Takaran Oli Shock Ninja R dan Rekomendasi Nya

Takaran Oli Shock Ninja R – Oli shock pada Ninja R memiliki peranan penting untuk melindungi suspensi saat motor melewati jalanan yang tidak rata.  Takaran oli shock yang digunakan untuk setiap motor pun berbeda – beda.

Advertisements

Lalu berapa takaran oli shock Ninja R? Takaran oli shock Ninja R adalah 220 ml. Takaran tersebut tidak boleh kurang karena akan menyebabkan masalah lainnya.

Untuk informasi yang lebih lengkap tentang oli shock Ninja R, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Takaran Oli Shock Ninja R
  • Rekomendasi Merk Oli Shock Motor Ninja R
  • Penyebab Oli Shock Ninja R Bocor
  • Cara Ganti Oli Shock Motor Ninja R
  • Waktu Ganti Oli  Shock Kawasaki Ninja R yang Tepat
Advertisements

Takaran Oli Shock Ninja R

Oli shock depan untuk motor Ninja R memiliki kapasitas total 220 ml. Sedangkan tingkat kekentalan oli yang digunakan adalah SAE 10W-20.

Kapasitas oli shock yang digunakan pada motor juga harus sesuai. Caranya adalah dengan mengukur ketinggian oli pada saat suspensi ditekan. Jika saat ditekan batas ketnggian oli kurang lebih 140 mm, maka kapasitas oli yang digunakan sudah pas.

Rekomendasi Merk Oli Shock Motor Ninja R

Penggunaan oli shock depan untuk motor Ninja R juga tidak bisa sembarangan. Karena jika salah maka bisa mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Berikut ini beberapa macam merk oli shock yang bagus untuk motor Ninja R, antara lain:

  • Kawasaki SS-8 (Rp. 35.000)
  • Aspira 11 OS-160 (Rp. 12.000)
  • Jumbo (Rp. 10.000)
  • Shell Advance Fork (Rp. 45.000)
  • Petroasia (Rp. 10.000)
  • Top 1 Fork Oil (Rp. 20.000)

Ada berbagai macam merk oli shock ninja R dengan harga yang murah yang dijual di Shopee. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan voucher gratis ongkir juga. Tekan tombol di bawah ini untuk melihat produknya.

Advertisements

Penyebab Oli Shock Ninja Bocor

Seiring bertambahnya usia pemakaian motor ninja R, akan ada beberapa komponen yang akan mengalami kerusakan ataupun aus.

Permasalahan yang paling sering muncul adalah oli shock yang mengalami kebocoran. Oli shock yang bocor bisa membuat bantingan shock menjadi keras ketika melewati jalanan yang rusak.

Ada beberapa penyebab kenapa oli shock bisa bocor. Yang pertama adalah seal dan permukaan shockbreaker tergores. Biasanya hal ini disebabkan karena Kawasaki Ninja sering digunakan untuk melewati jalanan yang rusak.

Penyeab lain oli shock bocor adalah karena inner tube atau as sil shockbreakernya tergores. Hal ini juga bisa menyebabkan oli shock merembes.

Untuk mengecek bagian ini dibutuhkan ketelitian. Anda perlu meraba bagian as sil tersebut, karena jika tidak diraba maka kebocoran oli shock tidak akan terlihat.

Cara Ganti Oli Shock Motor Ninja R

Advertisements

Penggantian oli shock Ninja R bisa Anda lakukan di bengkel yang terpercaya. Namun sebenarnya oli shock tersebut juga bisa diganti sendiri di rumah. Berikut ini cara mengganti oli shock depan Ninja  R:

  1. Lepaskan roda depan Ninja R.
  2. Lepaskan baut spakbor dan stang.
  3. Setelah itu, longgarkan tutup penjepit bagian atas dan bawah.
  4. Kemudian lepaskan tutup garpu bagian atas.
  5. Siapkan wadah untuk menampung oli shock yang keluar.
  6. Bersihkan semua komponen motor dan pastikan tidak ada goresan.
  7. Setelah itu, pasang kembali semua komponen dengan benar.
  8. Kemudian tuang oli shock Ninja melalui lubang yang berada di setir dekat tombol kunci.
  9. Pasang kembali roda motor dengan benar.

Waktu Ganti Oli Shock Kawasaki Ninja R yang Tepat

Pemilik motor Ninja R harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli shock depan yang tepat.

Oli shock ninja R baik depan idealnya diganti setiap jarak tempuh motor mencapai 25.000 km atau setiap 2 tahun sekali.

Namun jika dirasa suspensi terlalu keras, Anda bisa melakukan penggantian oli shock Ninja saat jarak tempuh mencapai 10.000 km atau setahun sekali.

Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan secara rutin agar komponen motor dapat berfungsi dengan normal. Jika Anda merasakan ada yang tidak beres pada saat berkendara, maka segera lakukan pengecekan untuk mencegah kerusakan semakin bertambah.