Advertisements

Letak Nomor Rangka dan Mesin Astrea

Advertisements

Letak Nomor Rangka dan Mesin Astrea – Saat melakukan pembelian motor Astrea bekas, sebaiknya Anda mengecek kesesuaian nomor rangka dan mesinnya dengan surat kendaraan. Untuk mengetahui posisi nomor rangka dan mesin Honda Astrea, silahkan simak artikel berikut.

Dimana letak nomor rangka dan mesin Astrea? Letak nomor rangka Astrea adalah terletak di sebelah kiri tertutup cover body motor, sedangkan nomor mesin terletak di atas dudukan standar.

Daftar Isi :

Advertisements

Letak Nomor Rangka Astrea

Ada beberapa jenis Astrea yang hadir di Indonesia, antara lain Astrea Grand, Prima, Star, 800, Legenda, Impressa, serta 700. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, letak nomor rangka astrea tersebut berada di sisi kiri motor tertutup cover body di atas rantai bagian depan.

Berikut penjelasan gambar letak nomor rangka Honda Astrea.

letak nomor rangka astrea
Sumber : Ade 220 A220

Dikarenakan, letak nomor rangka motor Astrea tertutup cover body, maka jika Anda ingin melihatnya atau hendak melakukan penggesekan nomor rangka, Anda harus membuka penutup tersebut.

Namun, ada juga tipe astrea yang letak baut untuk membuka cover body berada di bagian sedikit atas, seperti gambar posisi nomor rangka Astrea 800, berikut.

letak nomor rangka astrea

Letak Nomor Mesin Astrea

Untuk posisi atau letak nomor mesin Astrea berada di dekat perseneling dan blok mesin, atau di atas dudukan standar motor, seperti yang diperlihatkan pada gambar motor Astrea Grand Bulus (1993).

Advertisements
letak nomor mesin astrea

Cek Online Nomor Rangka dan Mesin Honda Astrea

Kini untuk mengecek nomor rangka dan mesin Honda Astrea dapat Anda lakukan secara online menggunakan Aplikasi Cek Data Kendaraan.

Apa itu Aplikasi Cek Data Kendaraan?

Aplikasi Cek Data Kendaraan merupakan aplikasi yang dapat memudahkan Anda mengecek nomor mesin dan rangka kendaraan  bermotor. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi mengenai tanggal pembayaran Pajak Astrea, nominal pajak, SWDKLLJ, dsb.

Berikut contoh gambar hasil pengecekan nomor mesin dan rangka Astrea C100 ML (Legenda).

cek nomor rangka dan mesin astrea online

Selain kendaraan bermotor roda 2, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk mengecek pajak, nomor mesin, dan rangka mobil.

Apabila kendaraan bermotor Anda telah terdaftar di instansi terkait, untuk dapat mengakses Aplikasi Cek Data Kendaraan, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Arti Nomor Rangka atau VIN Motor Astrea

Sesuai dengan acuan ISO 3779, jumlah nomor rangka atau VIN (Vehicle Identification Number) motor Astrea sebanyak 17 digit, dan dibagi menjadi 3 bagian yang memiliki arti, yaitu:

Digit ke-Arti
1 – 3Menunjukkan identitas produsen (Asal negara kendaraan dirakit dan kode produsen).
4 – 9(4 – 8) Menunjukkan tipe, jenis, tipe body, model kendaraan, hingga posisi setir. Sedangkan, digit ke-9 merupakan check digit.
10 – 17Menunjukkan kode tahun dan urutan nomor produksi.
Advertisements

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, kendaraan bermotor yang dirakit di Indonesia akan memiliki 2 digit pertama nomor rangka range MF – MK. Untuk itu, jika pada nomor rangka motor Astrea Anda di awali 2 digit pertama MH, maka Honda Astrea Anda dirakit di Indonesia.

Cara Gesek Nomor Rangka dan Mesin Honda Astrea

Dikarenakan posisi nomor rangka motor Astrea yang tertutup cover body, kami akan memberikan langkah – langkah untuk menggesek nomor rangka Honda Astrea.

  1. Gunakan obeng untuk membuka baut bagian penutupnya.
  2. Cari deretan angka dan huruf yang berada di atas blok mesin.
  3. Tempelkan kertas gesekan di atas nomor rangka.
  4. Arsir kertas gesekan menggunakan pensil, sampai nomor rangka terlihat.
  5. Lepaskan kertas gesekan yang menempel secara perlahan.

Sedangkan, untuk cara menggesek nomor mesin motor Astrea sama seperti menggesek nomor rangka, tetapi Anda harus mencari letak nomor mesin terlebih dahulu yang berada di dekat perseneling.

Cara Urus Nomor Rangka Astrea Yang Keropos

Nomor rangka atau nomor mesin Astrea bisa saja hilang akibat termakan usia. Apabila no rangka pada kendaraan Anda telah hilang atau sulit untuk dibaca, maka sebaiknya Anda segera meminta surat pengantar dari pihak Samsat untuk melakukan pengurusan di Polda.

Namun, sebelum Anda berangkat ke Kantor Samsat, pastikan motor Astrea Anda dilengkapi oleh surat kendaraan.

Berikut langkah – langkah untuk mengurus nomor rangka Astrea yang hilang karena keropos.

  1. Siapkan dokumen persyaratan, seperti STNK, BPKB, data identitas diri, dan bawa kendaraan Anda.
  2. Datang ke Kantor Samsat untuk meminta dibuatkan berita acara atau surat pengantar ke Polda.
  3. Berikan surat pengantar dari Samsat beserta dengan dokumen persyaratan yang diperlukan ke bagian administrasi Polda.
  4. Setelah itu, pihak Polda akan melakukan pengecekan fisik ulang, lalu Anda akan mendapatkan surat keterangan.
  5. Silahkan Anda menuju dealer yang tertera pada surat keterangan dari pihak Polda.
  6. Selanjutnya pihak dealer akan membuatkan nomor rangka untuk kendaraan Anda.
  7. Setelah itu, silahkan Anda datang kembali ke Polda untuk mengurus pengesahan, dan di Kantor Samsat untuk proses pajak kendaraan, balik nama, atau mutasi.