Advertisements

Letak Nomor Rangka dan Mesin Tata

Letak Nomor Rangka dan Mesin Tata – Tata memiliki beberapa kategori mobil yang ditawarkan di pasaran, seperti truck, pick up, double cabin, bus, dan hatchback yang memiliki letak nomor rangka dan mesin yang berbeda.

Dimanakah letak nomor rangka dan mesin Tata? Letak nomor rangka Tata Pick up adalah di chasis sebelah kanan, sedangkan letak nomor mesin Tata berada di dalam kap mesin mobil sebelah kiri berbentuk lempengan.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai letak nomor rangka dan mesin Tata, pada artikel ini, kami akan membahas tentang :

Advertisements

Letak Nomor Rangka dan Mesin Tata Pick Up

Salah satu kategori mobil yang diproduksi Tata yaitu pick up. Untuk letak nomor rangka Tata pick up berada di sasis sebelah kanan. Sedangkan, posisi nomor mesin Tata pick up berada di dalam kap mesin mobil bagian kiri.

Berikut penjelasan gambar posisi nomor rangka dan mesin Tata – Pick Up.

Letak nomor rangka Tata Pick Up
Gambar 1 : Letak nomor rangka Tata – Pick Up
letak nomor mesin Tata pick up
Gambar 2 : Posisi nomor mesin Tata – pick up

Letak Nomor Rangka dan Mesin Tata Truck

LP T913 merupakan mobil Tata kategori truck yang memiliki letak nomor rangka di dekat roda belakang sebelah kiri, seperti yang terlihat pada gambar berikut.

letak nomor rangka Tata truck
Gambar 3 : Posisi nomor rangka Tata truck LP T913 Tahun 2017

Sedangkan letak nomor mesin truck Tata berada di bawah besi tempat menggantung mesin. Untuk itu pada saat melakukan pengggesekan nomor mesin, bagian kepala truck harus dijungkirkan terlebih dahulu.

Letak nomor mesin Tata truck
Gambar 4 : Letak nomor mesin Tata truck LP T913 Tahun 2017

Letak Nomor Rangka dan Mesin Tata Pick Up – Truck

Selain pick up dan truck, Tata juga memiliki mobil kategori pick up – truck, seperti  Tata Super Ace 1.4 Diesel. Mobil ini memiliki letak no rangka di bawah kursi pengemudi, seperti pada gambar di bawah ini.

Advertisements
letak nomor rangka Tata pick up truck
Gambar 5 : Posisi nomor rangka Tata Super Ace 1.4 diesel

Dikarenakan letak nomor rangka berada di bawah jok pengemudi, maka Anda harus mengangkat jok tersebut untuk mengetahui lokasi tepatnya.

Untuk letak nomor mesin mobil Tata pick up – truck memiliki 2 tempat, salah satunya yaitu di mesin bawah kursi penumpang.

Letak nomor mesin Tata Super Ace 1.4 diesel
Gambar 6 : Letak nomor mesin Tata Super Ace 1.4 diesel

Sedangkan, letak lain nomor mesinnya yaitu berada menempel di bagian belakang kepala pick up – truck, di bawah bak, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Letak nomor mesin Tata Super Ace 1.4 diesel
Gambar 7 : Letak nomor mesin Tata Super Ace 1.4 diesel (di dekat ban depan sebelah kiri)

Letak Nomor Rangka dan Mesin Tata Hatchback

Advertisements

Tata juga memiliki mobil hatchback, salah satunya yaitu Tata Vista. Mobil memiliki letak nomor rangka yang berada di antara sasis pintu sebelah kanan (pengemudi). Sedangkan, posisi nomor rangka Tata Vista berada di sebelah kiri exhaust manifold.

Cara Cek Nomor Rangka dan Mesin Tata Online

Seiring berkembangnya teknologi, kini untuk mengetahui berapa nomor rangka dan mesin Tata dapat dilakukan secara online melalui Aplikasi Cek Data Kendaraan.

Aplikasi Cek Data Kendaraan merupakan sebuah layanan aplikasi yang dapat membantu Anda mengecek nomor rangka, nomor mesin, tanggal pembayaran pajak, tarif SWDKLLJ, Pajak Tata , dsb.

Berikut contoh gambar hasil pengecekan nomor rangka dan mesin Tata pick up.

cek nomor rangka dan mesin tata

Dengan adanya Aplikasi Cek Data Kendaraan, Anda juga akan semakin mudah melakukan pencocokan nomor rangka dan mesin yang terdapat pada kendaraan. Untuk dapat mengakses Aplikasi Cek Data Kendaraan, silahkan tekan tombol download di bawah ini.

Fungsi Nomor Rangka dan Mesin Tata

Nomor rangka dan mesin yang terdapat pada mobil Tata memiliki arti yang menunjukkan identitas kendaraan. Untuk kode pada nomor rangka kendaraan di Indonesia berjumlah 17 digit yang dibagi dalam 3 bagian sesuai dengan aturan ISO 3779.

Berikut penjelasan dari arti nomor rangka kendaraan bermotor di Indonesia.

DigitArti
1 – 3Identitas pabrik pembuat mobil
4 – 9Deskripsi mobil
10 – 17Tahun dan nomor urut produksi

Dengan adanya nomor rangka dan mesin akan memberikan kemudahan bagi Anda yang hendak melakukan cek fisik, dan mengetahui identitas kendaraan. Untuk kendaraan yang dirakit di Indonesia memiliki kode nomor rangka MF – MK.

Sedangkan, kode yang terdapat pada nomor mesin mobil menunjukkan tipe mesin, dan nomor urut pabrikan.

Bagaimana Cara Urus Nomor Mesin dan Rangka Pada Tata Hilang?

Hilangnya nomor mesin kendaraan bermotor biasanya disebabkan karena beberapa faktor, antara lain faktor usia (keropos), atau kecelakaan.

Apabila nomor mesin yang terdapat pada mobil Tata telah hilang segera lakukan pengurusannya, agar Anda lebih mudah saat melakukan cek fisik kendaraan.

Berikut langkah – langkah mengurus nomor mesin mobil Tata yang telah hilang.

  1. Pastikan surat mobil Tata Anda lengkap.
  2. Kunjungi Kantor Samsat terdaftar, untuk mendapatkan surat pengantar untuk ke Polda.
  3. Bawa mobil Tata (yang nomor mesinnya hilang), dokumen kendaraan, data diri dan surat pengantar ke Polda.
  4. Berikan dokumen persyaratan ke bagian administrasi Polda.
  5. Kemudian, pihak Polda akan melakukan pengecekan fisik ulang, dan untuk hasilnya Anda akan diberikan surat keterangan yang ditujukan kepada dealer yang ditunjuk.
  6. Berikan surat keterangan dari Polda ke dealer untuk melakukan proses cetak nomor rangka dan mesin ulang.
  7. Setelah proses pencetakan selesai, silahkan lakukan proses pengesahan nomor rangka dan mesin, pajak, proses balik nama, atau mutasi.