Letak Nomor Mesin dan Rangka Satria FU 150 dan Hiu R 120

Advertisements

Letak Nomor Mesin dan Rangka Satria – Sebelum memutuskan untuk membeli motor Satria terutama bekas, Anda perlu memperhatikan nomor rangka dan mesinnya. Hal tersebut perlu Anda perhatikan untuk mempermudah pembayaran pajak Satria FU dan Satria hiu R 120.

Di mana nomor rangka dan mesin Satria?

Letak nomor rangka Satria FU 150 adalah berada di leher motor sisi kanan, letak nomor rangka Satria Hiu R 120 berada di bawah jok. Sedangkan nomor mesin Satria FU 150 berada di bawah blok mesin sebelah kiri, nomor mesin Satria Hiu R 120 berada di atas blok mesin sisi kanan.

Untuk dapat mengetahui informasi lebih jelasnya, simak artikel berikut ini.

Daftar Isi:

Advertisements

Letak Nomor Mesin dan Rangka Satria FU 150

Letak nomor rangka Suzuki Satria FU 150 berada di bagian depan motor, atau lebih tepatnya berada di leher motor sebelah kanan dan dibelakang lampu utama motor. Nomor rangka ini tampak jelas sehingga saat melakukan penggesekan nomor rangka Satria FU akan lebih mudah.

letak nomor rangka satria fu 150

Sedangkan untuk posisi nomor mesin Satria FU 150 berada di sisi bawah motor, yaitu di bawah foot step sebelah kiri, atau di dekat blok mesin dan pembuangan oli.

letak nomor mesin satria fu 150

Posisi Nomor Mesin dan Rangka Satria Hiu R 120

Posisi nomor rangka Satria Hiu R 120 terdapat di bawah jok. Nomor rangka tersebut akan terlihat jelas saat Anda membuka joknya.

Advertisements
letak nomor rangka satria hiu r 120

Sedangkan Untuk posisi mesin Satria Hiu R 120 yaitu berada di atas blok mesin yang ada di sisi kanan motor, atau berada di dekat kabel kopling.

letak nomor mesin hiu r 120
letak nomor mesin hiu r 120

Cek Nomor Rangka dan Mesin Satria Melalui Aplikasi

Pada era sekarang, Anda tidak perlu bingung untuk mengecek apakah nomor rangka yang tertera pada STNK dan BPKB motor Satria yang akan Anda beli tersebut sudah sesuai atau tidak, karena Anda bisa mengeceknya melalui online.

Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bisa Anda download di playstore. Setelah menginstall aplikasi tersebut, masukkan plat nomor motor Satria tersebut dan informasinya pun akan muncul.

Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa mengetahui nomor rangka dan mesin Satria yang akan Anda beli. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi seperti besarnya pajak dan denda pajak Satria.

Inilah tampilan informasi yang bisa Anda dapatkan setelah download aplikasi tersebut.

cek nomor rangka dan mesin satria online
Advertisements

Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda bisa langsung download aplikasinya melalui tombol download di bawah ini.

Fungsi Nomor Rangka dan Mesin Satria

Nomor rangka dan mesin yang ada pada Suzuki Satria tentunya mengandung informasi penting yang berfungsi untuk mempermudah identifikasi motor Satria tersebut. Nomor rangka dan mesin tersebut tentunya disusun berdasarkan standarisasi global yang berlaku.

Nomor rangka Satria disusun dengan kombinasi angka dan huruf yang berjumlah 17 digit. Pada setiap digitnya, Anda bisa mengetahui informasi penting seperti negara perakitan motor Satria, tipe motor, kode keamanan, dan tahun motor Satria tersebut diproduksi.

Berikut ini arti yang terkandung dalam nomor rangka Satria.

No. UrutArti
Digit ke 1 – 3Digit ke 1 dan 2 menunjukkan negara perakitan motor Satria. Digit ke 3 menunjukkan produsen motor Satria (Suzuki)
Digit ke 4 – 8Tipe motor (jenis dan ukuran mesin, model motor, dll)
Digit ke 9Security code atau check digit untuk mengidentifikasi bahwa nomor rangka pada motor Satria tersebut adalah resmi.
Digit ke 10 – 17Digit ke 10 berisi tahun motor Satria tersebut diproduksi. Digit ke 11 – 17 berisi nomor urut motor Satria tersebut diproduksi.

Sedangkan untuk nomor mesin Satria berfungsi untuk mengetahui tipe mesin Satria yang digunakan dan juga nomor urut mesin Satria tersebut di produksi.

Nomor rangka dan mesin Satria keduanya memiliki fungsi yang sama penting. Saat akan mengurus perubahan data ataupun pembayaran pajak, pihak samsat akan melakukan pencocokan nomor rangka dan mesin kendaraan dengan keterangan yang terdapat pada data. Jika terjadi ketidakcocokkan, maka kendaraan tersebut dianggap illegal.

Penyebab Nomor Rangka dan Mesin Satria Tidak Sesuai

Saat membeli motor Satria bekas, seringkali orang-orang hanya terpaku pada harga dan kondisi mesinnya, namun tidak melakukan pemeriksaan secara lebih detail. Padahal pemeriksaan harus dilakukan secara teliti termasuk memeriksa nomor rangka dan mesinnya.

Nomor rangka dan mesin Satria yang tidak sama dengan yang ada pada surat-suratnya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  • Rangka Satria bukan asli pabrik.
  • Mesin Satria asli dari pabrik sudah pernah di ganti.
  • Nomor rangka dan mesin Satria tidak terbaca karena usia motor yang sudah tua.
  • Motor Satria tersebut hasil curian.

Jadi, Anda harus lebih teliti dalam memilih motor Satria bekas yang akan Anda beli. Jika Anda menemukan ketidakcocokan nomor rangka dan mesin antara motor dan suratnya, lebih baik batalkan transaksi pembelian motor tersebut.

Cara Pengurusan Nomor Rangka dan Mesin Satria yang Hilang karena Keropos

Pada motor Satria yang sudah berusia lama, biasanya ditemukan beberapa bagian yang sudah keropos. Hal tersebut bisa menyebabkan nomor rangka dan mesin hilang dan sulit dibaca sehingga akan sulit diidentifikasi.

Jika Anda mengalami permasalahan seperti itu, maka yang harus Anda lakukan adalah pengurusan ke Samsat dan Polda untuk merubah data terkait nomor rangka dan mesin yang ada pada STNK dan BPKB.

Syarat pengurusan perubahan data tentang nomor rangka dan mesin Satria yang hilang, antara lain:

  • BPKB
  • STNK
  • Tanda identitas pemilik
  • Bukti cek fisik kendaraan
  • Pengisian formulir permohonan
  • Surat permohonan perubahan nomor rangka atau mesin Satria

Langkah-langkah dilakukan untuk pengurusan perubahan data nomor rangka dan mesin Satria yang hilang karena keropos, antara lain:

  1. Silahkan datang ke Samsat dengan membawa berkas persyaratan dan surat-surat motor Satria Anda.
  2. Setelah itu, langsung menuju ke bagian pelayanan untuk mengisi formulir dan meminta surat keterangan tentang hilang nomor rangka atau mesin.
  3. Setelah mendapatkan surat pengantar, Silahkan Anda menuju ke Polda dengan membawa motor Satria Anda.
  4. Berikan surat pengantar yang Anda dapat dari Samsat ke layanan administrasi di gedung Polda.
  5. Tunggu hingga berkas Anda selesai diproses.
  6. Setelah itu, Anda langsung menuju ke lokasi cek fisik kendaraan untuk melakukan cek fisik ulang.
  7. Setelah selesai cek fisik, Petugas akan memberikan surat keterangan yang berisi nomor rangka atau mesin.
  8. Kemudian, bawalah surat keterangan yang Anda dapat tadi ke bengkel untuk proses pencetakan nomor rangka dan mesin ulang motor Satria Anda.

Cara Pengurusan Penggantian Nomor Mesin Satria

Jika mesin Satria yang Anda miliki ingin dilakukan ganti mesin, Anda juga harus perlu meminta surat keterangan ganti mesin dari bengkel penggantian mesin. Karena surat tersebut digunakan untuk mengajukan perubahan data STNK dan BPKB motor Satria Anda.

Syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan perubahan data terkait penggantian mesin, antara lain:

  • Pengisian formulir permohonan
  • Tanda bukti identitas
  • STNK
  • BPKB
  • PIB (Pemberitahuan Import Barang) untuk mesin baru yang dibeli secara impor, atau faktur pembelian penggantian mesin baru.
  • Surat keterangan dari ATPM atau bengkel tempat perubahan mesin
  • Hasil cek fisik kendaraan.

Sedangkan cara yang Anda lakukan untuk pengurusan perubahan data nomor mesin pada STNK dan BPKB karena penggantian mesin, antara lain:

  1. Silahkan menuju ke Samsat di mana motor Satria Anda terdaftar beserta dengan seluruh berkas persyaratan.
  2. Kumpulkan berkas persyaratan tersebut ke loket administrasi di Samsat.
  3. Isi formulir yang diberikan oleh petugas.
  4. Setelah berkas selesai diproses, petugas akan memberikan resi formulir pendaftaran.
  5. Bawa resi formulir pendaftaran tersebut ke bagian cek fisik untuk melakukan cek fisik kendaraan.
  6. Setelah motor Satria Anda selesai dicek fisik, petugas akan memberikan bukti cek fisik kendaraan.
  7. Setelah itu, silahkan menuju ke Bagian Progresif untuk mengumpulkan hasil cek fisik dan pengecekan pajak motor Satria Anda.
  8. Kumudian, cetak bukti pembayaran dari petugas Loket Progresif.
  9. Setelah semua berkas Anda selesai diproses, Silahkan menuju ke Loket pengambilan untuk mengambil BPKB dan STNK dengan data yang sudah diperbarui.