Advertisements

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Avanza

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Avanza – Bagi pemilik kendaraan bermotor, seperti Toyota Avanza sebaiknya mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesin Avanza.

Advertisements

Hal ini bertujuan agar Anda dapat mencocokkan kondisi fisik kendaraan dengan keterangan yang terdapat di BPKB. Untuk mengetahui letak nomor rangka dan mesin Avanza, silahkan simak artikel berikut.

Dimana letak nomor rangka dan nomor mesin Avanza? Letak nomor rangka Avanza adalah di dalam kap mobil di sisi atas mesin tepat di bawah wiper, sedangkan nomor mesin berada di atas alternator.

Daftar isi :

  1. Letak Nomor Mesin Avanza
  2. Letak Nomor Rangka Avanza
  3. Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Avanza Online
  4. Manfaat Nomor Rangka dan Nomor Mesin Avanza
  5. Arti Nomor Rangka dan Nomor Mesin Avanza
  6. Cara Gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Mobil Avanza
  7. Bagaimana Cara Menugurus Nomor Rangka Hilang Karena Keropos?

Letak Nomor Mesin Avanza

Berdasarkan informasi yang telah kami dapatkan, letak nomor mesin Avanza berada di dalam kap depan mobil (ruang mesin) di atas alternator, atau di dekat tali kipas (fan belt).

Berikut penjelasan gambar dari nomor mesin Toyota Avanza.

nomor mesin Avanza 2008
Gambar : Nomor mesin Avanza tahun 2008

Untuk menemukan nomer mesin pada Avanza veloz 2016, sebaiknya Anda buka terlebih dahulu sambungan saringan hawanya, di situlah Anda akan menemukan barisan angka dan huruf, seperti yang diperlihatkan pada gambar di bawah ini.

nomor mesin Avanza 2016
Gambar : Nomor mesin Avanza Veloz tahun 2016

Letak Nomor Rangka Avanza

Selain letak nomor mesin, Anda juga harus mengetahui letak nomor rangka mobil. Untuk Toyota All New Avanza G tahun 2012 sampai dengan 2014 memiliki lokasi nomor rangka yang sama dengan Avanza Veloz 2016.

Letak nomor rangka tipe tersebut yaitu berada di dalam ruang kap depan mobil di sisi atas mesin atau tepat di bawah wiper.

Berikut penjelasan gambar letak nomor rangka Toyota Avanza Velos.

nomor rangka Avanza Veloz 2016
Gambar : Nomor rangka Toyota Avanza Veloz tahun 2016

Sedangkan, untuk mobil Avanza tahun 2004, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, dan 2011 memiliki letak nomor rangka di sebelah rangka bagian kiri dalam kap mesin, seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut.

nomor rangka Avanza 2008
Gambar : Nomor rangka Toyota Avanza tahun 2008

Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Avanza Online

Nomor mesin dan rangka akan sangat penting dan digunakan untuk proses pembayaran pajak 5 tahunan. Selain itu, pada saat Anda membeli mobil bekas Toyota Avanza, sebaiknya cocokkan nomor rangka dan mesin yang terdapat pada mobil dengan suratnya.

Namun, kini Anda juga dapat mengecek kesesuaian nomor rangka dan mesin mobil Toyota Avanza secara online melalui Aplikasi Cek Data Kendaraan, dengan sajian data seperti pada gambar berikut.

cek nomor rangka dan nomor mesin Avanza

Bagi Anda yang ingin mengecek nomor rangka dan mesin Avanza secara online, Anda dapat mengaksesnya pada Aplikasi Cek Data Kendaraan melalui tombol di bawah ini.

Manfaat Nomor Rangka dan Nomor Mesin Avanza

Selain di dalam kap mesin mobil, nomor rangka juga terdapat pada surat kendaraan, seperti BPKB dan STNK. Nomor rangka dan mesin yang terdapat pada setiap mobil memiliki fungsi yang penting, terutama pada saat melakukan proses pembayaran pajak 5 tahunan.

Pada saat membeli mobil bekas Avanza sebaiknya Anda juga melakukan kecocokan antara nomor rangka dan mesin yang terdapat pada mobil dengan yang tercatat pada BPKB dan STNK, untuk memastikan bahwa mobil memiliki identitas asli.

Arti Nomor Rangka dan Nomor Mesin Avanza

Setiap mobil memiliki nomor rangka atau VIN (Vehicle Identification Number) yang berbeda – beda. Namun, secara umum, jumlah nomor rangka pada mobil berjumlah 17 digit, yang memiliki arti sebagai berikut.

Urutan DigitArti
1 – 2Tempat asal kendaraan dirakit / Indonesia (MF – MK)
3Nama produsen kendaraan
4 – 8Deskripsi mobil, seperti jenis dan ukuran mesin, tipe, platform yang digunakan, hingga posisi setir
9Security Code
10Kode tahun produksi
11 – 17Nomor urut produksi

Untuk digit ke 4 – 9 biasanya hanya diketahui oleh pabrikan saja. Sedangkan, digit ke 10 sampai 17 pada nomor rangka merupakan Vehicle Identifier Section (VIS) yang setiap mobil memiliki arti sendiri – sendiri.

Sedangkan, tulisan yang terdapat pada nomor mesin memiliki arti sebagai berikut.

  • Kode huruf : Menunjukkan jenis mesin
  • Kode angka : Menunjukkan nomor urutan perakitan

Cara Gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Mobil Avanza

Berikut cara untuk melakukan penggesekan nomor rangka dan nomor mesin Avanza.

  1. Buka kap mesin mobil.
  2. Cari posisi letak nomor rangka dan mesin mobil Toyota Avanza.
  3. Tempelkan kertas gesekan (sebagai syarat pembayaran pajak 5 tahunan) pada deretan nomor rangka dan mesin. Namun, jika Anda ingin mencoba, Anda dapat menggunakan isolasi kertas.
  4. Kemudian, lakukan penggosokan menggunakan pensil yang tumpul atau alat untuk menggesek.

Bagaimana Cara Mengurus Nomor Rangka Hilang Karena Keropos?

Apabila pada mobil Avanza yang Anda miliki lama memiliki nomor rangka dan nomor mesin yang telah hilang karena keropos, maka untuk mengurusnya Anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut.

  1. Pastikan kendaraan Anda memiliki surat yang sah.
  2. Silahkan datang ke Kantor Samsat dengan membawa KTP, STNK, dan BPKB untuk mendapatkan surat pengantar.
  3. Bawa dokumen persyaratan seperti KTP, STNK, BPKB, dan surat pengantar dari Samsat ke Polda.
  4. Setelah itu, pihak Polda akan melakukan pengecekan fisik ulang kendaraan, dan Anda akan mendapatkan surat keterangan dari pihak Polda yang ditujukan kepada pihak dealer.
  5. Silahkan Anda datang ke dealer mobil sesuai surat keterangan dari Polda. Kemudian, pihak dealer akan membuatkan plat nomor rangka baru yang akan ditempel di mobil Anda.
  6. Setelah itu, lakukan pengesahan VIN di Polda dan pengurusan pajak Avanza, balik nama, atau mutasi di Kantor Samsat asal.