Mutasi Kendaraan Provinsi Bali : Biaya, Cara, & Syarat

Mutasi Bali – Pemilik kendaraan domisili Bali yang ingin membawa kendaraannya untuk pindah domisili ke luar Bali, maka pemilik kendaraan harus menuju ke Samsat terlebih dahulu untuk mengurus mutasi kendaraan.

Advertisements

Untuk biaya mutasi motor dan juga mobil di Bali berbeda. Total biaya mutasi motor Bali adalah Rp. 535.000, dan total biaya mutasi mobil Bali adalah Rp. 925.000. Biaya-biaya tersebut untuk menerbitkan surat mutasi, pencetakan BPKB, STNK, dan juga plat nomor.

Prosedur mutasi kendaraan di Bali tidaklah rumit, asalkan semua berkas-berkasnya lengkap. Untuk syarat dan juga cara mutasi kendaraan dari Bali ke daerah lain bisa Anda baca penjelesannya secara lengkap pada artikel ini.

Daftar Isi:

Advertisements

Syarat Mutasi Motor & Mobil di Bali

  • KTP
  • BPKB
  • STNK
  • Kuitansi jual beli bermaterai Rp. 6000
  • Cek fisik kendaraan

Syarat-syarat tersebut sangat dibutuhkan baik dalam bentuk asli maupun fotocopy. Jadi, sebelum melakukan pengurusan mutasi kendaraan, sebaiknya Anda melakukan fotocopy untuk setiap persyaratan dan dikumpulkan dalam 1 map khusus.

Cara Mutasi Motor & Mobil di Bali

  1. Siapkan semua dokumen yang diperlukan.
  2. Silahkan datang ke Kantor Samsat di Wilayah Bali sesuai dengan Kantor Samsat yang tertera di BPKB.
  3. Kemudian lakukan cek fisik pada motor atau mobil yang akan dimutasi tersebut di lokasi cek fisik area Samsat.
  4. Setelah itu lakukan verifikasi pada hasil pemeriksaan cek fisik tersebut.
  5. Kemudian lakukan pendaftaran mutasi di Loket Pendaftaran Mutasi Keluar.
  6. Kumpulkan semua berkas yang diminta oleh petugas dan isi formulir pendaftaran.
  7. Lakukan pembayaran di kasir.
  8. Tunggu hingga petugas selesai memproses berkas-berkas Anda.
  9. Datang lagi ke kantor Samsat untuk mengambil berkas mutasi pada tanggal yang telah ditentukan.
Advertisements

Jika berkas mutasi dari Samsat Bali sudah keluar, berikan berkas tersebut ke Samsat yang ada di daerah tujuan Anda.

Contohnya, Anda ingin mutasi dari Bali ke Jawa, maka setelah menerima berkas mutasi dari Samsat Bali, Anda bisa langsung membawa berkas-berkas tersebut ke Samsat dimana daerah tujuan Anda untuk mutasi masuk.

cara mutasi kendaraan Bali

Biaya Mutasi Kendaraan di Bali

Pada saat cabut berkas di Samsat wilayah Bali, Anda akan dikenakan biaya untuk penerbitan surat mutasi kendaraan. Besarnya biaya tersebut antara lain:

KeteranganJumlah
Penerbitan surat mutasi roda 2 atau roda 3Rp. 150.000
Penerbitan surat mutasi roda 4 atau lebihRp. 250.000

Namun perlu diketahui, nanti akan ada biaya lagi saat Anda memasukkan berkas untuk mutasi masuk di Samsat tujuan.

Advertisements

Biaya Mutasi Kendaraan di Samsat Tujuan

Setelah sampai di Samsat daerah tujuan, berikan berkas mutasi dari Samsat sebelumnya ke bagian mutasi masuk. Pada saat mutasi masuk ini, akan ada biaya untuk pencetakan BPKB, TNKB, dan juga STNK kendaraan Anda yang baru. Berikut rinciannya.

Biaya Mutasi Masuk Mobil

KeteranganJumlah
Penerbitan STNKRp. 200.000
Penerbitan BPKBRp. 375.000
Penerbitan TNKBRp. 100.000

Biaya Mutasi Masuk Motor           

KeteranganJumlah
Penerbitan STNKRp. 100.000
Penerbitan BPKBRp. 225.000
Penerbitan TNKBRp. 60.000

Lokasi Samsat di Provinsi Bali

Bagi Anda yang ingin melakukan mutasi kendaraan, Anda harus datang terlebih dahulu di Samsat wilayah Bali yang sesuai dengan BPKB kendaraan Anda. Di Provinsi Bali itu sendiri terdapat 9 wilayah yang terdiri dari 1 Samsat Kota dan 8 Samsat Kabupaten yang menyebar di seluruh Provinsi Bali.

NoNama SamsatAlamatWilayah (Kecamatan)
1.Samsat Denpasar Bali/RenonJalan Cok Agung Tresna No.1 Renon, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, BaliDenpasar Barat, Denpasar Timur, Denpasar Selatan, Denpasar Utara.
2.Samsat Kabupaten Badung MengwiJalan I Gusti Ngurah Rai No.203, Werdi Bhuwana, Mengwi, Werdi Bhuwana, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, BaliAbiansemal, Kuta, Kuta Selatan, Kuta Utara, Mengwi, Petang.
3.Samsat Kabupaten GianyarJl. Raya Samplangan, Samplangan, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.Blahbatuh, Gianyarm Payanganm Sukawati, Tampaksiring, Tegallalang, Ubud
4.Samsat Kabupaten JembranaJl. Udayana, Banyu Biru, Kec. Negara, Kabupaten Jembrana, BaliMalaya, Negara, Jembrana, Mendoyo, Pekutatan.
5.Samsat Kabupaten TabananJl. Katamso No.6, Dajan Peken, Kec. Tabanan, Kabupaten Tabanan, BaliBaturiti, Kediri, Kerambitan, Marga, Penebel, Pupuan, Selemadeg, Selemadeg Barat, Selemadeg Timur, Tabanan.
6.Samsat Kabupaten BulelengJalan Laksamana Barat, Baktiseraga, Singaraja, Bali, Baktiseraga, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, BaliBuleleng, Banjar, Busung Biu, Gerokgak, Kubutambahan, Sawan, Seririt, Sukasada, Tejakula.
7.Samsat Kabupaten KarangasemJl. Achmad Yani, Subagan, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, BaliAbang, Bbandem, Karangasem, Kubu, Manggis, Rendang, Selat, Sidemen.
8.Samsat Kabupaten KlungkungJalan Ngurah Rai No.3, Semarapura Tengah, Klungkung, Semarapura Kauh, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, BaliBanjarangkan, Dawan, Klungkung, Nusa Penida.
9.Samsat Kabiupaten BangliKawan, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.Bangli, Kintamani, Susut, Tembuku.

Pertanyaan Seputar Mutasi Kendaraan di Provinsi Bali

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mutasi keluar di Bali?

Waktu yang dibutuhkan untuk mutasi kendaraan di wilayah bali bisa berbeda di setiap samsatnya. Namun pada umumnya, proses cabut berkas memerlukan waktu kurang lebih selama 1 bulan.

Bisakah mutasi kendaraan secara online?

Untuk sampai saat ini masih belum bisa. Mutasi kendaraan harus dilakukan di Samsat.

Bagaimana jika timbul tunggakan pajak pada saat mutasi?

Harus dilunasi terlebih dahulu pada saat melakukan mutasi.

Apakah mutasi kendaraan harus sekaligus balik nama?

Belum tentu. Balik nama sekaligus mutasi hanya dilakukan untuk pembelian kendaraan bekas di luar domisili. Jika kendaraan atas nama milik sendiri hanya pindah domisili ke luar daerah, maka prosedur yang dilakukan hanya mutasi saja.