Mutasi Kendaraan Aceh Barat : Biaya, Cara, & Syarat

Mutasi Aceh Barat – Proses perpindahan data domisili kendaraan atau biasa disebut mutasi kendaraan sangat perlu untuk dilakukan. Hal ini berfungsi untuk mempermudah wajib pajak saat pembayaran pajak 5 tahunannya.

Advertisements

Untuk Anda yang akan melakukan pindah domisili dari kabupaten Aceh Barat ke daerah lain, Anda perlu melakukan mutasi kendaraan terlebih dahulu. Proses ini akan membutuhkan biaya yang cukup banyak.

Berapa biaya mutasi kendaraan Aceh Barat? Biaya mutasi motor Aceh Barat adalah Rp535.000, sedangkan biaya mutasi mobil Aceh Barat adalah Rp925.000. Biaya tersebut akan digunakan untuk penerbitan surat mutasi, STNK, BPKB, dan juga TNKB.

Untuk Anda yang ingin mengetahui cara, syarat, dan biaya lebih rinci mengenai Mutasi Kendaraan Aceh Barat, Anda dapat menyimak artikel berikut.

Daftar Isi :

Advertisements

Lokasi Samsat Aceh Barat

Untuk pelayanan mutasi kendaraan, Anda hanya dapat melakukannya di samsat pusat. Salah satu samsat pusat di Aceh Barat adalah Samsat Meulaboh. Samsat ini berlokasi di Drien Rampak, Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681.

Lokasi samsat ini terletak di dekat Masjid Agung Baitul Makmur. Untuk lebih jelasnya, dapat Anda lihat pada peta berikut.

Untuk jam pelayanan Samsat Meulaboh sedikit lebih lama dari pada samsat lainnya, yaitu Senin – Kamis jam 08.00-16.45, Jum’at jam 08.00-16.30, dan Sabtu jam 08.00-13.00.

Samsat ini sedikit terkenal dengan pelayanannya yang sedikit lambat. Jadi, untuk Anda yang ingin melakukan mutasi di samsat ini, sebaiknya Anda melakukannya di pagi hari. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menyelesaikan mutasi dalam waktu satu hari.

Biaya Mutasi Kendaraan di Aceh Barat

Biaya yang akan dikeluarkan di Aceh Barat merupakan biaya mutasi keluar saja. Biaya mutasi keluar tersebut digunakan untuk penerbitan surat mutasi kendaraan.

Berikut biaya mutasi keluar motor ataupun mobil di Aceh Barat.

Rincian BiayaJumlah
Penerbitan surat mutasi roda 2 atau roda 3Rp. 150.000
Penerbitan surat mutasi roda 4 atau lebihRp. 250.000
Advertisements

 Nb. Untuk mutasi masuk di samsat tujuan, Anda akan dikenakan biaya lagi.

Biaya Mutasi Kendaraan di Samsat Tujuan

Biaya mutasi kendaraan di samsat tujuan atau biasa dikenal dengan mutasi masuk, akan membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan dengan biaya mutasi keluarnya.

Biaya-biaya tersebut akan digunakan untuk penerbitan data-data kendaraan yang sesuai domisili terbarunya. Berikut rincian biaya mutasi masuk motor dan mobil di samsat tujuan.

Biaya Mutasi Masuk Motor           

KeteranganJumlah
Penerbitan STNKRp. 100.000
Penerbitan BPKBRp. 225.000
Penerbitan TNKBRp. 60.000

Biaya Mutasi Masuk Mobil

KeteranganJumlah
Penerbitan STNKRp. 200.000
Penerbitan BPKBRp. 375.000
Penerbitan TNKBRp. 100.000

Cara Mutasi Motor & Mobil Aceh Barat

Saat pengurusan mutasi kendaraan, Anda perlu mengetahui prosedurnya guna memperlancar proses mutasi kendaraan Anda.

Berikut cara mutasi kendaraan di Aceh Barat.

  1. Pergi ke kantor Samsat Meulaboh.
  2. Langsung parkirkan kendaraan Anda di area dekat cek fisik.
  3. Setelah itu, ambil formulir pendaftaran cek fisik.
  4. Bawa kendaraan Anda dan parkirkan di area cek fisik untuk dilakukan gesek nomor rangka dan mesin oleh petugas cek fisik.
  5. Lalu, kembali ke Loket Cek Fisik untuk dilakukan pengesahan Hasil Cek Fisik.
  6. Setelah hasil cek fisik sah, pergi ke loket pendaftaran mutasi keluar dan serahkan seluruh berkas persyaratan beserta hasil cek fisik tersebut.
  7. Tunggu petugas mengecek berkas dan tunggakan pajak kendaraan Anda. Jika Anda memiliki tunggakan pajak, maka Anda perlu melunasi tunggakan tersebut terlebih dahulu untuk dapat melanjutkan proses mutasinya.
  8. Setelah tunggakan pajak terselesaikan, Anda akan diarahkan ke kasir untuk pembayaran biaya mutasi keluar. Setelah pembayaran selesai, Anda akan diberikan surat keterangan yang berisi tanggal pengambilan berkas mutasi kendaraan tersebut.
  9. Datang ke kantor samsat sesuai dengan tanggal yang tertera. Angan lupa membawa surat keterangannya juga saat akan mengambil berkas kendaraan tersebut.
Advertisements

Setelah proses mutasi keluar selesai dilakukan, Anda perlu melakukan mutasi masuk di daerah smsat tujuan. Pastikan samsat yang Anda datangi adalah samsat pusat pada daerah tersebut.

Sebagai contoh di Samsat wilayah Jawa Timur, tepatnya di Surabaya. Salah satu Samsat pusat wilayah Surabaya adalah di Samsat Manyar.

Untuk cara mutasi keluar hingga masuk wilayah Aceh Barat ke daerah lain, Anda dapat melihatnya pada infografis berikut.

cara mutasi kendaraan Aceh Barat

Syarat Mutasi Motor & Mobil Aceh Barat

Untuk dapat melakukan prosedur dengan lancar, Anda perlu melengkapi dokumen persyaratan mutasi. Berikut beberapa syarat mutasi kendaraan mobil dan motor.

  • BPKB (asli dan fotocopy)
  • STNK (asli dan fotocopy)
  • KTP (asli dan fotocopy)
  • Hasil cek fisik kendaraan
  • Kwitansi pembelian bermaterai (hanya untuk mutasi kendaraan bekas)