Letak Nomor Mesin dan Rangka Vios & Limo

Nomor Mesin dan Rangka Vios & Limo – Di saat melakukan cek fisik, pastinya Anda perlu mengetahui letak nomor rangka dan mesin. Agar Anda mengetahui letak nomor rangka dan mesin Vios & Limo, silahkan simak artikel berikut.

Advertisements

Dimanakah posisi nomor mesin dan rangka Vios & Limo?

Letak nomor mesin Vios dan Limo adalah berada di dalam kap mesin mobil, tepat di belakang intake manifold,  sedangkan untuk nomor rangka berada di bawah jok pengemudi tertutup karpet.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa untuk beberapa jenis mobil Vios, seperti Vios tahun 2004, 2005 (gen pertama) memiliki letak nomor rangka berbeda.

Pada artikel “Letak Nomor Mesin dan Rangka Vios & Limo”, kami membahas tentang :

Advertisements

Posisi Nomor Rangka Vios & Limo

Setiap mobil yang berbeda jenis atau tipe, biasanya memiliki letak nomor rangka yang berbeda. Untuk beberapa mobil Vios dan Limo memiliki letak nomor rangka berada di bawah jok pengemudi / sopir depan sebelah kanan yang tertutup karpet.

Letak Nomor Rangka Vios Limo
Gambar 1 : Letak nomor rangka Vios Limo

Namun, ada beberapa tipe Vios yang memiliki posisi nomor rangka yang berada di bawah jok penumpang depan sebelah kiri yang tertutup karpet. Sehingga, ketika hendak melakukan proses penggesekkan, Anda perlu membuka potongan karpet tersebut.

Letak nomor rangka Vios manual
Gambar 2 : Letak nomor rangka Vios manual tahun 2004

Posisi Nomor Mesin Vios & Limo

Berbeda dengan nomor rangka, posisi nomor mesin Vios dan Limo sedikit lebih sulit untuk dijangkau, sehingga menyulitkan melakukan proses gesek nomor rangka dan mesin.

Untuk posisi nomor mesin Vios dan Limo terletak di dalam kap mobil, tepatnya di belakang intake manifold.

Di bawah ini penjelasan gambar letak nomor mesin Vios dan Limo.

Advertisements
letak nomor mesin Vios Manual
Gambar 3 : Posisi nomor mesin Vios Manual tahun 2004
Letak nomor mesin Vios Limo gen 3
Gambar 4: Letak nomor mesin Vios Limo gen 3

Cara Cek Nomor Mesin dan Rangka Vios & Limo Online

Setelah mengetahui tempat nomor mesin dan rangka, sebaiknya Anda juga melakukan pencocokan keduanya dengan yang tercatat pada surat kendaraan.

Namun, seiring berkembangnya jaman, untuk melakukan pencocokan antara nomor rangka & mesin yang terdapat pada Vios dan Limo, Anda dapat menggunakan Aplikasi Cek Data Kendaraan.

Dengan menggunakan Aplikasi Cek Data Kendaraan, Anda dapat mengetahui nomor rangka, nomor mesin, Pajak Vios & Limo, tanggal pembayaran pajak, dsb, seperti pada contoh gambar berikut.

cek nomor mesin dan rangka Vios & Limo online

Aplikasi Cek Data Kendaraan dapat Anda gunakan secara gratis dengan cara mendownload melalui tombol di bawah ini.

Advertisements

Arti Nomor Mesin dan Rangka Vios & Limo

Nomor rangka dan mesin yang terdapat pada mobil Vios dan Limo memiliki arti tertentu. Deretan kode pada nomor rangka dan mesin disebut dengan VIN (Vehichle Identification Number).

Untuk VIN yang digunakan di Indonesia sesuai dengan ISO 3779, sehingga jumlah nomor rangka terdiri 17 digit yang dibagi menjadi 3 bagian.

DigitArti
1 – 3Identitas pabrik pembuat mobil
4 – 9Deskripsi mobil secara umum
10 – 17Tahun dan urutan nomor produksi

Untuk mobil yang dirakit di Indonesia, pada digit pertama dan kedua biasanya menggunakan kode huruf MF-MK. Sehingga, jika kendaraan tersebut memiliki digit pertama dan kedua MH, maka kendaraan tersebut dirakit di Indonesia, karena termasuk dalam range MF-MK.

Bagaimana Jika Nomor Mesin dan Rangka Vios & Limo Telah Hilang?

Seiring dengan berjalannya waktu, nomor rangka dan mesin pada mobil Vios dan Limo dapat hilang. Jika nomor rangka dan mesin pada mobil Anda telah hilang, maka Anda akan kesulitan saat melakukan cek fisik kendaraan.

Oleh karena itu, jika no. rangka dan mesin Vios dan Limo Anda yang telah hilang, sebaiknya segera lakukan pengurusan untuk memperoleh nomor rangka dan mesin yang baru.

Langkah-langkah Mengurus Nomor Rangka dan Nomor Mesin Vios & Limo yang Hilang

Berikut langkah – langkah untuk mengurus nomor rangka dan mesin Toyota Vios & Limo yang baru.

  1. Pastikan bahwa mobil Vios & Limo Anda memiliki surat kendaraan yang lengkap.
  2. Bawa dokumen, seperti STNK, BPKB, dan KTP ke Kantor Samsat untuk meminta surat pengantar ke Polda.
  3. Berikan surat pengantar dari Samsat, dan beberapa dokumen persyaratan lainnya ke pihak Polda.
  4. Kemudian, pihak Polda akan melakukan pengecekan fisik ulang kendaraan, dan membuatkan Anda surat keterangan yang ditujukan kepada dealer mobil untuk melakukan pencetakan ulang nomor rangka dan mesin.
  5. Berikan surat keterangan dari Polda ke dealer mobil, agar segera dilakukan proses pencetakan ulang nomor rangka dan nomor mesin. Proses ini memerlukan waktu beberapa hari.
  6. Setelah proses pencetakan nomor rangka dan mesin Anda jadi, silahkan Anda datang ke Polda untuk melakukan pengesahan VIN, dan ke Kantor Samsat untuk mengurus pajak, balik nama, atau mutasi.

Dokumen Persyaratan Mengurus Nomor Rangka dan Mesin Vios & Limo yang Hilang

Sesuai dengan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 5 Thn 2012 Pasal 51 disebutkan bahwa persyaratan perubahan data BPKB atas dasar perubahan no registrasi kendaraan bermotor, meliputi :

  • Melampirkan tanda bukti identitas
  • Mengisi formulir permohonan
  • STNK
  • BPKB
  • Hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan bermotor
  • Surat permohonan pemilik tentang nomor registrasi yang diinginkan

Bagi Anda yang hendak membeli mobil bekas, selain mengecek kondisi mobil, sebaiknya Anda juga mengecek kesesuaian nomor mesin dan rangkanya.