Letak Nomor Rangka dan Mesin Brio

Letak Nomor Rangka dan Mesin Brio – Saat ingin membeli Honda Brio terutama secara bekas, jangan hanya mengecek body dan mesinnya saja, namun cocokkan juga nomor yangka dan mesinnya.

Advertisements

Hal tersebut penting dilakukan agar saat proses balik nama dan pembayaran pajak Brio Anda nantinya tidak terjadi masalah.

Di manakah letak Nomor Rangka dan Mesin Brio?

Letak nomor rangka Brio berada di dalam kap mesin bawah wipper. Sedangkan nomor mesin Brio berada di dalam kap mesin di belakang radiator.

Daftar Isi:

Letak Nomor Rangka Brio

Posisi nomor rangka Brio terletak di dalam ruang mesin atau lebih tepatnya berada di bawah wipper. Untuk melihat nomor rangka Brio Anda perlu membuka kap mesinnya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Advertisements
letak nomor rangka Brio
letak nomor rangka Brio

Letak Nomor Mesin Brio

Sedangkan nomor mesin Brio letaknya ada di dalam ruang mesin depan, lebih tepatnya berada di belakang radiator dan di sebelah pipa exhaust seperti pada gambar di bawah ini:

Advertisements
letak nomor mesin Brio
letak nomor mesin Brio

Cek Nomor Rangka dan Mesin Brio Secara Online

Saat pembelian mobil Brio bekas, Anda perlu melakukan pengecekan nomor mesin dan nomor rangka yang ada di mobil dengan data yang ada di STNK dan BPKB-nya. Biasanya, Brio yang bermasalah akan mengalami ketidakcocokan pada informasi tersebut.

Jika ketidakcocokan data tersebut terjadi, maka dapat menimbulkan masalah bagi Anda di masa mendatang. Anda tidak akan bisa melakukan proses balik nama ataupun pembayaran pajak Brio Anda.

Namun sekarang ini ada cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah nomor mesin dan nomor rangka yang ada di mobil dan surat-suratnya adalah asli dari pabrik.

Caranya adalah Anda cukup download sebuah aplikasi cek nomor rangka kendaraan melalui smartphone Anda. Setelah download, Anda cukup masukkan plat nomornya saja kemudian informasi mengenai nomor mesin dan nomor rangka kendaraan tersebut akan muncul.

Selain nomor rangka dan nomor mesinnya, Anda juga bisa mengetahui tunggakan pajak sekaligus denda mobil Brio yang akan Anda beli. Berikut tampilan informasi yang akan Anda dapat jika menggunakan aplikasi tersebut.

cek nomor rangka dan mesin Brio online
Advertisements

Untuk mendapatkan informasi seperti di atas, Anda bisa download aplikasinya melalui tombol di bawah ini.

Fungsi Nomor Rangka dan Mesin Brio

Nomor rangka yang ada pada mobil Brio atau biasa dikenal dengan VIN (Vehicle Identification Number) adalah nomor terdiri dari 17 digit yang berfungsi sebagai identitas mobil tersebut. Nomor ini berbeda pada setiap tipe mobil karena digunakan untuk mempermudah proses identifikasinya.

Selain nomor rangka, pada mobil Brio juga ada nomor mesinnya. Nomor mesin ini terdiri dari 6 digit yang berfungsi untuk mengetahui informasi seputar tipe mesin dan urutan perakitan mesin. Selain tertera pada mobil, nomor mesin dan nomor rangka juga tertera pada STNK maupun BPKB. 

Penyebab Nomor Rangka dan Mesin Brio Tidak Sesuai

Ketidaksesuaian nomor rangka atau nomor mesin biasanya baru disadari pada saat pembayaran pajak kendaraan 5 tahunan.

Ketidaksesuaian data tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Mesin bawaan dari pabrik telah diganti.
  • Rangka kendaraan dari pabrik sudah diganti.
  • Kendaraan yang dijual adalah kendaraan bodong.

Jika terjadi ketidaksesesuaian data antara surat kendaraan dan kondisi fisik mobil Brio yang Anda miliki, maka Anda tidak akan bisa melakukan pembayaran pajak. Selain itu, mobil Brio Anda bisa dicurigai sebagai kendaraan yang bermasalah sehingga dapat disita oleh polisi.

Jika Anda melakukan penggantian mesin, jangan lupa untuk minta surat keterangan dari bengkel bahwa mesin Anda telah diganti. Surat keterangan ini berfungsi sebagai salah satu persyaratan untuk mengajukan perubahan data terkait nomor mesin yang ada pada surat-surat kendaraan.

Syarat dan Cara Mengurus Nomor Rangka dan Mesin Brio Yang Hilang

Nomor rangka atau nomor mesin yang ada pada mobil Brio Anda juga bisa saja hilang. Hal tersebut bisa disebabkan karena mobil sudah tua dan mengalami keropos pada bagian-bagian terntetu.

Lalu bagaimana jika Anda mengalami permasalahan tersebut? Solusinya adalah Anda harus mengajukan perubahan data terkait nomor regristrasi kendaraan bermotor di Samsat atau Polda.

Syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan perubahan data tersebut antara lain:

  • Formulir permohonan
  • Tanda bukti identitas pemilik
  • STNK
  • BPKB
  • Surat permohonan dari pemilik tentang perubahan nomor regristrasi yang diinginkan
  • Hasil cek fisik kendaraan

Untuk langkah-langkah pengajuan perubahan data tersebut antara lain:

  1. Siapkan seluruh berkas persyaratan di atas.
  2. Kemudian bawa seluruh persyaratan tersebut. Silahkan menuju ke Samsat di mana mobil Anda terdaftar.
  3. Setelah itu, isi formulir permohonan perubahan data yang diberikan oleh petugas.
  4. Setelah pengisian formulir selesai, Anda akan diberi surat pengantar yang menyatakan bahwa nomor rangka kendaraan Anda hilang karena mobil turun mesin dan mengharuskan pergantian mesin, bukan karena kendaraan yang bermasalah.
  5. Setelah mendapatkan surat pengantar dai Samsat, Anda bisa langsung menuju ke Polda setempat dengan membawa kendaraan yang akan diproses.
  6. Kemudian berikan surat pengantar dari Samsat tersebut ke bagian Administrasi yang ada di Polda.
  7. Setelah itu, lakukan cek fisik ulang kendaraan di Polda.
  8. Setelah cek fisik selesai, Anda akan mendapatkan surat keterangan dari Polda.
  9. Bawa surat keterangan tersebut beserta dengan kendaraan yang akan diproses tadi ke bengkel atau dealaer untuk dilakukan proses nomor rangka atau nomor mesin yang baru.