Mutasi Kendaraan Aceh Tengah : Biaya, Syarat, & Cara

Mutasi Aceh Tengah – Pemilik kendaraan yang terdaftar di Samsat Aceh Tengah yang ingin memindahkan domisili kendaraan, harus melalui proses mutasi keluar dan mutasi masuk di samsat tujuan. Jika Anda pindah domisili, maka mutasi kendaraan perlu dilakukan, untuk memudahkan pembayaran pajak 5 tahunan dan pengurusan data kendaraan.

Berapa biaya mutasi kendaraan di Aceh Tengah? Biaya mutasi motor Aceh Tengah adalah Rp. 535.000. Sedangkan, biaya mutasi mobil Aceh Tengah sebesar Rp. 925.000. Biaya tersebut digunakan untuk penerbitan surat mutasi dan data kendaraan. Biaya belum termasuk denda pajak dan PKB.

Biaya mutasi kendaraan bermotor di Aceh Tengah dapat dicek secara online melalui Aplikasi Cek Biaya Mutasi sesuai dengan jenis keperluannya. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, silahkan tekan tombol download di bawah ini.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan seputar biaya, syarat, dan cara mutasi kendaraan di Aceh Tengah secara lebih jelas.

Daftar Isi:

Cek Biaya Mutasi Aceh Tengah Online

Cek biaya mutasi Aceh Tengah bisa dilakukan secara online, melalui Aplikasi Cek Biaya Mutasi. Dalam aplikasi, pengecekan biaya pajak Anda bisa didapatkan sesuai dengan jenis mutasi yang akan Anda lakukan.

Untuk cek biaya mutasi secara online, Anda hanya perlu memasukkan tarif PKB dan memilih jenis layanan mutasi (mutasi masuk atau mutasi keluar). Tarif PKB juga bisa Anda dapatkan pada aplikasi tersebut sesuai dengan data kendaraan.

Bagi Anda yang ingin mengecek tarif mutasi kendaraan melalui Aplikasi Cek Biaya Mutasi, silahkan tekan tombol download di bawah ini.

Lokasi Samsat Aceh Tengah Untuk Mutasi Kendaraan

Untuk mutasi kendaraan yang terdaftar di Kabupaten Aceh Tengah, silahkan datang ke Kantor Samsat Aceh Tengah, di Jl, Abdul Wahab No. 108 – 109 (arah dari danau Lut Tawar dari Simpang IV Bebesen), Kec. Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah.

Berikut sematan peta menuju lokasi kantor Samsat Induk Aceh Tengah.

Jam pelayanan Samsat Kabupaten Aceh Tengah adalah pukul 08.00 – 13.00 setiap hari Senin s/d Jum’at. Namun, untuk pengurusan mutasi, silahkan datang di pagi hari, agar mendapatkan nomor antrian kecil dan pastikan membawa berkas persyaratan.

Datanglah ke kantor Samsat di pagi hari untuk menghindari antrian yang panjang. Jangan lupa lengkapi semua berkas persyaratan sebelum datang ke samsat.

Syarat Mutasi Motor & Mobil di Aceh Tengah

Berikut ini merupakan berkas yang diperlukan untuk syarat mutasi motor & mobil di samsat Aceh Tengah:

  • KTP pemilik kendaraan asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • BKPB asli dan fotokopi
  • Bukti pemeriksaan cek fisik kendaraan
  • Kuitansi pembelian bermeterai (mutasi kendaraan dan balik nama pemilik).

Keterangan : Jika pengurusan mutasi kendaraan dilakukan oleh orang lain, silahkan lampirkan berkas persyaratan surat kuasa bermaterai.

Cara Mutasi Kendaraan Kabupaten Aceh Tengah

Berikut cara mutasi kendaraan roda empat (mobil) dan roda dua (motor) di Samsat Aceh Tengah:

  1. Bawa seluruh persyaratan mutasi keluar ke Kantor Samsat Aceh Tengah
  2. Silahkan menuju lokasi cek fisik Samsat Aceh Tengah
  3. Minta formulir cek fisik kepada petugas di Loket Cek Fisik
  4. Antrikan kendaraan agar dicek fisik oleh petugas samsat
  5. Setelah menerima hasil cek fisik, serahkan ke petugas layanan cek fisik untuk verifikasi
  6. Bawa seluruh berkas ke Loket Pendaftaran Mutasi di dalam Gedung Samsat Aceh Tengah
  7. Berikan seluruh berkas persyaratan mutasi kepada petugas
  8. Isi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar
  9. Petugas akan melakukan input data dan pengecekan tagihan pajak
  10. Bayar tagihan ke Loket Pembayaran, lokasinya berada di sebelah kiri Loket Pendaftaran
  11. Simpan surat keterangan dan bukti pembayaran
  12. Silahkan datang kembali ke Kantor Samsat untuk mengambil berkas mutasi, sesuai jadwal yang diinformasikan oleh petugas.

Keterangan : Proses cabut berkas di Samsat Aceh Tengah, perlu waktu sekitar 7 sampai 30 hari.

cara mutasi kendaraan Aceh Tengah

Jika Anda telah menerima seluruh berkas mutasi keluar dari Samsat Aceh Tengah, silahkan bawa ke samsat tujuan, untuk mutasi masuk. Sebagai contoh, untuk mutasi kendaraan dari Aceh Tengah ke Jawa Timur, maka mutasi keluar dilakukan di Samsat Aceh Tengah dan mutasi masuk di salah satu Samsat Induk di Jawa Timur (sesuai identitas pemilik).

Setelah mutasi masuk dilakukan plat kode BL Anda akan diganti dengan plat kode baru (sesuai domisili samsat terdaftar). Biaya yang dibutuhkan untuk membuat plat baru sebesar Rp. 60.000 (motor) atau Rp. 100.000 (mobil).

Biaya Mutasi Keluar di Kabupaten Aceh Tengah

Untuk tarif mutasi keluar di Samsat Aceh Tengah telah ditetapkan secara resmi dalam Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 2020 tentang jenis dan tarif PNBP, sebagai berikut:

KeteranganJumlah
Penerbitan surat mutasi roda 2 atau roda 3Rp. 150.000
Penerbitan surat mutasi roda 4 atau lebihRp. 250.000

Biaya penerbitan surat mutasi dilakukan saat proses mutasi keluar di samsat asal. Bukan hanya itu, untuk bisa menerbitkan surat mutasi keluar, Anda juga harus melunasi tunggakan pajak kendaraan.

Anda bisa melakukan cek pajak Aceh Online untuk mengetahui biaya pajak yang menunggak. Untuk mengurangi biaya pajak yang menunggak, pemerintah menyediakan program pemutihan Aceh. Anda bisa gunakan program tersebut dengan cara melakukan mutasi ketika program dilakukan.

Biaya Mutasi Masuk di Samsat Tujuan

Saat melakukan mutasi masuk di kantor samsat tujuan, biaya yang harus dikeluarkan meliputi penerbitan data kendaraan (STNK, BPKB, plat) sesuai dengan domisili baru. Biaya penerbitan tersebut juga tercantum dalam PP No. 76 Tahun 2020.

Berikut ini biaya penerbitan STNK, BPKB, dan TNKB saat mutasi masuk.

Biaya Mutasi Masuk Mobil

KeteranganJumlah
Penerbitan STNKRp. 200.000
Penerbitan BPKBRp. 375.000
Penerbitan TNKBRp. 100.000

Biaya Mutasi Masuk Motor

KeteranganJumlah
Penerbitan STNKRp. 100.000
Penerbitan BPKBRp. 225.000
Penerbitan TNKBRp. 60.000

Perlu diketahui bahwa, kendaraan Aceh Tengah yang akan dimutasi masuk ke kota atau kabupaten dalam Provinsi Aceh, maka tarif pajak tidak perlu dibayarkan (jika masa berlaku pajak masih aktif).

Namun, untuk mutasi masuk ke luar provinsi, maka harus membayar pajak baru di samsat tujuan, meski masa berlaku pajak masih aktif. Hal tersebut dikarenakan, pajak kendaraan bermotor dipungut oleh Pemerintah Provinsi.