Letak Nomor Mesin dan Rangka Hyundai

Nomor Mesin Hyundai ~ Tidak hanya MPV, Hyundai juga memproduksi mobil tipe SUV, seperti Kona, Tucson, H1, Verna, dsb. Namun, untuk mengetahui dimana letak nomor mesin Hyundai, serta nomor rangkanya, silahkan menyimak penjelasan artikel berikut.

Advertisements

Dimana letak nomor mesin dan rangka Hyundai? Letak nomor mesin Hyundai adalah di sebelah kiri blok mesin dalam kap depan mobil. Sedangkan, nomor rangka terletak di bawah kursi pengemudi.

Daftar Isi :

  • Letak Nomor Mesin Hyundai
  • Letak Nomor Rangka Hyundai
  • Cara Cek Nomor Mesin Mobil Hyundai
  • Cara Urus Nomor Mesin Hyundai Hilang

Letak Nomor Mesin Hyundai

Letak nomor mesin Hyundai berada di dalam ruang mesin, sehingga Anda harus membuka kap mobil bagian depan.

Namun, letak pasti nomor mesin setiap tipe Hyundai terkadang berbeda – beda, ada yang di kanan, kiri, atau bawah blok mesin.

Untuk letak nomor mesin Hyundai Creta, Avega, Grand i10, Atoz dan Tucson berada di sebelah bawah sisi kanan block mesin, seperti yang ditunjukkan gambar berikut.

Letak Nomor Mesin Hyundai Creta
Gambar 1. Letak Nomor Mesin Hyundai Creta
Advertisements

Selain itu, beberapa tipe Hyundai lainnya memiliki posisi nomor mesin di sebalah kanan blok mesin dan lumayan ke bawah. seperti Hyundai Accent, Trajet dan H1 (solar).

Perlu diketahui bahwa untuk menggesek nomor mesin Hyundai Trajet lebih mudah, sebaiknya lepaskan bagian kap knalpot terlebih dahulu, karena posisi nomor mesin Hyundai Trajet berada di bawah header knalpot.

Letak Nomor Mesin Hyundai Trajet
Gambar 2. Letak Nomor Mesin Hyundai Trajet

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, letak nomor mesin Hyundai Santa Fe (2015) Diesel cukup sulit untuk dilihat dari atas, karena letaknya berada di samping power steering. Oleh karena itu, untuk melihatnya dengan mudah, silahkan membawanya ke bengkel dan membuka penutup bagian bawah.

Letak Nomor Rangka Hyundai

Sama halnya dengan nomor mesin, tidak semua letak nomor rangka semua tipe Hyundai sama. Posisi nomor rangka Hyundai ada yang berada di di bawah jok pengemudi, dan di dalam ruang mesin.

Letak nomor rangka Hyundai Creta, Tucson, dan Grand i10 berada di bawah jok pengemudi tertutup karpet, seperti gambar berikut.

Letak Nomor Rangka Hyundai Creta
Gambar 3. Letak Nomor Rangka Hyundai Creta
Advertisements

Namun, tipe lain seperti Hyundai H-1 berada di bagian bawah – samping jok pengemudi.

Letak Nomor Rangka Hyundai H-1 Solar
Gambar 4. Letak Nomor Rangka Hyundai H-1 Solar

Sedangkan, letak nomor rangka Hyundai Accent, Avega, Santa Fe (diesel) dan Atoz berada di dalam kap mesin depan bagian atas belakang blok mesin.

Letak Nomor Rangka Hyundai Avega
Gambar 5. Letak Nomor Rangka Hyundai Avega
Advertisements
letak nomor rangka hyundai atoz
Gambar 6. Letak Nomor Rangka Hyundai Atoz

Letak nomor rangka Hyundai yang berada dalam kap depan mobil, biasanya berada seperti gambar di atas, atau kanan. Namun, untuk nomor rangka Hyundai Trajet berada di dalam kap sebelah kanan dekat dengan pompa power steering.

letak nomor rangka hyundai trajet
Gambar 7. Letak Nomor Rangka Hyundai Trajet

Cara Cek Nomor Mesin Mobil Hyundai

Nomor mesin dan rangka Hyundai sangat diperlukan ketika proses gesek untuk kelengkapan pembayaran pajak 5 tahunan. Namun, jika hanya ingin mencocokan data kendaraan sesuai dengan suratnya, Anda dapat megecek nomor mesin Hyundai secara online via Aplikasi Cek Data Kendaraan.

Selain informasi nomor mesin Hyundai, Anda juga dapat mengetahui tarif pajak, serta nomor rangka Hyundai yang harus dibayarkan sesuai asal wilayah kendaraan.

Untuk daat mengakses aplikasi tersebut, silahkan melakukan download dan penginstalan terlebih dahulu melalui tombol di bawah ini.

Cara Urus Nomor Mesin Hyundai Hilang

Pada nomor mesin terdapat kode huruf dan angka yang menyimpan informasi kendaraan. Namun, seiring berjalannya waktu, ada kemungkinan nomor mesin tersebut hilang karena keropos.

Dikarenakan pada pembayaran pajak 5 tahunan memerlukan nomor mesin, maka Anda perlu mengurus hal tersebut segera mungkin.

Berikut cara mengurus nomor mesin dan rangka Hyundai yang hilang.

  1. Silahkan kunjungi Kantor Samsat tempat mobil Hyundai Anda terdaftar untuk meminta surat pengantar
  2. Bawa seluruh dokumen persyaratan dan surat pernyataan ke Kantor Polda
  3. Setelah itu, pihak Polda akan melakukan pengecekan fisik ulang, untuk proses penerbitan surat keterangan yang ditujukan pihak dealer
  4. Selanjutnya, berikan surat pernyataan dari Polda tersebut ke petugas dealer untuk proses pembuatan nomor mesin dan rangka baru. Untuk proses pencetakan ini memerlukan waktu sekitar beberapa hari.
  5. Ketika nomor mesin dan rangka yang baru telah selesai, silahkan bawa ke Polda untuk proses pengesahan VIN.
  6. Setelah itu, silahkan menuju ke Kantor Samsat untuk mengurus proses balik nama, dan pembayaran pajak.