Advertisements

Dimana Letak Nomor Rangka Mobil Honda Jazz? Berikut Penjelasannya

Advertisements

Saat melakukan transaksi jual beli kendaraan bekas, sangat diperlukan untuk memeriksa keadaan pada kendaraan tersebut, salah satunya adalah kecocokan nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kendaraan dengan surat kendaraan tersebut.

Letak Nomor Rangka Mobil Jazz

Lalu dimanakah letak nomor rangka pada Mobil Jazz? Nomor rangka pada Mobil Jazz terletak di bagian bawah dekat pintu pada kursi pengemudinya. Untuk nomor mesin pada Mobil Jazz itu sendiri, terletak di dalam mesin yang berposisi di bagian depan mobil.

Berikut penjelasan gambar letak nomor rangka dan nomor mesin pada Mobil Jazz.

Advertisements

Tak hanya nomor mesin,anda juga harus memperhatikan pembayaran pajak Mobil Jazz tersebut. hal ini bertujuan agar tidak memberatkan biaya anda untuk pelunasan pajak ketika proses balik nama.

Aplikasi Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Secara Online

Di era kini, Anda dapat mengecek nomor rangka dan nomor mesin pada kendaraan anda hanya dengan mengetahui plat mobil Jazz anda saja. Tak hanya itu, dalam aplikasi ini, anda juga akan diberikan informasi terkait pembayaran pajak mobil honda Jazz yang akan anda beli.

Berikut tampilan informasi yang akan anda peroleh pada aplikasi ini.

Untuk mengunduk aplikasi tersebut, anda dapat mendownload melalui tombol di bawah ini.

Advertisements

Arti Nomor Rangka Pada Mobil

Ternyata, nomor rangka pada mobil tidak hanya nomor biasa yang terdiri atas 17 digit. Nomor rangka pada kendaraan memiliki arti yang diatur oleh kode VIN (Vehicle Identification Number). Digit ke 4 hingga ke 8 pada nomor rangka biasa disebut Vehicle Descriptor Selection (VDS). Digit inilah yang mendeskripsian tentang tipe kendaraan berupa jenis mesin, tipe bodi kendaraan, dan model kendaraan.

Hal inilah yang biasa digunakan pihak kepolisian dalam pengecekan fisik kendaraan. Jadi, anda harus memastikan nomor rangka, nomor mesin, dan surat kendaraan sesuai agar kendaraan anda tidak akan terkena masalah.

Bagaimana jika Nomor Rangka dan Nomor Mesin Tidak Sesuai?

Kesesuaian pada ketiga faktor tersebut merupakan bukti bahwa Mobil Jazz yang anda akan anda beli tersebut legal. Jika terdapat perbedaan antara ketiga faktor tersebut, kemunginan besar mobil Jazz tersebut dalam kondisi yang bermasalah, seperti:

  • Mobil tersebut merupakan mobil curian.
  • Rangka kendaraan yang digunakan bukan rangka asli dari pabrik.
  • Pemilik kendaraan telah menukar mobil tersebut dengan mobil yang lain.

Memang, biasanya harga untuk kendaraan seperti ini biasanya ditawarkan dengan harga yang sangat murah, namun anda harus berpikir kembali terkait pajak 5 tahunan yang harus anda bayar. Untuk membayar pajak ini, anda memerlukan cek fisik yang harus dilakukan di samsat. Jika terdapat ketidakcocokan pada kendaraan dan surat, pihak polisi akan menyita kendaraan anda.

Bagaimana Jika Nomor Rangka Tersebut Hilang

Permasalahan nomor rangka yang hilang memang permasalah yang sering muncul, terutama pada kendaraan yang sudah tua. Jika anda menghadapipermasalahan demikian, jangan langsung menyetujui untuk membeli kendaraan tersebut.

Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan.

  1. Pastikan nomor rangka pada kendaraan tersebut rusak karena tua, bukan karena sengaja dirusakkan oleh pemiliknya.
  2. Minta surat pengantar di samsat untuk pengurusan pemberian laporan nomor kerangka yang hilang kepada pihak POLDA.
  3. Lakukan cek fisik dan jika pihak POLDA menyetujuinya,maka anda akan diberikan surat keterangan bahwa nomor rangka tersebut sesuai dengan STNK.
  4. Setelah itu, pergi ke Dealer Mobil untuk mencetak nomor rangka yang baru untuk kendaraan tersebut.
  5. Lakukanpengesahan nomor rangka baru pada mobil tersebut.
  6. Setelah semua selesai, barulah anda dapat langsung menyetujui untuk pembelian mobil Jazz tersebut.