Letak Nomor Mesin dan Rangka Mio

Letak Nomor Mesin dan Rangka Mio – Saat membeli motor Mio bekas, ada beberapa hal yang perlu diperiksa selain kondisi fisik dan mesin, yaitu nomor mesin dan rangka.

Advertisements

Pastikan nomor mesin dan rangka pada motor Mio dengan surat kendaraannya memiliki kecocokan sehingga akan mempermudah Anda dalam pembayaran pajak Mio beserta keperluan lainnya.

Lalu dimana Letak nomor rangka dan nomor mesin Mio?

Letak nomor rangka Mio semua varian ada di dekat tangki bensin. Sedangkan Nomor mesin Mio Sporty dan Mio Soul berada di dekat footstep sebelah kiri, nomor mesin Mio M3, Mio Z, Mio GT Soul, dan Mio S terletak di bawah CVT, nomor mesin Mio GT dan Mio J berada di atas kipas motor.

Untuk mengetahui letak nomor mesin dan rangka Mio secara lengkap dan jelas, Anda dapat menyimak artikel berikut.

Daftar Isi:

Advertisements

Letak Nomor Rangka Mio Semua Varian

Nomor rangka Yamaha Mio letaknya sama untuk semua varian, yaitu berada di besi penopang jok belakang, tepatnya di belakang tangki bensin. Buka jok terlebih dahulu untuk mengetahui dengan jelas letak nomor rangkanya.

Berikut penjelasan gambarnya.

letak nomor rangka mio

Letak Nomor Mesin Mio Sporty, Mio Soul, dan Mio Smile

Nomor mesin Mio Sporty, Mio Soul, dan Mio Smile letaknya ada di bagian atas CVT dekat dengan footstep belakang sebelah kiri, atau lebih tepatnya ada di bagian tengah motor.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat pada gambar di bawah ini.

Advertisements
Letak Nomor Mesin Mio Sporty, Mio Soul, dan Mio Smile

Letak Nomor Mesin Mio GT, Mio J, dan Mio Fino

Nomor mesin Mio GT, Mio J, dan Mio Fino letaknya ada di bawah sisi kanan motor tepatnya berada di atas kipas motor. Nomor mesin ini sangat mudah dijangkau dan terlihat jelas dari luar.

Letak Nomor Mesin Mio GT, Mio J, dan Mio Fino

Letak Nomor Mesin Mio M3, Mio Z, Mio GT Soul, dan Mio S

Nomor mesin Mio M3, Mio Z, Mio GT Soul, dan Mio S terletak pada bagian bawah motor sebelah kiri atau lebih tepatnya di bawah CVT.

Letak Nomor Mesin Mio M3, Mio Z, Mio GT Soul, dan Mio S

Cara Cek Nomor Mesin dan Rangka Mio Secara Online

Saat ingin membeli motor Mio bekas, Anda harus mengecek nomor mesin dan nomor rangkanya juga. Pastikan bahwa nomor rangka dan nomor mesin yang ada pada kendaraan sama dengan yang ada pada STNK dan BPKB.

Namun, penjual yang curang bisa saja memalsukan surat kendaraan sehingga nomor mesin dan rangka pada kendaraan sama dengan surat kendaraan palsu tersebut. Untuk menghindari hal itu, Anda dapat menggunakan aplikasi online yang terhubung secara langsung dengan e-samsat di beberapa daerah.

Aplikasi tersebut memuat seluruh data kendaraan yang sesuai dengan data kendaraan yang terdaftar di pihak kepolisian.

Berikut ini informasi yang bisa Anda dapat setelah mendownload aplikasi cek data kendaraan tersebut.

cek nomor mesin dan rangka mio
Advertisements

Untuk mendapatkan informasi tersebut, silahkan download aplikasinya melalui tombol di bawah ini.

Fungsi Nomor Mesin dan Rangka Mio

Pada setiap motor memiliki nomor rangka dan nomor mesinnya masing-masing. Nomor rangka dan nomor mesin ini memiliki arti dan fungsinya masing-masing.

Nomor rangka yang ada pada motor Mio terdiri dari 17 digit dengan susunan huruf dan angka. Nomor rangka tersebut berfungsi untuk memudahkan motor dalam proses identifikasinya. Dari nomor rangka, Anda bisa mengetahui lokasi perakitan, tipe, dan tahun produksi motor Mio tersebut.

Sedangkan nomor mesin yang ada pada motor Mio tersusun dari 6 digit yang menunjukkan tipe mesin yang digunakan dan urutan perakitan mesin tersebut.

Penyebab Nomor Mesin dan Rangka Mio Tidak Sesuai

Nomor mesin atau nomor rangka motor Mio yang tidak sesuai dengan surat-surat kendaraan juga bisa saja terjadi. Biasanya ketidakcocokan ini baru diketahui pada saat melakukan proses balik nama atau pembayaran pajak 5 tahunan karena adanya penggesekan dan pencocokan  nomor mesin dan rangka kendaraan.

Nomor rangka atau nomor mesin yang tidak sesuai bisa saja disebabkan beberapa hal, antara lain:

  • Mesin asli dari pabrik sudah diganti.
  • Rangka motor Mio yang digunakan bukan asli dari pabrik.
  • Motor Mio yang dijual adalah motor bodong (motor hasil curian).

Jika ditemukan ketidaksesuaian data  kendaraan, maka motor Anda tidak bisa diidentifikasi. Bahkan akibat terburuknya adalah disita oleh petugas kepolisian karena dianggap sebagai motor curian.

Oleh sebab itu berhati-hatilah saat membeli motor Mio terutama secara bekas. Jika pada saat pengecekan motor ditemukan masalah seperti nomor rangka atau nomor mesin yang tidak sesuai, sebaiknya Anda batalkan saja dulu transaksi tersebut.

Syarat Mengurus Nomor Mesin atau Rangka Mio yang Hilang

Selain ketidak sesuaian data, permasalahan lain yang juga ditemukan adalah nomor rangka dan nomor mesin hilang karena usia motor sudah lama atau tua. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harusmelakukan perubahan nomor rangka atau mesin baik di kendaraan itu sendiri maupun di suratnya.

Berikut syarat yang dibutuhkan untuk perubahan data STNK dan BPKB akibat nomor mesin atau rangka hilang.

  • Formulir permohonan
  • Tanda identitas pemilik
  • STNK
  • BPKB
  • Surat permohonan perubahan nomor regristrasi dari pemilik motor
  • Bukti cek fisik kendaraan