Advertisements

NIK KTP Berbeda Dengan NIK BPJS, Begini Cara Mengatasi Nya

Advertisements

NIK KTP Berbeda Dengan NIK BPJS ~ Kesalahan penulisan NIK atau data lain BPJS Kesehatan, sehingga tidak sesuai KTP, maka untuk memperbaiki hal tersebut ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Simak artikel berikut untuk mengetahui cara mengatasi NIK KTP berbeda dengan NIK BPJS Kesehatan.

Daftar Isi :

  • Cek NIK BPJS Kesehatan Secara Online
  • Letak NIK dan Nomor Kartu BPJS Kesehatan
  • Syarat Perubahan Data BPJS Kesehatan
  • Cara Mengurus NIK BPJS Kesehatan Tidak Sesuai NIK KTP Secara Online
  • Cara Mengurus NIK BPJS Kesehatan Tidak Sesuai NIK KTP Secara Offline
  • Apakah Data BPJS Kesehatan Harus Sama Dengan KTP?

Cek NIK BPJS Kesehatan Secara Online

Selain melihat langsung pada kartu, data yang tercantum pada BPJS Kesehatan dapat dicek secara online via Mobile JKN.

Dengan adanya aplikasi Mobile JKN, Anda dapat mengetahui data BPJS Kesehatan, status kepesertaan BPJS, cek nomor BPJS, dan pendaftaran antrean lainnya. Bagi Anda yang ingin mengecek  NIK BPJS Kesehatan secara online via Mobile JKN, silahkan klik tombol di bawah ini.

Advertisements

Selain cek data, Mobile JKN juga memberikan layanan perubahan data secara online, seperti perubahan alamat email, dan perubahan faskes pertama. Sedangkan, untuk perubahan NIK dan nomor telepon secara online hanya dapat dilakukan melalui Layanan Pandawa.

Letak NIK dan Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Letak NIK KTP dan nomor kartu tersebut dapat Anda lihat secara langsung kartu BPJS Kesehatan, dimana letak nomor kartu berada paling atas dan NIK KTP berada di bawah.

Berikut gambar kartu BPJS Kesehatan.

letak nik dan nomor kartu bpjs

Syarat Perubahan Data BPJS Kesehatan

Bagi peserta BPJS Kesehatan yang ingin melakukan perubahan data, karena NIK yang terdapat pada kartu BPJS Kesehatan berbeda dengan KTP, atau adanya ketidaksesuaian data lainnya, silahkan ajukan permohonan perbaikan data dengan melengkapi berkas persyaratan berikut.

  • Fotokopi Kartu Keluarga / KTP
  • Fotokopi Kartu BPJS Kesehatan
Advertisements

Cara Mengurus NIK BPJS Kesehatan Tidak Sesuai NIK KTP Secara Online

Kesalahan pencatatan data (tanggal lahir, NIK, dan nama) BPJS Kesehatan bisa saja terjadi sehingga tidak sesuai dengan KTP sehingga harus mengganti data nya.
Untuk mengganti perubahan NIK, Anda hanya bisa menggunakan Pandawa. Berikut caranya

  1. Kirim pesan whatsapp ke Layanan Pandawa BPJS Kesehatan

    Perbaikan data yang salah dapat dilakukan secara online via pesan WA Layanan Pandawa (nomor : 0811-8165-165). Untuk isi pesan pertama kali, silahkan ketik Halo.

  2. Pilih menu “Perubahan Data”

    Setelah itu, petugas BPJS Kesehatan akan mengirimkan sebuah link pendaftaran. Di dalam link tersebut, terdapat beberapa pilihan menu layanan. Dikarenakan  Anda akan melakukan perubahan data, silahkan pilih menu Perubahan / Perbaikan Data.

  3. Pilih menu data yang perlu diperbaiki

    Di dalam menu Perbaikan Data, Anda akan diminta untuk  memilih jenis perbaikan data yang diperlukan (perubahan identitas (NIK, no. KK, tanggal lahir, alamat, dsb), nomor handphone, golongan, serta gaji).

  4. Upload data persyaratan perubahan data yang diperlukan

    Untuk dokumen persyaratan yang perlu diupload pertama kali, yaitu file kartu keluarga (ukuran file maksimal 3 mb). Setelah itu, silahkan tekan tombol Selanjutnya.

  5. Isi formulir pendaftaran perubahan data

    Pada formulir tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi nomor BPJS Kesehatan, nomor KK, tempat tanggal lahir, kode pos, alamat, dan sebagainya. Kemudian, centang syarat dan ketentuan, klik tombol Submit.

  6. Cek pesan WA yang dikirimkan oleh BPJS Kesehatan

    Setelah proses pendaftaran telah dikirimkan / submit, maka Anda akan mendapatkan pesan dari BPJS Kesehatan berisi tentang “berkas akan dicek dan diproses” dan nomor tiket pelayanan. Untuk informasi selanjutnya, silahkan tunggu pesan BPJS Kesehatan maksimal 2 hari lagi.

  7. Buka pesan WA dari petugas BPJS Kesehatan

    Setelah menunggu beberapa saat, Anda akan menerima pesan WA dari BPJS Kesehatan yang menyatakan proses perubahan data telah berhasil. Untuk mengeceknya silahkan cek pada Aplikasi Mobile JKN.

Advertisements

Seperti yang telah disebutkan di atas, Layanan Pandawa tidak hanya melayani pengurusan NIK KTP berbeda dengan NIK BPJS Kesehatan, tetapi juga melayani perubahan data lainnya yang tidak sesuai dengan E-KTP.

Cara Mengurus NIK BPJS Kesehatan Tidak Sesuai NIK KTP Secara Offline

Berikut cara ubah NIK atau data BPJS yang salah secara offline di Kantor BPJS Kesehatan.

  1. Datang ke Kantor BPJS setempat
  2. Ambil nomor antrian
  3. Tunggu giliran untuk dipanggil petugas BPJS Kesehatan
  4. Berikan berkas persyaratan kepada petugas BPJS Kesehatan
  5. Selanjutnya, petugas akan melakukan pengecekan
  6. Petugas memproses data (pembenaran data NIK yang salah)
  7. Selesai

Selain menggunakan kedua cara di atas, pengurusan data BPJS Kesehatan yang beda dengan KTP dapat dilakukan dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan (nomor telepon : 1500400).

Apakah Data BPJS Kesehatan Harus Sama Dengan KTP?

Berdasarkan informasi yang diperoleh, data BPJS Kesehatan harus sesuai dengan KTP. Hal ini dikarenakan, di dalam E-KTP telah menyimpan berbagai informasi data kependudukan, serta terdapat data rekam sidik jari dan iris mata.

Sedangkan, jika hanya mengacu pada NIK, masih terdapat kemungkinan adanya penyalahgunaan data.