Nomor SKCK: Letak, Fungsi, dan Cara Cek Nomor SKCK

Nomor SKCK ~ Pada lembar SKCK terdapat informasi data diri dan keterangan catatan kepolisian seseorang. Untuk mengikuti sebuah kegiatan, biasanya hanya memerlukan fotokopi SKCK legalisir yang masih berlaku. Namun, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui letak nomor SKCK.

Advertisements

Di mana letak nomor SKCK? Letak nomor SKCK adalah berada di bawah tulisan “Surat Keterangan Catatan Kepolisian Police Record”. Sedangkan, nomor yang berada di ujung kanan atas merupakan nomor seri blanko.

Pada artikel Nomor SKCK akan membahas tentang :

  • Macam – Macam SKCK dan Fungsinya
  • Letak Nomor SKCK
  • Fungsi Nomor SKCK
  • Cara Cek Nomor SKCK
  • Bagian-bagian dalam SKCK

Macam – Macam SKCK dan Fungsinya

Advertisements

Penerbitan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dapat dilakukan di tingkat Polsek sampai dengan Mabes Polri. Namun, setiap jenis SKCK memiliki fungsi masing – masing. Oleh karena itu, ketika membuat SKCK sesuaikan dengan kebutuhan.

  • SKCK Polsek : Berfungsi untuk melamar pekerjaan, mengikuti kegiatan di tingkat kecamatan, pencalonan kepala desa, sekretaris desa, serta melanjutkan pendidikan.
  • SKCK Polres : Berfungsi untuk melengkapi berkas persyaratan pendaftaran CPNS, pejabat publik, anggota Polri/TNI, melamar pekerjaan, serta pencalonan kepala daerah.
  • SKCK Polda : Berfungsi untuk melengkapi berkas persyaratan pencalonan anggota legislatif tingkat provinsi, pembuatan paspor / visa, WNI bekerja ke luar negeri, serta menjadi notaris.
  • SKCK Mabes Polri : Berfungsi untuk pembuatan visa/paspor, pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, melanjutkan pendidikan ke luar negeri, Pencalonan anggota lembaga pemerintah tingkat pusat, naturalisasi kewarganegaraan, serta izin tetap tinggal di luar negeri.

Cek Nomor SKCK Online

Berdasarkan informasi yang telah diperoleh, pengecekan nomor SKCK harus dilakukan secara offline. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengetahui nomor SKCK, silahkan lihat secara langsung pada lembar SKCK.

Namun, untuk pembuatan SKCK Anda dapat melakukan pendaftaran secara online melalui skck.polri.go.id.

Untuk mengetahui bagaimana cara pendaftaran SKCK secara online, silahkan kunjungi Cara Buat SKCK Online Via Web Polri.

Letak Nomor SKCK

Di dalam SKCK terdapat nomor seri blanko dan nomor SKCK, dimana seseorang beranggapan letak nomor SKCK berada di pojok kanan atas.

Hal tersebut merupakan informasi yang kurang tepat, letak nomor SKCK berada di bawah tulisan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Police Record.

Perlu diketahui bahwa, nomor seri blanko dan SKCK merupakan hal yang berbeda, dimana nomor seri merupakan nomor khusus yang diberikan oleh pihak kepolisian. Sedangkan, nomor SKCK berisi waktu pembuatan SKCK, serta lokasi pembuatan SKCK (Polsek/ Resta, dsb).

Berikut gambar penjelasan letak nomor SKCK.

Advertisements
Letak nomor SKCK

Fungsi Nomor SKCK

Nomor SKCK biasanya dibutuhkan untuk mengisi form / daftar riwayat hidup saat pemberkasan CPNS atau PPPK.

Berdasarkan contoh di atas, apabila Anda diminta menuliskan nomor SKCK, maka seperti contoh berikut : SKCK/YANMAS/……./…/……../…… Untuk urutan nomor, bulan , tahun pembuatan, dan lokasi pembuatan sesuaikan dengan yang tertera pada SKCK.

Bagian – Bagian Dalam SKCK

Selain berisi catatan kepolisian, di dalam SKCK terdapat informasi data diri seseorang serta tujuan pembuatan SKCK.

Berikut bagian – bagian yang terdapat pada SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

bagian bagian dalam skck
Advertisements
  • Nomor Seri Blanko : Nomor yang dikeluarkan khusus oleh pihak kepolisian.
  • Nomor SKCK : Berisi tulisan SKCK/YANMAS, nomor, bulan, tahun, dan lokasi penerbitan SKCK.
  • Informasi Data Diri : Berisi nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, alamat, serta NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  • Rumus Sidik Jari : Deretan angka yang berasal dari hasil perumusan garis papiler jari seseorang pada saat proses pengambilan sidik jari yang dilakukan oleh tim inafis. Fungsi pengambilan sidik jari untuk merekam identifikasi seseorang.
  • Catatan Kepolisian : Berisi keterangan bahwa seseorang pernah atau tidak pernah melakukan tindak pidana.
  • Keperluan Pembuatan SKCK : Berisi keterangan tentang tujuan pembuatan SKCK. Pada gambar di atas disebutkan bahwa pemilik membuat SKCK untuk memenuhi persyaratan melanjutkan pendidikan.
  • Masa Berlaku SKCK: Berisi tanggal penerbitan SKCK dan batas waktu berakhir.