Mutasi Kendaraan Cirebon ke Daerah Lain : Biaya, Cara, & Syarat

Advertisements

Mutasi Cirebon – Jika Anda berdomisili di luar Cirebon dan membeli motor atau mobil dari kabupaten atau kota Cirebon, Anda harus melakukan cabut berkas dulu di Samsat Wilayah Cirebon sebelum mendaftarkan kendaraan Anda dengan domisili baru di Samsat tujuan.

Biaya mutasi Cirebon adalah Rp. 535.000 untuk kendaraan roda 2 dan 3, Rp. 925.000 untuk kendaraan roda 4. Biaya tersebut digunakan untuk penerbitan surat mutasi, STNK, BPKB, dan TNKB

Untuk mengetahui informasi seputar cara dan syarat mutasi di Wilayah Cirebon, silahkan Anda lihat penjelasannya berikut ini.

Daftar Isi

Lokasi Samsat Kota Cirebon

Mutasi kendaraan bermotor di Wilayah Kota atau Kabupaten Cirebon harus dilakukan di Kantor Samsat di mana kendaraan Anda terdaftar, sehingga proses mutasi tidak bisa dilakukan di Samsat Outlet ataupun samsat keliling.

Bagi pemilik kendaraan yang ingin mutasi dari Kota Cirebon ke daerah lain bisa menggunakan pelayanan Samsat Kota Cirebon. Samsat Kota Cirebon berlokasi di Jl. Pemuda Raya No.44, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Berikut tampilan gambar lokasi Samsat Kota Cirebon.

lokasi Samsat Cirebon

Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan tampilan peta wilayah Samsat Kota Cirebon.

Lokasi Samsat Kabupaten Cirebon

Salah satu Samsat Kabupaten Cirebon yang bisa digunakan untuk proses mutasi adalah Samsat Sumber. Samsat Sumber beralamatkan di Jl. Sunan Drajat No.11, Sumber, Kec. Sumber, Cirebon, Jawa Barat.

Jam operasional Samsat Sumber adalah Senin – Sabtu jam 08.00 – 14.00, khusus untuk hari Sabtu Samsat Sumber tutup pukul 14.00.

Untuk lebih jelasnya mengenai letak lokasi Samsat Kabupaten Cirebon, Anda dapat melihatnya pada tampilan peta berikut.

Sebelum melakukan mutasi, lengkapi dulu semua berkas persyaratan agar mempermudah Anda nantinya. Sebisa mungkin hindari pembayaran melalui jasa calo, karena biaya yang akan Anda bayar akan lebih besar.

Syarat Mutasi di Wilayah Cirebon

Untuk melakukan mutasi di wilayah Kota atau Kabupaten Cirebon, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan, antara lain:

  • KTP pemilik baru (asli dan fotocopy)
  • STNK (asli dan fotocopy)
  • BPKB (asli dan fotocopy)
  • Hasil cek fisik kendaraan
  • Kuitansi jual beli kendaraan yang sah

Cara Mutasi di Wilayah Cirebon

Langkah-langkah untuk mutasi dari Cirebon melalui Samsat Sumber, Kabupaten Cirebon antara lain:

  1. Siapkan seluruh berkas persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Datang ke Samsat Sumber beserta dengan seluruh persyaratan dan kendaraan Anda yang akan dimutasi.
  3. Masuk ke area cek fisik kendaraan lalu pergi ke Loket Cek Fisik untuk pengisian formulir mutasi.
  4. Lakukan cek fisik kendaraan Anda.
  5. Ambil hasil cek fisik yang diberikan petugas dan bawa kembali ke Loket Cek Fisik untuk dilakukan pengesahan.
  6. Setelah itu, silahkan masuk ke gedung Samsat menuju ke ruang mutasi yang berada di sebelah kiri paling ujung.
  7. Serahkan semua berkas persyaratan dan tunggu hingga berkas selesai diproses.
  8. Jika berkas telah lengkap, Anda akan diberi surat jalan sebagai pengganti STNK Anda yang ditahan karena proses mutasi.
  9. Datang kembali ke Samsat Sumber sesuai dengan tanggal yang telah diberitahukan oleh pegawai Samsat.
cara mutasi Cirebon

Setelah proses mutasi dari Samsat Sumber telah selesai, Anda bisa melanjutkan proses mutasi ke Samsat tujuan. Contohnya, jika Anda ingin mutasi dari Cirebon ke Jakarta, maka setelah dari Samsat Cirebon, lanjutkan proses mutasi masuk ke Samsat Jakarta.

Jika mutasi masuk kendaraan Anda sudah di proses, maka Anda akan mendapatkan plat nomor yang baru. Untuk plat nomor cirebon sendiri, memiliki kode plat nomor E.

Biaya Mutasi Cirebon

Berikut ini adalah biaya mutasi kendaraan bermotor di Wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon ke daerah lain

KeteranganJumlah
Penerbitan surat mutasi roda 2 atau roda 3Rp. 150.000
Penerbitan surat mutasi roda 4 atau lebihRp. 250.000

Nb. Biaya diatas hanya mutasi keluar. Anda akan dikenakan biaya kembali saat melakukan mutasi masuk di samsat tujuan.

Biaya Mutasi Masuk di Samsat Tujuan

Mutasi masuk akan dikenai biaya lebih banyak dibandingkan mutasi keluar. Besar biaya mutasi masuk untuk motor dan mobil tidak sama.

Berikut rincian biaya mutasi masuk motor dan mobil dari Cirebon ke Samsat Tujuan. Biaya dibawah dapat lebih murah jika Anda membayar pada saat Program Pemutihan Cirebon berlangsung.

Biaya Mutasi Masuk Mobil

KeteranganJumlah
Penerbitan STNKRp. 200.000
Penerbitan BPKBRp. 375.000
Penerbitan TNKBRp. 100.000

Biaya Mutasi Masuk Motor

KeteranganJumlah
Penerbitan STNKRp. 100.000
Penerbitan BPKBRp. 225.000
Penerbitan TNKBRp. 60.000

Untuk mengetahui rincian biaya mutasi kendaraan Anda secara pasti sesuai dengan plat nomornya, Anda dapat menggunakan Aplikasi Cek Pajak Cirebon.

Pertanyaan Seputar Mutasi Cirebon

Berapa lama proses mutasi di wilayah Cirebon?

Untuk proses mutasi di wilayah Cirebon bisa saja berbeda pada setiap Samsatnya. Pada umumnya proses mutasi memakan waktu kurang lebih 7 – 30 hari. Namun untuk Samsat Sumber Kabupaten Cirebon, proses mutasi kurang lebih selama 2 minggu.

Kapan saat yang tepat untuk melakukan mutasi?

Proses mutasi kendaraan sebaiknya dilakukan paling lambat 1,5 bulan sebelum jatuh tempo pembayaran PKB. Hal tersebut karena biasanya proses mutasi keluar kurang lebih selama 1 bulan, dan mutasi masuk prosesnya kurang lebih selama 1 minggu.
Jika pengurusan mutasi dilakukan 1 bulan sebelum jatuh tempo PKB, bisa jadi Anda akan melewati jatuh tempo pembayaran PKB sehingga pembayaran pajak kendaraan akan terlambat dan Anda bisa dikenai denda.

Jika terjadi tunggakan pajak tahunan pada kendaraan bekas yang dibeli dari Cirebon, dan akan di mutasi ke Indramayu, lalu dimanakah tunggakan pajak tersebut dibayar? Di Samsat Cirebon atau Samsat Indramayu?

Tunggakan pajak tersebut nantinya akan terlihat pada saat pengecekan fiskal pada proses mutasi keluar atau cabut berkas di Samsat Cirebon. Jadi Anda perlu membayarnya di samsat tersebut.