Advertisements

Letak Nomor Rangka dan Mesin CBR 150 R dan 250 RR

Letak Nomor Rangka dan Mesin CBR – Letak Nomor Rangka dan Mesin CBR perlu diketahui, terutama bagi pemiliknya. Dengan mengetahui posisi nomor rangka dan mesin Honda CBR, Anda akan lebih mudah melakukan proses cek fisik dan pencocokan identitas fisik kendaraan dengan data kendaraan.

Advertisements

Dimanakah letak nomor rangka dan mesin CBR? Letak nomor rangka CBR adalah berbeda – beda, CBR 150 R & 250 RR terletak di leher motor bagian kiri. Sedangkan, posisi nomor mesin motor CBR berada di dekat blok mesin.

Dikarenakan, letak nomor mesin atau rangka antara motor CBR 150 R dan 250 RR terdapat perbedaan, maka pada artikel ini kami akan membahas tentang :

Letak Nomor Rangka CBR 150 R

Nomor rangka CBR 150R berada di leher motor sebelah kiri yang dapat Anda lihat dari celah atas bagian depan motor, seperti gambar berikut.

Posisi No. Rangka CBR 150 R
Gambar 1 : Posisi No. Rangka CBR 150 R

Sedangkan, untuk posisi nomor rangka CBR 150 R old berada di leher motor sebelah kanan, seperti yang dijelaskan pada gambar di bawah ini.

Letak Nomor Rangka CBR 150 R Old
Gambar 2 : Letak Nomor Rangka CBR 150 R Old

Letak Nomor Rangka CBR 250 RR

Untuk letak nomor rangka CBR 250 RR sama dengan CBR 150 R yang berada di area komstir, seperti pada gambar berikut.

Letak Nomor Rangka CBR 250 RR
Gambar 3 : Letak Nomor Rangka CBR 250 RR

Posisi Nomor Mesin CBR 150 R

Untuk letak nomor mesin CBR150R berada di sisi kiri motor dekat blok mesin dan perseneling yang sedikit tertutup dengan cover body sayap sebelah kiri.

Berikut penjelasan gambar letak no mesin CBR 150 R.  

Posisi Nomor Mesin CBR 150 R
Gambar 4 : Posisi Nomor Mesin CBR 150 R

Posisi Nomor Mesin CBR 250 RR

Berbeda dengan CBR 150 R, untuk posisi nomor mesin CBR250RR berada di sebelah kanan atas block mesin, seperti pada gambar di bawah ini.

Posisi Nomor Mesin CBR 250RR
Gambar 5 : Posisi Nomor Mesin CBR 250RR

Cek Online Nomor Rangka dan Mesin Honda CBR Via Aplikasi Cek Data Kendaraan

Di era perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, kini pengecekan nomor rangka dan mesin mobil dapat Anda cek secara online menggunakan Aplikasi Cek Data Kendaraan.

Selain mengetahui nomor rangka dan mesin kendaraan bermotor, melalui aplikasi tersebut Anda akan mendapatkan informasi tarif Pajak CBR, SWDKLLJ, tipe / model kendaraan, dsb.

Berikut contoh hasil cek nomor rangka dan mesin motor CBR.

cek nomor rangka dan mesin cbr online

Apabila Anda ingin mencoba mengakses untuk mendapatkan informasi nomor rangka dan mesin kendaraan seperti gambar di atas, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Arti Nomor Rangka Motor CBR

Setelah Anda mengetahui letak nomor rangka pada motor Honda CBR, namun tahukah maksud dari deretan angka dan huruf pada nomor rangka tersebut?

Berdasarkan acuan ISO 3779, nomor rangka kendaraan bermotor di Indonesia terdiri dari 17 digit yang dibagi dalam 3 bagian dan memiliki arti, sebagai berikut.

  • Digit ke- 1 – 3 : World Manufacturer Identification (WMI) / Digit 1-2 menunjukkan tempat asal kendaraan dirakit, sedangkan digit ke-3 menunjukkan nama produsen.
  • Digit ke- 4 – 9 : Vehicle Descriptor Section (VDS) / menunjukkan deskripsi mobil secara keseluruhan.
  • Digit ke- 10 – 17 : Vehicle Identifier Section (VIS) / merupakan kode yang menunjukkan tahun dan urutan  nomor produksi.

Jika motor CBR Anda memiliki nomor rangka dengan 2 digit pertama huruf MH, maka menunjukkan bahwa kendaraan tersebut dirakit di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan, kendaraan yang dirakit di Indonesia akan memiliki kode dalam range MF – MK.

Cara Gesek Nomor Rangka & Mesin Honda CBR

Sama seperti proses penggesekan nomor rangka dan mesin kendaraan bermotor lainnya, sebelum menggesek pastikan Anda telah memiliki kertas gesekan dan pensil terlebih dahulu. Untuk pensil, sebaiknya Anda menggunakan pensil yang biasa digunakan oleh tukang bangunan agar lebih mudah.

Berikut petunjuk cara gesek nomor rangka dan mesin motor CBR.

  1. Cari letak nomor rangka dan mesin pada motor CBR
  2. Bersihkan bagian yang akan ditempel kertas gesekan
  3. Tempelkan kertas gesekan di atas nomor rangka atau nomor mesin
  4. Arsir menggunakan pensil yang telah Anda persiapkan
  5. Lepaskan kertas gesekan secara perlahan jika deretan kombinasi angka dan huruf nomor mesin atau rangka sudah terlihat jelas.

Cara Urus Nomor Rangka CBR Keropos / Hilang

Nomor rangka Honda CBR atau yang terdapat pada kendaraan bermotor lainnya memiliki fungsi yang sangat penting sebagai identitas kendaraan. Namun, bagaimana jika nomor rangka yang terdapat pada kendaraan Anda tidak dapat terbaca lagi?

Dikarenakan nomor rangka menjadi bagian yang penting yang harus dimiliki kendaraan bermotor, berikut cara mengurus no rangka baru untuk kendaraan Anda.

  1. Siapkan berkas persyaratan, seperti BPKB, STNK, data diri, dan kendaraan Anda. Apabila motor CBR Anda tidak dilengkapi surat kendaraan, maka nomor rangka tidak dapat diurus.
  2. Silahkan untuk meminta surat pengantar dari Kantor Samsat yang ditujukan kepada Polda.
  3. Setelah itu, berikan seluruh dokumen persyaratan beserta surat pengantar dari Samsat kepada bagian administrasi Polda.
  4. Selanjutnya, pihak Polda akan melakukan pengecekan fisik ulang. Jika hasil cek fisik kendaraan lulus, maka Anda akan mendapatkan surat pengantar yang ditujukan kepada pihak dealer.
  5. Kunjungi dealer sesuai yang tertera di surat keterangan dari Polda.
  6. Setelah itu, pihak dealer akan membuatkan nomor rangka baru untuk kendaraan Anda.
  7. Jika kendaraan Anda telah mendapatkan no rangka baru, silahkan Anda menuju ke Polda kembali untuk melakukan pengesahan, dan ke Kantor Samsat untuk mengurus pajak, balik nama, atau mutasi.

Cara mengurus nomor rangka yang hilang di atas memang cukup menguras waktu, tetapi dengan cara tersebut Anda bisa mendapatkan nomor rangka kendaraan kembali tanpa melanggar hukum.