Advertisements

Letak Nomor Rangka dan Mesin Vega

Letak Nomor Rangka dan Mesin Vega – Bagi Anda yang ingin membeli motor Yamaha Vega bekas harus lebih berhati-hati. Selain kondisi fisik dan mesinnya, Anda juga harus memeriksa nomor rangka dan nomor mesinnya agar sesuai dengan STNK dan BPKB-nya.

Lalu di mana letak nomor rangka dan mesin Vega?

Nomor rangka Vega terletak di leher motor, sedangkan nomor rangka Vega Force, Vega ZR, dan Vega RR terletak di bawah jok. Untuk nomor mesin Vega R berada di blok mesin sebelah kiri, dan nomor mesin Vega Force, Vega ZR, dan Vega RR berada di atas blok mesin sebelah kanan.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat penjelasan beserta dengan gambarnya di bawah ini

Daftar Isi:

Advertisements

Letak Nomor Rangka Vega R 2006 – 2008

Nomor rangka Vega R produksi tahun 2006 – 2008 letaknya berada di leher motor sisi atas. Cara mengeceknya sama, yaitu harus dibuka terlebih dahulu covernya, kemudian nomor rangka akan terlihat berada di balik cover tersebut.

letak nomor rangka vega 2006-2008

Letak Nomor Rangka Vega R 2004 – 2005

Nomor rangka Vega R produksi tahun 2004 – 2005 letaknya berada di leher motor sisi bawah. Untuk melakukan gesek nomor rangka, Anda harus buka dulu cover nya. Setelah cover terbuka, maka nomor rangka akan terlihat berada di sasis motor.

Lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

letak nomor rangka vega r 2004-2005

Letak Nomor Rangka Vega Force, Vega ZR, dan Vega RR

Nomor rangka Vega Force, Vega ZR, dan Vega RR berada di bawah jok sisi belakang. Letak nomor rangka ini sangat mudah dijangkau karena terlihat dengan jelas.

letak nomor rangka vega force, vega zr, dan vega rr

Letak Nomor Mesin Vega R 2004 – 2008

Untuk posisi nomor mesin Vega R produksi tahun 2004 – 2008 berada di atas blok mesin sebelah kiri.

Advertisements
letak nomor mesin vega r 2004-2008
letak nomor mesin vega r 2004-2008

Letak Nomor Mesin Vega Force, Vega ZR, dan Vega RR

Posisi nomor mesin Vega Force, Vega ZR, dan Vega RR berada di atas blok mesin sebelah kanan.

letak nomor mesin vega force, vega zr, vrga rr

Cek Nomor Rangka dan Mesin Vega Secara Online

Saat membeli motor Vega bekas, Anda jangan hanya terpaku dengan kondisi fisik dan mesin motor yang masih baik dan juga harga jual yang murah. Namun pengecekan dalam hal lainnya juga harus dilakukan secara teliti termasuk pada nomor rangka dan nomor mesinnya juga.

Hal ini penting dilakukan agar Anda lebih mudah dalam mengurus proses balik nama dan juga pembayaran pajak 5 tahunan. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membeli motor Vega bekas, sebaiknya Anda periksa dulu kecocokan nomor rangka dan mesin Vega yang akan beli.

Selain mengeceknya secara manual, Anda juga bisa mengecek nomor rangka dan mesin Vega secara online. Caranya cukup download aplikasi cek data kendaraan melalui playstore. Setelah terinstall, masukkan plat nomor Vega yang akan Anda beli dan informasi motor Vega tersebut akan muncul.

Pada aplikasi tersebut juga terdapat informasi lain seperti pemilik motor Vega, tahun produksi motor, dan juga tunggakan pajak yang harus dibayar.

Berikut adalah informasi yang akan Anda dapat melalui aplikasi tersebut.

cek nomor rangka dan mesin vega online
Advertisements

Jika Anda ingin memperoleh informasi secara lengkap mengenai motor Vega yang akan Anda beli, Anda bisa download aplikasinya melalui tombol di bawah ini.

Fungsi Nomor Rangka dan Mesin Vega

Nomor rangka dan mesin Vega mengandung informasi-informasi penting dan berfungsi sebagai identitas, dimana identitas tersebut sangat diperlukan untuk mengidentifikasi fisik motor tersebut.

Nomor rangka Vega terdiri dari kombinasi angka dan huruf yang berjumlah 17 digit. Nomor-nomor tersebut tentunya tidak disusun secara asal-asalan.

Berikut ini informasi yang terkandung pada nomor rangka Vega.

No UrutDigit ke 1-3Digit ke 4-8Digit ke 9Digit ke 10-17
ArtiDigit ke 1 dan 2 menunjukkan negara perakitan motor. Digit ke 3 menunjukkan produsen motorTipe motor (jenis dan ukuran mesin, model motor, dll)Security code atau check digit untuk mengidentifikasi nomor rangka tersebut adalah resmi.Digit ke 10 berisi tahun produksi motor. Digit ke 11 – 17 berisi nomor urut produksi.

Sedangkan nomor mesin Vega terdiri dari huruf dan angka yang berjumlah 9 digit. Pada nomor rangka dan mesin Vega terdapat informasi mengenai tipe mesin yang digunakan pada motor Vega dan urutan perakitan mesin dari pabrik.

Nomor rangka dan mesin Vega sama-sama memiliki fungsi yang penting sebagai identitas motor tersebut dan akan dicek kecocokannya dengan yang ada pada STNK dan BPKB pada saat melakukan pajak.

Penyebab Nomor Rangka dan Mesin Vega Tidak Sesuai

Nomor rangka dan mesin Vega bisa saja tidak sesuai dengan yang ada pada surat-suratnya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Rangka Vega yang digunakan bukan asli dari pabrik
  • Mesin Vega sudah dilakukan penggantian
  • Nomor rangka dan mesin Vega hilang karena keropos
  • Motor Vega yang dijual adalah hasil curian

Oleh sebab itu, sangat penting dilakukan pengecekan nomor rangka dan mesin Vega beserta dengan surat-suratnya. Karena jika Anda tidak teliti, ketidakcocokan data tersebut biasanya baru mulai disadari setelah Anda membeli motor  tersebut dan melakukan proses balik nama.

Karena pada proses tersebut, motor Vega Anda akan dilakukan cek fisik ulang dengan cara gesek nomor rangka dan mesinnya. Sehingga apabila ditemukan nomor rangka dan mesin yang tidak sesuai, maka surat-surat motor Vega Anda tidak sah dan bisa jadi motor Vega Anda akan disita polisi.

Jadi telitilah kembali saat akan membeli motor Vega bekas. Jika ditemukan ketidakcocokan data antara kondisi fisik dan surat-suratnya, sebaiknya Anda batalkan saja dulu transaksi jual beli motor tersebut.

Cara Mengurus Nomor Rangka dan Mesin Vega yang Hilang

Selain tidak sesuai, nomor rangka dan mesin Vega juga bisa saja hilang karena keropos. Biasanya hal ini disebabkan karena motor Vega produksi tahun lama. Hal ini bisa membuat nomor rangka atau mesin Vega menjadi tidak terbaca.

Jika masalah tersebut terjadi, maka Anda harus melakukan perubahan data pada STNK dan BPKB Anda agar data-datanya sesuai.

Berikut ini adalah persyaratan yang dibutuhkan untuk perubahan data tersebut:

  • Formulir permohonan
  • BPKB
  • STNK
  • Tanda identitas pemilik motor
  • Surat permohonan perubahan nomor rangka atau mesin Vega
  • Hasil cek fisik kendaraan

Untuk langkah-langkah yang harus Anda lalui saat mengurus perubahan data nomor rangka atau mesin yang hilang akibat keropos, antara lain:

  1. Siapkan seluruh berkas persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Bawa persyaratan tersebut ke Samsat dimana kendaraan Anda terdaftar.
  3. Kemudian, silahkan minta surat keterangan mengenai hilangnya nomor rangka atau mesin yang disebabkan oleh usia motor yng sudah tua.
  4. Setelah itu, bawa surat keterangan tersebut beserta dengan motor Vega yang akan diproses ke Polda setempat.
  5. Kemudian, silahkan menuju ke petugas administrasi Polda dan serahkan surat keterangan yang Anda bawa tadi.
  6. Setelah itu, Anda akan diminta untuk melakukan cek fisik kendaraan.
  7. Selesai cek fisik, Anda akan mendapatkan surat keterangan hilangnya nomor rangka atau mesin dari Polda.
  8. Kemudian bawa surat keterangan tersebut ke bengkel atau dealer untuk memproses nomor rangka dan mesin baru motor Vega Anda.

Cara Mengurus Perubahan Data STNK dan BPKB Karena Penggantian Mesin Vega

Jika Anda ingin mengganti mesin motor Vega yang Anda miliki, jangan lupa untuk meminta surat keterangan atas penggantian mesin pada bengkel tempat Anda melakukan penggantian mesin. Surat keterangan ini nantinya akan digunakan untuk proses perubahan data tersebut.

Setelah Anda melakukan penggantian mesin, bawa surat keterangan dari dealer tersebut ke Samsat beserta dengan persyaratan lainnya seperti STNK, BPKB, surat pernyataan pemilik kendaraan bermaterai, dan KTP.

Untuk langkah-langkah yang perlu Anda lakukan saat pengurusan perubahan data STNK dan BPKB, antara lain:

  1. Datang ke Samsat dimana motor Vega Anda terdaftar dengan membawa seluruh berkas persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Serahkan semua berkas tersebut ke bagian pelayanan di Samsat.
  3. Kemudian, isi formulir yang diberikan oleh petugas Samsat.
  4. Setelah berkas Anda diproses, Anda akan mendapatkan resi formulir pendaftaran.
  5. Bawa resi tersebut beserta dengan motor Vega Anda untuk dilakukan cek fisik di Samsat.
  6. Setelah motor Vega Anda selesai cek fisik, Anda akan mendapatkan resi hasil cek fisik.
  7. Setelah itu, bawa resi hasil cek fisik tersebut ke loket progresif untuk di cek pelunasan pajak motor Vega Anda.
  8. Lalu, Anda akan diminta untuk melakukan pencetakan bukti pembayaran pajak.
  9. Setelah semua proses tersebut selesai, Anda akan mendapatkan STNK dan BPKB yang baru.