Cara Menghitung PAJAK Kendaraan Bermotor ONLINE : (Dalam 30 DETIK)

Cara menghitung pajak kendaraan ~ ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menghitung pajak kendaraan, antara lain menggunakan kalkulator pajak, menggunakan aplikasi , menghitung secara manual, dan melihat dari STNK. Dan dibawah ini kami juga sertakan cara menghitung pajak kendaraan dalam 30 detik saja.

Bagaimana cara mengitung pajak kendaraan bermotor ? Cara menghitung pajak kendaraan bermotor adalah dengan rumus (NJKB kendaraan X (Tarif Pajak daerah + pajak progresif)). Tarif pajak daerah berbeda-beda, tarif minimal adalah 1,5% dan tarif tertinggi adalah 2%. Jika anda terkena pajak progresif, tarifnya akan lebih tinggi lagi.

Intinya beda daerah beda tarif pajak kendaraanya, jika anda ingin tau peraturan daerah anda secara gamblang anda bisa cek Peraturan daerah tentang tarif pajak kendaraan.

Daftar isi

1. Cara menghitung pajak kendaraan dalam 30 Detik

2. Cara mengitung Pajak motor tahunan

3. Cara menghitung denda pajak motor

4. Cara menghitung pajak motor 5 tahunan

5. Cara Menghitung Pajak Mobil tahunan

6. Cara meghitung denda pajak mobil

7. Cara menghitung pajak mobil 5 tahunan

1. Cara Menghitung Pajak Kendaraan Dalam 30 Detik

Cara ini adalah cara paling tepat dan cepat serta paling benar, karena data yang di dapatkan adalah langsung dari samsat. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan online.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengecek pajak anda secara langsung dari database samsat.

Anda hanya perlu menginstalnya, kemudian pilih wilayah anda dan masukan plat nomor kendaraan anda disana. Nanti pajak anda akan keluar. Dan proses nya hanya membutuhkan waktu 30 detik bahkan kurang.

Cara menghitung Pajak Kendaraan Bermotor

  1. Siapkan Plat Nomor Kendaraan

  2. Buka Aplikasi Pajak Kendaraan

  3. Masukan Plat Nomor Anda di aplikasi

  4. Jumlahkan Biaya PKB dan SWDKLLJ anda

  5. Pajak motor anda Selesai dihitung

Berikut ini adalah video saya menggunakan aplikasi ini.

2. Cara Menghitung Pajak Motor Per Tahun

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk menghitung pajak motor tahunan, cara termudahnya adalah menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan online yang saya lampirkan diatas, atau anda bisa cek dengan melihat di STNK anda, atau cara ter sulit adalah dengan menghitungnya secara manual.

Menghitung Pajak Motor Via Aplikasi.

Untuk menghitung pajak tahuna via aplikasi caranya sangat mudah. Anda tinggal aplikasinya, kemudian anda pilih lokasi wilayah kendaraan anda terdaftar, beda wilayah beda tarif pajak, jadi motor sama pun kalo beda daerah biaya pajaknya bisa berbeda.

Setelah anda pilih wilayah anda, anda masukan saja plat nomor kendaraan anda, nanti pajak anda akan keluar, langsung dari database e samsat wilayah anda.

Berikut ini adalah contoh pajak motor beat saya hitung menggunakan aplikasi.

Menghitung Pajak Motor Di STNK

Cara menghitung pajak motor di STNK adalah anda hanya perlu menjumlahkan PKB dengan SWDKLLJ saja, hasil penjumlaha tersebut adalah biaya Pajak tahunan yang harus anda bayarkan.

Berikut ini adalah contoh STNK, dan biaya yang pajak tahunan, untuk pajak tahunan yang dihitung hanya PKB dan SWDKLLJ saja

Cara Menghitung Pajak Motor Secara Manual Menggunakan Rumus

Cara ini adalah cara paling sulit, karena anda harus mengetahui dasar pengenaan pajak motor terlebih dahulu. Dasar pengenaan pajak motor secara umum ada 3 yaitu

  • Nilai Jual Kendaraan Bermotor
  • Tarif pajak daerah
  • Ada tidaknya tarif progresif.

Jika anda bertanya, darimana samsat menentukan biaya pajak anda, maka 3 hal diatas adalah sumber perhitunganya.

NJKB

Nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) setiap motor itu berbeda meskipun merk dan model nya sama, anda bisa mengecek NJKB kendaraan anda melalui e samsat wilayah anda, atau anda tinggal instal saja aplikasi cek pajak yang kami sediakan diatas.

NJKB Yamaha Mio 2020 = Rp. 15.000.000

NJKB Yamah mio  2010 = Rp. 5.000.000

NJKB ini adalah harga jual kendaraan yang dipatok oleh pemegang hak merk dan juga dealer motor, jadi untuk mendapatkan NJKB ini pihak Bapeda harus melakukan survey harga pasaran kendaraan setiap tahun, baru setelah itu bisa di buat data njkbnya.

Dan NJKB motor biasanya akan semakin turun seiring waktu berjalan. Jadi pajaknya pun biasanya akan turun mengikuti NJKB nya.

Tarif Pajak Daerah

Untuk menghitung secara manual, anda harus juga mengetahui tarif pajak kendaraan di wilayah anda, karena setiap daerah beda-beda tarifnya. Secara umum pemerintah pusat sudah menentukan batas tertinggi tarif pajak adalah 2% dari NJKB. Namun untuk beberapa wilayah tarif pajaknya hanya 1,5% saja.

Contohnya, wilayah jawa timur tarif pajaknya 1,5%, jawa tengah 1,5%, jawa barat 1,75%, dan jakarta 2%.

Selain pajak pokok, terdapat juga tarif pajak progresif yang beda daerah bisa beda juga tarifnya, untuk mengecek tarif pajak daearah anda anda bisa cek kumpulan peraturan daerah tentang pajak kendaraan, tapi kalo motor anda hanya 1, maka anda tidak akan terkena pajak progresif.

Rumus Untuk Menghitung Pajak Motor

 Setelah anda mengetahui NJKB, tarif pajak dan progresif anda, sekarang anda bisa menghitung pajak anda secara manual.

Rumus menghitung pajak kendaraan adalah (NJKB X (Tarif pajak Daerah + tarif progresif))

Contoh :

Misalkan anda tinggal di jawa timur, dan motor anda adalah Yamaha Mio tahun 2010, maka hitunganya adalah

NJKB mio 2020 = Rp. 15.000.000

Tarif pajak jawa timur = 1,5%

Pajak progresif = tidak ada.

Maka :

PKB = (NJKB X (Tarif pajak Daerah + tarif progresif))

PKB = Rp. 15.000.000 X (1,5%+0)

PKB = Rp. 15.000.000 x 1,5%

PKB = Rp. 225.000

Ini adalah pajak pokok nya saja, anda juga diharuskan untuk membayar biaya SWDKLLJ sebesar Rp. 35.000, jadi total yang harus anda bayar adalah Rp. 260.000

Namun jika anda tinggal di jakarta yang tarif pajaknya adalah 2%, maka pajak (PKB) anda akan menjadi  Rp. 300.000, dan jika ditambah SWDKLLJ akan menjadi Rp. 335.000.

3. Cara Menghitung Denda Pajak Motor

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menghitung denda pajak motor anda, antara lain, anda bisa mengeceknya melalui aplikasi cek pajak yang kami sediakan ditas dan di bawah layar ponsel anda, atau anda bisa menghitungnya menggunakan kalkulator denda pajak motor yang saya siapkan dibawah, atau anda juga bisa menghitungnya secara manual menggunakan rumus.

Menghitung denda motor dengan aplikasi

Sebenarnya ini bukan menghitung sih, tapi mengecek denda anda secara langsung di samsat. Caranya anda tinggal instal saja aplikasi cek pajak, kemudian anda tinggal masukan data kendaraan anda saja. Nanti denda anda akan muncul.

Berikut ini adalah contohnya.

Download Aplikasi Cek Denda Pajak

Tidak semua wilayah menyediakan informasi Denda, namun semuanyamenyediakan informasi pajak anda dengan lumayan detail.

Menghitung Denda Pajak Motor Menggunakan Kalkulator Denda Pajak

Untuk cara ini, anda tinggal masukan saja PKB anda di kolom PKB, dan juga anda harus isi berapa bulan anda menunggak pajak kendaraan. Setelah anda isi, nanti jumlah denda pajak motor anda akan muncul beserta berapa biaya total yang harus anda bayarkan.

Menghitung Denda Pajak Motor Dengan Rumus

Jika bisa memilih anda pasti memilih yang paling mudah, namun jika anda memilih cara tersulit, anda bisa menghitung denda pajak anda secara manual, berikut ini adalah rumusnya.

Denda pajak = PKB x 25% x jumlah bulan terlambat/12

4. Menghitung Pajak Motor 5 Tahunan

Bagaiamana cara menghitung pajak motor 5 tahunan? Caranya adalah dengan menjumlahkan Biaya PKB (setiap motor berbeda) + SWDKLLJ Sebesar Rp. 35.000 + Cetak TNKB Rp. 60.000+ Cetak STNK Rp. 100.000.

Untuk mengetahui berapa biaya pajak 5 tahunan yang harus anda bayarkan anda bisa menggunakan Aplikasi cek pajak kami, atau anda bisa juga menghitungnya secara manual dengan menggunakan STNK anda.

Menghitung Pajak Motor 5 Tahunan Dengan Aplikasi

Setelah anda mendownload aplikasinya, anda tinggal masukan saja plat nomor kendaraan anda, dan anda bisa lihat berapa PKB anda, SWDKLLJ, cetak TNKB dan Cetak STNK.

Anda tinggal menjumlahkan nya saja.

Menghitung Berdasarkan STNK

Jika anda menggunakan STNK anda sebagai sumber, maka disana Biaya Adm STNK dan Cetak TNKB masih kosong, jadi anda harus mengetahui biayanya.

Biaya Cetak TNKB (plat nomor) = Rp. 60.000

Biaya Cetak STNK = Rp. 100.000

Anda tinggal menjumlahkan PKB dan SWDKLLJ yang ada di STNK dengan 2 biaya diatas, nanti akan ketemu berapa biaya pajak 5 tahunan anda.

5. Cara Menghitung Pajak Mobil Tahunan

Cara menghitung pajak mobil sebenarnya sama saja dengan menghitung pajak motor yang ada diatas, ada beberapa cara yang bisa digunakan, mulai dari menghitung menggunakan aplikasi cek pajak, menghitung menggunakan STNK, dan menghitung secara manual menggunakan rumus.

Cara termudah adalah dengan menggunakan aplikasi pajak kendaraan. Karena anda bisa langsung tau berapa pajak yang harus anda bayarkan. caranya adalah berikut

  1. Siapkan plat nomor mobil anda
  2. Buka Aplikasi pajak kendaraan
  3. Masukan plat nomor mobil anda
  4. Jumlahkan PKB dan SWDKLLJ anda
  5. Pajak mobil anda selesai dihitung

Contoh hasil penghitungan

Dibawah ini adalah contoh menghitung pajak jazz tahun 2015, yang total biaya pajak tahunanya adalah Rp. 2.001.500

cara menghitung pajak mobil

Aplikasinya bisa di download dibawah ini

Menghitung Pajak Mobil Dengan STNK

Jika anda memiliki STNK mobilnya, anda tinggal buka STNK anda dan anda tinggal jumlahkan saja PKB anda dengan SWDKLLJ, maka itu adalah jumlah biaya pajak mobil tahunan yang harus anda bayarkan.

menghitung pajak mobil dengan stnk

6. Cara Menghitung Denda Pajak Mobil

Jika anda menunggak pajak kendaraan sudah pasti anda akan terkena denda pajak mobil. Untuk menghitung berapa denda pajak yang harus anda bayarkan anda bisa menggunakan kalkulator denda pajak mobil, atau menggunakan aplikasi, atau bisa juga menghitungnya secara manual.

Menghitung Denda Pajak Mobil Menggunakan Aplikasi

Cara yang digunakan sama seperti cara cek pajak, anda tinggal instal aplikasi cek pajak, kemudian masukan data kendaraan anda dan denda pajak anda akan muncul. Namun untuk beberapa wilayah, tidak tersedia informasi denda pajak dan anda harus menghitungnya sendiri.

Berikut ini adalah contoh info denda pajak via aplikasi.

Menghitung Denda Pajak Mobil Menggunakan Kalkulator Denda Pajak

Cara selanjutnya yang mudah adalah menggunakan kalkulator denda pajak mobil, anda tinggal masukan saja berapa PKB anda dan berapa bulan anda menunggak pajak. Nanti jumlah denda anda akan muncul beserta berapatotal pajak yang harus anda bayarkan.

Berikut ini adalah kalkulator denda pajak mobil

Menghitung Denda Pajak Secara Manual

Jika anda ingin menghitung secara manual, anda bisa menggunakan rumus Denda pajak = PKB x 25% x jumlah bulan terlambat/12

7. Cara Menghitung Pajak Mobil 5 Tahunan

Sebenarnya perbedaan biaya pajak mobil tahunan dan 5 tahunan hanyalah penambahan biaya cetak TNKB dan juga biaya cetak STNK, itu saja.

Cara menghitung pajak 5 tahunan mobil adalah dengan menjumlahkan biaya PKB (lihat di STNK) + SWDKLLJ Rp. 143.000 + Cetak TNKB Rp. 100.000 + Cetak STNK Rp. 200.000.

Sedangkan jika anda tidak memegang STNK, maka anda bisa menggunakan aplikasi cek pajak, disana anda bisa menemukan rincian PKB dan juga biaya lainya secara jelas.

Itulah cara menghitung pajak motor dan mobil, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar


pemerintahkota