dengan benar, sampai muncul keterangan pembayaran PBB Denpasar melalui klik indomaret berhasil. Kemudian, simpan bukti pembayaran.

Advertisements
cara bayar pajak PBB Online

Cara Bayar PBB Denpasar Secara Offline

Selain dapat dilakukan secara online, pembayaran PBB Denpasar dapat dilakukan secara offline di Badan Pendapatan Kota Denpasar, Bank BPD Bali, dan PT. Pos Indonesia.

Berikut langkah – langkah pembayaran PBB Denpasar secara offline di Loket Kantor Pos.

  1. Silahkan menuju Kantor Pos terdekat
  2. Tunjukkan lembar SPPT PBB atau sebutkan nomor NOP (18 digit)
  3. Petugas akan mencari data pajak Anda dan menyebutkan jumlah tagihan
  4. Lakukan pembayaran PBB sesuai tagihan
  5. Simpan bukti pembayaran.

Catatan : Sebaiknya setelah melakukan pembayaran PBB, silahkan cek status pembayaran/ tunggakan tagihan melalui Aplikasi I-PBB.

Kapan PBB Denpasar Harus Dibayar?

Pembayaran PBB Denpasar harus dilakukan setahun sekali, saat SPPT PBB telah diterbitkan, dan lakukan pembayaran sebelum melewati tanggal jatuh tempo. Untuk melihat tanggal jatuh tempo pembayaran, Anda dapat melihatnya pada lembar SPPT yang berada di bagian kiri bawah.

Apa akibat terlambat membayar tagihan PBB Denpasar?

Berdasarkan Perda No. 04 Tahun 2012, Wajib pajak yang terlambat melakukan pembayaran PBB Denpasar akan dikenakan sanksi administrasi sebanyak 2% dari tagihan pembayaran, dengan jangka waktu paling lama 24 bulan terhitung dari tanggal jatuh tempo.

Sebagai tambahan informasi, bagi Anda yang belum mendaftarkan objek pajak yang dimiliki di wilayah Denpasar, segera lakukan pendaftaran di Kantor Bapenda Kota Denpasar.

Lokasi Kantor Bapenda Kota Denpasar berada di Jl. Letda Tantular No. 12, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali.