Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Xenia

Nomor Rangka dan Nomor Mesin Xenia – Saat membeli mobil Xenia bekas, Anda perlu memastikan bahwa nomor rangka dan nomor mesin yang ada pada mobil Xenia dengan surat-suratnya. Hal tersebut penting agar proses balik nama dan pembayaran pajak Xenia 5 tahunan Anda lebih mudah.

Advertisements

Di mana letak nomor rangka dan nomor mesin Daihatsu Xenia?

Letak nomor rangka Xenia berada di dalam kap mesin sisi belakang menempel pada rangka mobil atau bisa juga di samping mesin dekat cadangan radiator. Sedangkan letak nomor mesin Xenia berada di dalam kap mesin dekat aki mobil.

Daftar Isi:

  1. Letak Nomor Mesin Xenia
  2. Letak Nomor Rangka Xenia
  3. Aplikasi Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Xenia Secara Online
  4. Fungsi Nomor Rangka Xenia
  5. Fungsi Nomor Mesin Xenia
  6. Bagaimana Jika Nomor Rangka dan Nomor Mesin Xenia Tidak Sesuai
  7. Cara & Syarat Mengurus Nomor Rangka dan Nomor Mesin yang Hilang

Letak Nomor Mesin Xenia

Nomor mesin Daihatsu Xenia letaknya berada di bawah mesin dekat dengan aki mobil. Untuk melihatnya Anda perlu membuka kap mesin terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat pada gambar di bawah ini.

Advertisements
nomor mesin xenia
nomor mesin xenia

Letak Nomor Rangka Xenia

Nomor rangka pada Daihatsu Xenia memiliki perbedaan tempat. Ada yang letaknya di bagian samping mesin, ada juga yang berada di dekat filter. Meski letak nomor rangkanya berbeda, namun semua nomor rangka mobil Xenia terletak di bawah kap mesin.

Misalnya letak nomor rangka Daihatsu Xenia XI dan Xenia LI. berada di dalam kap mobil bagian samping. Lebih tepatnya berada di bawah cadangan radiator. Untuk mengetahui nomor rangka tersebut Anda harus membuka kap mesin terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

nomor rangka Xenia XI dan Xenia LI
nomor rangka Xenia XI dan Xenia LI

Sedangkan ada juga nomor rangka Daihatsu Xenia selain tipe Xenia XI dan Xenia LI, terletak di bawah kap mesin, lebih tepatnya ada di dekat filter. Nomor rangka tersebut menempel pada rangka mobil.

Advertisements
nomor rangka Xenia

Aplikasi Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Xenia Secara Online

Saat membeli mobil bekas, Anda perlu memastikan bahwa nomor rangka dan nomor mesin yang ada pada mobil Xenia tersebut adalah asli dari pabrikan. Karena jika nomor rangka dan mesin bukan hasil pabrikan, maka akan menyebabkan perbedaan data yang ada pada STNK dan BPKB-nya.

Hal tersebut tentunya dapat menyusahkan Anda nantinya saat melakukan proses balik nama dan pembayaran pajak 5 tahunan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di jaman sekarang ini Anda bisa dengan mudah mengecek keaslian nomor rangka dan nomor mesin secara online.

Caranya cukup mudah, Anda cukup download aplikasi melalui smartphone Anda, kemudian masukkan plat nomor kendaraan yang akan Anda beli. Kemudian, informasi mengenai merk, tipe mobil, serta nomor rangka dan nomor mesinnya akan muncul.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek mobil yang Anda beli tersebut memiliki tunggakan pajak atau tidak. Berikut ini tampilan informasi yang akan Anda dapat saat mengunduh aplikasi tersebut.

Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Xenia Secara Online
Advertisements

Untuk mendapatkan informasi seperti tampilan di atas, Anda bisa langsung Download Aplikasi Cek Data Kendaraan dengan menekan tombol di bawah ini.

Fungsi Nomor Rangka Xenia

Nomor rangka yang dimiliki pada setiap kendaraan berbeda-beda. Nomor rangka tersebut memiliki fungsi sebagai sumber informasi mengenai riwayat mobil tersebut seperti rekam jejak perbaikannya.

Pada umumnya nomor rangka Xenia tersusun dari 17 digit yang terdiri dari gabungan angka dan huruf. Nomor rangka (biasanya disebut VIN) tersebut dibuat untuk memperjelas identifikasi mobil.

lebih jelasnya Anda bisa melihat pada tabel di bawah ini.

No. UrutDigit ke 1 – 3Digit ke 4 – 8Digit ke 9Digit ke 10 – 17
ArtiDigit ke 1 dan 2 menunjukkan negara perakitan kendaraan.
Digit ke 3 biasanya menunjukkan produsen kendaraan
Tipe kendaraan (jenis dan ukuran mesin, model mobil, posisi setir, dll.Security code atau check digit untuk mengidentifikasi nomor rangka tersebut adalah resmiDigit ke 10 berisi tahun produksi kendaraan.  
Digit ke 11 – 17 berisi nomor urut produksi.

Jadi nomor rangka Xenia mengandung informasi yang penting seperti dimana mobil tersebut dirakit, tipe kendaraan, sampai tahun produksi.

Fungsi Nomor Mesin Xenia

Sama halnya dengan nomor rangka Xenia, Nomor mesin yang ada pada mobil Xenia juga berbeda-beda. Nomor mesin tersebut terdiri dari 6 digit angka yang letaknya pun juga bisa saja berbeda pada setiap kendaraan.

Nomor mesin Xenia berfungsi untuk mengetahui tipe mesin yang digunakan serta nomor urut mesin tersebut dirakit dari pabrik.

Nomor mesin ataupun nomor rangka Xenia tercantum dalam STNK dan BPKB. Oleh sebab itu perhatikan dengan baik kecocokan nomor rangka dan nomor mesin Xenia dengan surat-surat kendaraannya.

Bagaimana Jika Nomor Rangka dan Nomor Mesin Xenia Tidak Sesuai

Seringkali permasalahan yang ditemukan adalah nomor rangka atau nomor mesin yang ada pada kendaraan tidak sama dengan yang ada pada STNK dan BPKB. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Rangka kendaraan sudah diganti dan bukan produk asli dari pabrik.
  • Mesin telah diganti tanpa mengurus perubahan data pada surat-surat kendaraan.
  • Kendaraan yang dijual adalah kendaraan bodong atau hasil curian.

Nomor mesin pada kendaraan yang mengalami perbedaan dengan yang ada di STNK dan BPKB juga bisa disebabkan karena setelah penggantian mesin baru, pemilik tidak melakukan pengurusan perubahan data STNK dan BPKB sehingga datanya berbebda.

Jika permasalahan ketidaksesuaian nomor rangka atau nomor mesin tersebut terjadi, Anda tidak akan bisa melakukan proses balik nama dan juga pembayaran pajak. Bahkan kemungkinan terburuknya adalah kendaraan Anda akan dikira kendaraan bermasalah dan bisa disita oleh pihak kepolisian.

Oleh sebab itu sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, Anda perlu mengecek semua kecocokan data dan keabsahan surat-suratnya agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Cara & Syarat Mengurus Nomor Rangka dan Nomor Mesin yang Hilang

Mobil atau motor yang sudah tua biasanya mengalami keropos di beberapa bagiannya. Bagian yang keropos tersebut bisa jadi terletak di bagian mesin atau body mobil sehingga mengakibatkan nomor rangka dan nomor mesin tidak terbaca.

Hal tersebut tentunya dapat mengakibatkan kendaraan Anda akan sulit diidentifikasi. Lalu bagaimana jika permasalahan tersebut terjadi? Yang perlu Anda lakukan adalah mengurus perubahan data pada STNK dan BPKB di Samsat atau Polda setempat.

Syarat Mengurus Nomor Rangka dan Nomor Mesin yang Hilang

Syarat untuk mengajukan perubahan data BPKB atas dasar perubahan nomor rangka dan nomor mesin antara lain:

  • Mengisi formulir permohonan
  • Tanda bukti identitas pemilik
  • STNK
  • BPKB
  • Surat permohonan dari pemilik tentang perubahan nomor regristrasi yang diinginkan
  • Hasil cek fisik kendaraan

Cara Mengurus Nomor Rangka dan Nomor Mesin yang Hilang

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengajukan perubahan data nomor rangka dan nomor mesin tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke Samsat di mana kendaraan Anda terdaftar.
  2. Minta surat pengantar dari Samsat yang menyatakan bahwa nomor rangka kendaraan Anda hilang murni karena usia mobil yang sudah tua, bukan karena kendaraan yang bermasalah.
  3. Isi surat tersebut, kemudian Anda akan diberi surat pengantar untuk dibawa ke Polda.
  4. Setelah itu, silahkan menuju ke Polda setempat dengan membawa kendaraan yang akan diproses, surat-surat kendaraan, dan juga surat pengantar dari Samsat.
  5. Berikan surat pengantar tersebut ke bagian Administrasi di Polda.
  6. Setelah itu lakukan cek fisik ulang kendaraan di Polda.
  7. Setelah selesai cek fisik, Anda akan mendapatkan surat keterangan dari Polda yang menyatakan hilangnya nomor rangka kendaraan karena faktor usia.
  8. Bawa surat keterangan dari Polda tersebut beserta dengan kendaraan Anda ke dealer resmi untuk memproses pencetakan nomor rangka atau nomor mesin Anda yang baru.