Letak Nomor Rangka dan Mesin Jupiter

Letak Nomor Rangka dan Mesin Jupiter – Pengecekan nomor rangka dan mesin saat pembelian motor Jupiter secara bekas sangat penting dilakukan. Hal tersebut akan mempermudah Anda nantinya untuk pengajuan balik nama dan juga pembayaran pajak Jupiter.

Advertisements

Di manakah letak nomor rangka dan mesin Yamaha Jupiter?

Letak nomor rangka Jupiter semua varian berada di bawah jok.

Sedangkan nomor mesin Jupiter Z (2013 – 2009) ada yang di atas blok mesin dan ada yang di atas crankcase, nomor mesin Jupiter MX (2013 – 2014) dan MX King berada di bawah blok mesin, dan nomor mesin Jupiter MX (2008 – 2011) berada di tengah-tengah motor sisi bawah.

Letak nomor mesin Jupiter memang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat penjelasan beserta gambarnya secara lengkap pada artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

Advertisements

Letak Nomor Rangka Jupiter Z Tahun 2003 – 2009

Posisi nomor rangka Jupiter Z untuk keluaran tahun 2003 – 2009 yaitu berada di leher motor. Anda harus membuka covernya terlebih dahulu dengan melepas baut-baut pengaitnya. Kemudian nomor rangka akan terlihat berada di balik cover tersebut.

Agar lebih jelas, silahkan Anda lihat gambar di berikut ini.

Letak Nomor Rangka Jupiter Z Tahun 2003 – 2009
Letak Nomor Rangka Jupiter Z Tahun 2003 – 2009

Letak Nomor Rangka Jupiter Z Tahun 2010 – 2014

Nomor rangka Jupiter Z untuk produksi tahun 2010 – 2014, letaknya berada di bawah jok dan berada di dalam bagasi.

Letak Nomor Rangka Jupiter Z Tahun 2010 – 2014
Advertisements

Letak Nomor Rangka Jupiter MX Tahun 2005 – 2014 dan Jupiter MX King

Posisi nomor rangka Jupiter MX produksi tahun 2005 – 2014 dan Jupiter MX King letaknya sama, yaitu berada di bawah jok sisi belakang. Setelah membuka jok, Anda akan menemukan nomor rangka tersebut berada di sisi belakang.

Letak Nomor Rangka Jupiter MX Tahun 2005 – 2014 dan Jupiter MX King

Letak Nomor Mesin Jupiter Z Tahun 2003 – 2009

Untuk nomor mesin Jupiter Z tahun produksi 2003 – 2006 dan Jupiter Z Burhan produksi tahun 2006 – 2009 letaknya ada di sebelah kiri motor atau di atas blok mesin.

Letak Nomor Mesin Jupiter Z Tahun 2003 – 2009

Letak Nomor Mesin Jupiter Z Tahun 2010 – 2014

Nomor mesin Jupiter Z untuk produksi tahun 2010 – 2014 (generasi terakhir Jupiter atau biasa disebut Jupiter Z1) letaknya berada di sebelah kanan motor sisi bawah, lebih tepatnya ada di atas crankcase motor.

Letak Nomor Mesin Jupiter Z Tahun 2010 – 2014
Letak Nomor Mesin Jupiter Z Tahun 2010 – 2014

Letak Nomor Mesin Jupiter MX Tahun 2005 – 2011

Posisi nomor mesin Jupiter MX produksi tahun 2005 – 2011 berada di tengah-tengah motor sisi bawah. Nomor mesin ini letaknya memang sedikit sulit dijangkau karena berada di bawah motor, Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Letak Nomor Mesin Jupiter MX Tahun 2005 – 2011
Letak Nomor Mesin Jupiter MX Tahun 2005 – 2011

Letak Nomor Mesin Jupiter MX Tahun 2013 – 2014 dan Jupiter MX King

Untuk posisi nomor mesin Jupiter MX keluaran tahun 2013 – 2014 dan Jupiter MX King letaknya sama, yaitu ada di sisi kiri motor bawah, tepatnya berada di bawah blok mesin.

Advertisements
Letak Nomor Mesin Jupiter MX Tahun 2013 – 2014 dan Jupiter MX King

Cek Nomor Rangka dan Mesin Jupiter Online

Saat Anda akan membeli motor Jupiter bekas, jangan lupa untuk mengecek kecocokan data pada STNK dan BPKB termasuk nomor rangka dan mesinnya. Hal ini penting untuk memudahkan Anda saat akan balik nama, pembayaran pajak Jupiter, dan kepentingan lainnya.

Di era sekarang, Anda dapat mengetahui nomor rangka, nomor mesin, sekaligus data lainnya kendaraan Anda yang terdaftar di kepolisian tanpa melihat BPKB maupun STNK.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu download aplikasi cek data kendaraan melalui playstore Anda. Kemudian setelah aplikasi terinstall, masuk ke dalam aplikasi dan masukkan plat nomor Jupiter yang akan Anda beli. Kemudian tampilan informasi data kendaraan akan muncul seperti di bawah ini.

Cek Nomor Rangka dan Mesin Jupiter Online

Aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mengetahui pajak motor Jupiter yang perlu Anda bayar. Untuk memperoleh informasinya secara lengkap, Anda bisa download aplikasi tersebut dengan cara menekan tombol di bawah ini.

Fungsi Nomor Rangka dan Mesin Jupiter

Nomor rangka dan mesin yang tertera pada motor Jupiter Anda memiliki arti dan fungsinya tersendiri. Nomor ini digunakan sebagai identitas motor tersebut dan memudahakan dalam proses identifikasi. Oleh sebab itu nomor rangka dan mesin tersebut akan berbeda dari motor lainnya.

Nomor rangka yang terdapat pada motor Jupiter terdiri dari 17 digit dengan susunan huruf dan angka. Nomor rangka tersebut menunjukkan artinya sendiri seperti lokasi perakitan motor, tahun produksi, dan juga tipenya. Arti nomor rangka pada motor Jupiter dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini.

No UrutDigit ke 1-3Digit ke 4-8Digit ke 9Digit ke 10-17
ArtiDigit ke 1 dan 2 menunjukkan negara perakitan motor. Digit ke 3 biasanya menunjukkan produsen motorTipe motor (jenis dan ukuran mesin, model mobil, posisi setir, dll.Security code atau check digit untuk mengidentifikasi nomor rangka tersebut adalah resmiDigit ke 10 berisi tahun produksi motor. Digit ke 11 – 17 berisi nomor urut produksi.

Sedangkan nomor mesin pada motor Jupiter berjumlah 6 digit yang mengandung informasi tipe mesin yang digunakan dan urutan perakitan mesin.

Jadi baik nomor rangka ataupun nomor mesin Jupiter digunakan untuk proses identifikasi motor pada saat pembayaran pajak Jupiter Anda. Nomor rangka dan mesin juga tertera dalam STNK dan BPKB pemiliki motor tersebut.

Syarat Mengurus Nomor Rangka atau Nomor Mesin Jupiter yang Hilang

Biasanya motor Jupiter yang usianya sudah tua akan mengalami keropos di beberapa bagian, sehingga nomor rangka dan mesin bisa saja hilang atau sudah tidak terbaca.

Jika permasalahan tersebut terjadi, Anda harus mengajukan perubahan data nomor regristrasi motor Jupiter Anda di Samsat dan Polda.

Syarat pengajuan perubahan data tersebut adalah sebagai berikut :

  • Formulir permohonan
  • Tanda identitas pemilik
  • STNK
  • BPKB
  • Surat permohonan perubahan nomor regristrasi kendaraan dari pemilik motor
  • Bukti cek fisik kendaraan.

Cara Mengurus Nomor Rangka dan Mesin Jupiter yang Hilang                             

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan pengajuan perubahan data karena nomor rangka atau nomor mesin yang hilang adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan semua berkas persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Setelah itu datang ke Samsat di mana kendaraan Anda terdaftar untuk meminta surat permohonan perubahan data.
  3. Setelah mendapat surat pengantar dari Samsat, bawa motor Jupiter yang akan Anda proses untuk menuju ke Polda.
  4. Kemudian berikan surat pengantar yang Anda dapat dari Samsat tadi ke petugas Administrasi Polda.
  5. Setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan cek fisik kendaraan di Polda.
  6. Setelah motor Anda selesai cek fisik, petugas akan memberikan surat keterangan untuk membuat nomor rangka dan mesin baru.
  7. Bawalah surat keterangan yang Anda dapat dari Polda ke bengkel atau dealer untuk mencetak nomor rangka ataupun nomor mesin motor Jupiter Anda.

.