Ukuran Panjang Rantai Vixion dan Rekomendasi Nya

Advertisements

Panjang Rantai Vixion – Yamaha Vixion memiliki panjang rantai yang berbeda – beda pada setiap generasinya. Bahkan panjang rantai Vixion memiliki ukuran yang lebih pendek jika dibandingkan dengan saudaranya, yaitu Yamaha Byson.

Lalu berapakah panjang rantai Vixion?

Panjang rantai Vixion Old adalah 120 mata, sedangkan panjang rantai Vixion Lightning adalah 122 mata.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, Anda bisa baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Panjang Rantai Vixion
  • Merk Rantai Motor Vixion yang Bagus
  • Pemasangan Rantai Variasi Vixion
  • Masalah pada Rantai Vixion

Panjang Rantai Vixion

Rantai Vixion untuk setiap generasinya memiliki panjang yang berbeda – beda. Berikut ini penjelasannya.

Panjang Rantai Vixion Old

Untuk Vixion Old (lama) generasi pertama dan kedua memiliki panjang rantai 120 mata.

Sedangkan untuk ukuran gearnya, Vixion old memiliki ukuran 14 mata untuk gear depan dan 42 mata untuk gear belakang.

Panjang Rantai Vixion Lightning dan Vixion Advance

Sedangkan untuk Vixion Lightning dan Vixion Advance memiliki ukuran yang sama, yaitu 122 mata.

Ukuran gear yang digunakan adalah 14 mata untuk gear depan, dan 43 mata untuk gear belakang.

Jika Anda ingin membeli rantai Vixion kualitas baik namun dengan harga yang murah, Anda bisa membelinya di Shopee. Banyak promo dan juga voucher gratis ongkir yang bisa Anda klaim. Tekan tombol di bawah ini untuk melihat produknya.

Merk Rantai Motor Vixion yang Bagus

Ada banyak merk rantai yang terbuat dari bahan baku yang berkualitas. Pemilihan rantai kualitas baik akan membuat rantai jadi lebih awet.

Berikut adalah beberapa rekomendasi merk rantai terbaik:

  • Rantai motor D.I.D (Rp. 370.000)
  • Yamaha Genuine Parts (Rp. 170.000)
  • Sinnob (Rp. 435.000)
  • SSS (Rp. 310.000)
  • Daytona (Rp. 300.000)

Pemasangan Rantai Variasi Vixion

Banyak yang mengira bahwa variasi rantai dipasang hanya untuk hiasan saja. Padahal pemasangan rantai variasi tersebut memiliki fungsi yang penting pada motor.

Pemasangan rantai variasi Vixion bertujuan untuk menekan rantai agar tidak kendor dan tetap stabil. Karena biasanya saat disetel, rantai menjadi kendur atau terlalu kencang. Oleh sebab itu dibutuhkan komponen tambahan yaitu rantai variasi.

Selain mencegah rantai kendur, fungsi rantai variasi adalah untuk meredam getaran pada rantai, sehingga suara rantai jadi lebih halus. Jika ingin memasang rantai variasi Vixion, sebaiknya gunakan variasi rantai dengan kualitas yang bagus.

Masalah pada Rantai Vixion

Seringkali pemilik motor Vixion menemukan berbagai permasalahan yang muncul dari rantainya. Hal tersebut tentu disebabkan oleh beberapa hal. Jika masalah tersebut dibiarkan tentu akan sangat mengganggu.

Berikut beberapa masalah yang sering muncul pada rantai  Vixion

Rantai vixion kendor

Rantai kendor ini seringkali menjadi permasalahan yang dijumpai pemilik Vixion. Biasanya rantai kendor terjadi pada saat jarak tempuh mencapai 10.000 km. Namun sering juga ditemui rantai kendor bahkan sebelum jarak tempuh 10.000 km.

Beberapa penyebab rantai Vixion kendor antara lain:

  • Proses pemasangan rantai yang tidak benar
  • Rantai terlalu kering
  • Perilaku berkendara yang tidak baik
  • Beban muatan motor terlalu berlebihan
  • Sering melewati jalanan yang rusak atau medan yang berat

Jika dirasa rantai Vixion sudah mulai kendor, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk pengecekan. Karena jika dibiarkan, maka efeknya bisa membuat gear cepat rusak akibat gesekan yang semakin banyak.

Rantai vixion bunyi berisik

Penyebab rantai Vixion yang berisik juga bisa disebabkan oleh rantai yang kendur. Bisanya bunyi berisik tersebut terjadi pada saat gas dibuka, akan muncul seperti hentakan dan mengeluarkan bunyi.

Untuk solusi permasalahan tersebut, Anda bisa memasangkan rantai Byson kepada motor Vixion tersebut. Namun harus dilakukan pemotongan terlebih dahulu karena ukuran rantai byson sedikit lebih panjang dari rantai Vixion.

Rantai motor Vixion kering atau karatan

Rantai Vixion yang jarang dilumasi oli bisa menyebabkan karatan. Jika terjadi karatan, maka rantai akan kering sehingga gear akan mengeluarkan bunyi kletek – kletek.

Untuk mengatasinya, Anda harus membersihkan dulu rantai dari karat dengan cara merendamnya pada bensin atau solar. Setelah itu gosok dengan sikat hingga karat hilang. Setelah bersih, pasang kembali rantai ke gear motor.

Jangan lupa atur setelan ketegangan rantai dengan tepat dan beri oli rantai agar terhindar dari karat.

Ada kotoran pada rantai

Permasalahan lain yang muncul pada motor Vixion adalah adanya kotoran yang menempel pada rantai. Kotoran tersebut bisa disebabkan karena penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai. Anda harus membersihkannya menggunakan air sampai kotorannya hilang.

Oleh sebab itu, penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai memang sangat tidak disarankan. Beli saja oli rantai (Chain Lube) yang dijual dengan harga yang murah di bengkel atau minimarket.

Rantai Vixion putus

Rantai Vixion putus disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Penyetalan yang terlalu kencang
  • Kondisi jalan yang tidak rata
  • Umur rantai yang sudah tua
  • Rantai berkarat
  • Gear mengalami aus
  • Kebiasaan berkendara yang tidak baik

Untuk mencegah permasalahan tersebut, sebaiknya Anda lakukan setelan rantai yang pas. Jangan lupa beri pelumas untuk mencegah timbulnya karat. Selain itu, sebaiknya gunakan spare part resmi dari Yamaha agar kualitas terjamin.