Advertisements

Alasan Kenapa Pajak Motor Mahal : Motor Baru, Pajak Naik, dll

Kenapa pajak motor mahal ~ Jika anda baru saja membayar pajak motor anda, dan anda kaget kenapa pajak motor anda mahal sekali, jika dibandingkan dengan pajak motor lain. Dan dari mana samsat menghitung pajaknya, kok bisa semahal itu?.

Kenapa pajak motor mahal? Beberapa alasan kenapa pajak motor bisa lebih mahal adalah, karena motor anda harganya mahal, ketika pembayaran pajak pertama, ketika motor terkena pajak progresif, ketika terkena denda, dan ketika tarif dasar pajak naik.

Pada artikel ini kami membahas:

1. Kenapa Pajak motor baru mahal (Pajak Pertama)

2. Pajak Motor mahal karena motor anda harganya mahal

3. Kenapa Motor kena pajak progresif, dan kenapa pajak ini mahal.

4. Pajak motor mahal karena tarifnya naik?

1. Alasan Kenapa Pajak Pertama Motor Mahal (Motor Baru)

Jika anda baru saja membeli motor baru, anda akan dikenakan biaya pajak yang lumayan tinggi, yaitu 10% dari nilai jual kendaraan bermotor. Namun di beberapa daerah ada yang tarif nya sampai 15% dari Nilai Jual kendaraan bermotor

Jadi misalkan motor anda harganya adalah Rp. 15.000.000, maka pajak pokok BBN KB pertama anda adalah Rp. 1.500.000 jika tarifnya 10%, jika wilayah anda tarif BBN KB nya adalah 15%, maka pajak yang harus anda bayarkan adalah Rp. 2.250.000, belum termasuk biaya lain-lain.

Pajak itu sebenarnya bukan pajak pokok, melaikan BBN KB atau Bea Balik Nama Kendaraan bermotor.

Jadi itu adalah biaya balik nama motor untuk pertama kalinya, sedangkan untuk balik nama selanjutnya akan dikenakan biaya sebesar 1% dari nilai jual kendaraan bermotor.

Undang-undang yang menentukan Besaran BBN KB ini bisa anda baca di https://bprd.jakarta.go.id/bbn-kb/#:~:text=Bea%20Balik%20Nama%20Kendaraan%20Bermotor%20adalah%20pajak%20atas%20penyerahan%20hak,pemasukan%20ke%20dalam%20badan%20usaha.

Itulah penyebab kenapa pajak motor baru pertama mahal.

2. Pajak Motor Tahunan Mahal Karena Harga Motor Mahal

Tahukah anda, bahwa pajak motor itu di dasarkan dari harga motornya. Menurut undang undang no. 28 tahun 2009, pajak tertinggi untuk motor adalah 2% dari NJKB/Nilai jual kendaraan bermotor, namun di beberapa provinsi hanya mengenakan tarif pajak 1,5%

Jika motor anda harganya Rp. 15.000.000 dan tarif pajak di provinsi anda adalah 2%, maka pajak yang harus anda bayar adalah Rp. 300.000, ini hanya PBKB ya, belum termasuk biaya lain-lain.

Dan jika motor anda adalah NMAX dengan harga Rp. 30.000.000, maka PKB (Pajak pokok) adalah Rp. 600.000.

Jadi semakin mahal motor anda, maka pajak anda akan semakin mahal juga.

Tapi jika motor anda adalah motor lawas, seperti vario 2009 yang nilai jualnya adalah Rp. 6.000.000 maka pajak pokok anda hanya Rp. 120.000.

3. Pajak Motor Mahal Karena Kena Pajak Progresif

Salah satu penyebab utama kenapa pajak mahal adalah karena anda mungkin terkena pajak progresif. Pajak progresif ini dikenakan apabila anda memiliki 2 motor dengan atas nama yang sama.

Tapi peraturan tentang pajak progresif ini setiap wilayah beda, jika anda berada di wilayah jakarta, anda akan dikenakan pajak progresif untuk motor kedua anda.

Jika anda hanya punya motor satu tapi anda kena pajak progresif, berarti anda masih tercatat memiliki 2 kendaraan, karena motor anda yang lama sudah anda jual tapi belum anda balik nama, solusinya adalah dengan blokir stnk di samsat.

Namun jika anda berada di luar wilayah jakarta dan jawa barat, maka kemungkinan besar daerah anda tidak akan mengenakan pajak progresif meskipun anda memiliki beberapa motor sekaligus, selama motor anda dibawah 250cc, seperti motor nmax, beat, vario 125 150, dan motor lainya.

Tapi jika anda memiliki motor moge, atau motor sport mewah diatas 250cc, maka anda akan terkena pajak progresif untuk motor kedua anda.

4. Pajak Motor Mahal Karena Tarifnya Naik

PKB atau pajak kendaraan bermotor besaranya sudah diatur oleh udang-undang yaitu maksimal sebesar 2% dari NJKB (Nilai jual  kendaraan bermotor), namun ini adalah tarif maksimal, di beberapa wilayah seperti jawa timur dan jawa tengah tarifnya hanya 1,5%, dan di jawa barat adalah 1,75%.

Tapi ada kalanya pajak ini dinaikan, seperti di wilayah jakarta yang memberlakukan pajak maksimal 2%.

Dan kebijakan tarif pajak ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pemerintah provinsi, jika diperlukan pemerintah akan menaikan pajak dan otomatis pajak anda juga akan ikut naik.


itulah alasan kenapa pajak motor mahal, semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar